Comscore Tracker

Coba 5 Cara Ini agar Anak Terbiasa Bersyukur & Cintai Diri Sendiri

Supaya anak bisa lebih menjalani hidupnya sendiri

Mengesampingkan keinginan sebagai orangtua, tentu hal yang terpenting adalah memastikan bahwa anak bahagia dengan hidupnya. Bersyukur dengan apa yang ia miliki dan mencintai dirinya sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada.

Dan untuk mendapatkan hasilseperti itu tentu perlu usaha-usaha dan cara yang tepat, seperti beberapa di antaranya yang ada dalam pembahasan kita di bawah ini. Simak dengan baik untuk tahu lebih jelasnya ya.

1. Mengajarinya untuk gak sok gengsi sejak kecil 

Coba 5 Cara Ini agar Anak Terbiasa Bersyukur & Cintai Diri SendiriPexels.com/Cottonbro

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar anak terbiasa bersyukur dan mencintai dirinya sendiri ialah dengan mengajarinya untuk gak sok gengsi sejak masih kecil. Selalu ajarkan dia untuk jadi apa adanya, gak perlu malu dengan kekurangan yang ia miliki sebab tidak ada satu orang pun yang sempurna.

2. Gak menuntutnya macam-macam 

Coba 5 Cara Ini agar Anak Terbiasa Bersyukur & Cintai Diri SendiriPexels.com/August De Richelieu

Gak menuntutnya maca-macam juga dapat menjadi cara bagimu untuk membiasakan anak bersyukur dengan dirinya sendiri. Tunjukkan bahwa sebagai orangtua kamu mendukungnya untuk menjadi lebih baik dan tidak menuntutnya untuk menjadi seperti yang kamu mau. Dengan begitu dia bisa lebih bersyukur dengan hal-hal yang ia pilih di hidupnya.

3. Menunjukkan bahwa kamu bangga memilikinya 

Coba 5 Cara Ini agar Anak Terbiasa Bersyukur & Cintai Diri SendiriPexels.com/Andrea Piacquadio

Membuat anak mencintai dirinya sendiri sebenarnya tidaklah sulit, bisa dengan cara yang mudah seperti menunjukkan bahwa kamu bangga memilikinya. Memuji segala usaha yang ia lakukan dan tidak pernah berkata buruk tentang kekurangannya supaya dia gak insecure.

Baca Juga: 5 Sikap Orangtua Ini Bisa Bunuh Karakter Baik pada Anak Lho

4. Membiasakannya untuk gak membandingkan diri dengan orang lain 

Coba 5 Cara Ini agar Anak Terbiasa Bersyukur & Cintai Diri SendiriPexels.com/Andrea Piacquadio

Pribadi anak yang baik memang harusnya dibentuk sedari kecil, dan dengan membiasakannya untuk gak membandingkan diri dengan orang lain akan membuatnya gak mudah iri dan lebih mudah bersyukur. Sebab dia menerima dirinya sendiri dengan baik tanpa ada keinginan untuk jadi seperti orang lain.

5. Membuatnya paham tentang poin-poin penting kehidupan 

Coba 5 Cara Ini agar Anak Terbiasa Bersyukur & Cintai Diri SendiriPexels.com/Vlada Karpovich

Lima, jika ingin anakmu bersyukur dan dapat mencintai dirinya sendiri dengan baik maka buatlah iapaham tentang poin-poin penting kehidupan. Ajarkan hal itu sejak ia kecil, bahwa dirinya tidak perlu memaksakan diri untuk menjadi sempurna dan betapa pentingnya hidup dengan bahagia atas apa yang ia miliki saat ini.

Membangun hal baik dalam diri anak seperti syukur dan mencintai diri sendiri sebenarnya tidak sulit, asal sebagai orangtua kamu melakukan peran tepat di dalamnya seperti dengan lima cara tadi. Jadi cobalah melakukannya, ya!

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Merasa Tidak Dicintai Orangtua, Jangan Abaikan!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya