Comscore Tracker

Jadi Orangtua Panutan untuk Anak Ternyata Mudah Lho, Ini 5 Caranya!

Gak perlu jadi orangtua yang sempurna untuk jadi panutan

Semua orang dewasa yang menjadi orangtua pasti ingin menjadi sosok panutan untuk anak-anaknya. Namun sebutan panutan seringkali digambarkan untuk seseorang yang sempurna, padahal sebenarnya gak perlu untuk jadi orangtua panutan bukan berarti harus sempurna tanpa cela.

Dan tidak sesulit yang orang kira, menjadi sosok panutan bagi anak justru bisa dilakukan dengan mudah lho, berikut ini adalah lima caranya. Yuk simak!

1. Apa adanya saja, gak perlu jadi sosok yang sempurna

Jadi Orangtua Panutan untuk Anak Ternyata Mudah Lho, Ini 5 Caranya!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara pertama untuk menjadi sosok orangtua panutan untuk anak ialah dengan bersikap apa adanya dan tak memaksakan diri untuk terlihat sempurna. Karena saat anak tumbuh semakin besar justru bakal lebih respect pada orang dewasa yang memang aslinya baik, daripada memaksakan diri agar terlihat baik. Dan orangtua tentu termasuk orang dewasa, kan.

2. Memberitahu sisi baik dan buruk tentang suatu hal tanpa memaksakan

Jadi Orangtua Panutan untuk Anak Ternyata Mudah Lho, Ini 5 Caranya!Pexels.com/Cottonbro

Caranya yang kedua ialah dengan memberitahu sisi baik dan buruk tentang suatu hal tanpa memaksa. Misalnya anak dibuat bingung oleh suatu pilihan, nah orangtua yang kerap dijadikan panutan ialah yang memberitahu baik buruknya pilihan itu tanpa memengaruhinya memilih salah satu. Sebab dengan begini anak merasa lebih bebas dalam memilih.

Baca Juga: 8 Tanda Orangtua Belum Bisa Bersikap Dewasa pada Anak 

3. Gak otoriter dan memberi kesempatan pada anak untuk membuat pilihan sendiri

Jadi Orangtua Panutan untuk Anak Ternyata Mudah Lho, Ini 5 Caranya!Pexels.com/August de Richelieu

Kemudian caranya yang ketiga jika kamu ingin menjadi orangtua panutan ialah dengan tidak bersikap otoriter dan memberi kesempatan pada anak untuk memilih. Tidak menuntut atau memerintah anak melakukan apa yang kamu mau. Karena sebenarnya tidak ada orang yang suka diperintah, termasuk anak.

4. Tidak mencontohkan hal-hal buruk

Jadi Orangtua Panutan untuk Anak Ternyata Mudah Lho, Ini 5 Caranya!Pexels.com/Vlada Karpovich

Lalu caranya yang keempat ialah dengan tidak mencontohkan hal-hal buruk pada anak. Entah itu kebiasaan buruk, attitude buruk, sikap kasar, atau bahkan hubungan toxic. Sebab anak pasti menjadikan orang yang bijak serta baik di matanya sebagai panutan, kan. Bukan malah yang mengajarkan hal-hal buruk.

5. Berkepribadian baik dan open minded

Jadi Orangtua Panutan untuk Anak Ternyata Mudah Lho, Ini 5 Caranya!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Orangtua yang berpikiran terbuka dan berkepribadian baik juga merupakan cara mudah untuk menjadi orangtua panutan untuk anak. Mengajarkan anak hal-hal baik dalam keseharian dan menjadi seorang bijaksana yang bisa mengerti dirinya, karena anak butuh sosok orangtua yang open minded dan bisa menerima perubahan serta perbedaan di dalam dirinya dengan lapang dada.

Dari beberapa cara tadi sudah jelas bahwa menjadi orangtua panutan tidaklah sesulit kelihatannya, kan. Yuk biasakan diri mulai sekarang!

Baca Juga: 5 Risikonya Kalau Anak Selalu Dipaksa Menuruti Keinginan Orangtua

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya