Comscore Tracker

5 Cara Asuh dan Didikan yang Pelan-pelan Bikin Anak Menjauh Darimu 

Anak akan tidak punya ikatan hati yang erat denganmu 

Hubungan setiap orangtua dan anak di dalam keluarga itu berbeda-beda, erat atau renggangnya ikatan hati pun juga tergantung dari bagaimana perlakuan di dalam keluarga. Salah satunya yang sangat berpengaruh ialah cara asuh dan didikan orangtua pada anaknya.

Jika orangtua memilih cara yang salah maka pelan-pelan anak pun akan menjauh. Namun jika kamu tidak tahu yang seperti apakah itu, bisa lihat lima cara asuh dan didikan yang bikin anak menjauh di bawah ini.

1. Mengasuh anak dengan otoriter 

5 Cara Asuh dan Didikan yang Pelan-pelan Bikin Anak Menjauh Darimu Pexels.com/Cottonbro

Pola asuh pertama yang bikin anak pelan-pelan menjauh darimu ialah jika kamu mengasuh atau membesarkannya dengan cara otoriter. Cara asuh yang satu ini dianggap paling buruk karena membuat batin anak tertekan dan berakibat buruk untuk mentalnya. Jadi gak heran kalau anak gak betah dekat denganmu.

2. Terlalu tegas dan keras pada anak 

5 Cara Asuh dan Didikan yang Pelan-pelan Bikin Anak Menjauh Darimu Pexels.com/Polina Zimmerman

Bersikap tegas dan sesekali keras pada anak itu perlu, agar ia tidak melakukan sesuatu sesukanya dan patuh terhadap orangtua. Namun jika selalu tegas dan tidak ada toleransi pada anak juga bukan suatu cara asuh yang baik, anak bisa-bisa merasa jauh dari orangtuanya. Sebab tidak ada ikatan batin kuat yang terjalin dengan cara seperti itu.

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Harus Rajin Menanyakan Anak Soal Harinya di Sekolah 

3. Hanya memenuhi kebutuhan materinya saja 

5 Cara Asuh dan Didikan yang Pelan-pelan Bikin Anak Menjauh Darimu Pexels.com/Karolina Grabowska

Memastikan kebutuhan materi anak tercukupi tentu merupakan salah satu kewajiban orangtua kepada anak, namun jika sebagai orangtua kamu hanya sibuk bekerja dan hanya memikirkan uang dan materi untuknya, bukankah wajar bila saat dewasa ia menjauh? Sebab sejak kecil kamu memang tidak menghabiskan banyak waktu bersamanya.

4. Banyak menuntut anak untuk sempurna 

5 Cara Asuh dan Didikan yang Pelan-pelan Bikin Anak Menjauh Darimu Pexels.com/Andrea Piacquadio

Orangtua yang membesarkan anak dengan berbagai tuntutan juga pelan-pelan bisa dijauhi oleh anak. Bukan berarti ia membenci orangtuanya, namun anak juga butuh kebebasan dan rasanya sesak jika terus diikat dengan segala tuntutan tanpa mengetahui apa yang benar-benar ia inginkan.

5. Cuek dan malah sibuk mengurusi diri sendiri 

5 Cara Asuh dan Didikan yang Pelan-pelan Bikin Anak Menjauh Darimu Pexels.com/Ketut Subiyanto

Orangtua yang cuek pada anak dan malah sibuk mengurusi dirinya sendiri juga kemungkinan besar pelan-pelan sang anak bakal menjauh. Karena pada dasarnya anak tidak merasakan peran orangtua karena selalu diacuhkan dan disuruh mandiri. Jadi dia terbiasa tanpa orangtua.

Anak menjauh itu tentu bukan tanpa sebab, dan para orangtua mestinya mulai instropeksi diri apakah hal itu disebabkan cara asuh dan didikan yang salah seperti lima di atas.

Baca Juga: 5 Manfaat Baik Berkebun untuk Si Kecil yang Harus Orangtua Muda Pahami

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya