Comscore Tracker

5 Cara untuk Melihat Kemampuan dan Potensi Besar pada Diri Anak

Mengetahui potensi anak itu penting untuk masa depannya

Setiap orangtua pasti memikirkan hal yang satu ini, yaitu tentang apa potensi besar yang dimiliki anak dan bagaimana kemampuannya di bidang itu. Bisa dibilang melihat hal ini tergolong sesuatu yang sangat penting dilakukan para orangtua untuk memastikan masa depan sang anak.

Nah rupanya ada cara-cara dan tips yang bisa digunakan untuk mengetahui hal ini lho, lima di antaranya akan dibahas di bawah ini. Simak yuk!

1. Lihat jenis mainan yang paling disukai anak

5 Cara untuk Melihat Kemampuan dan Potensi Besar pada Diri AnakPexels.com/Polesie Toys

Cara pertama untuk melihat kemampuan dan potensi besar di dalam diri anak adalah dengan melihat jenis mainan seperti apa yang menjadi favoritnya. Karena bakat alami atau potensi itu sebenarnya sudah terlihat sejak anak masih kecil lho. Jadi cara ini bisa dibilang sangat patut untuk dicoba.

2. Pelajaran yang membuatnya semangat sekolah

5 Cara untuk Melihat Kemampuan dan Potensi Besar pada Diri AnakPexels.com/Arthur Krijghman

Tips lainnya adalah dengan melihat pelajaran apa yang paling disukainya hingga semangat sekolah. Sebab anak dinilai lebih cepat berkembang jika itu bidang yang disukainya, dan hal ini sangat membantu bagi para orangtua untuk menyekolahkan anak ke jurusan yang tepat ketika kuliah.

Baca Juga: 5 Langkah Mendisiplinkan Anak Supaya Gak Cengeng dan Bersikap Manja   

3. Hobi yang ditekuni dan gak membuatnya bosan

5 Cara untuk Melihat Kemampuan dan Potensi Besar pada Diri AnakPexels.com/Gustavo Fring

Mengetahui hobi apa yang paling ditekuni dan gak pernah membuatnya bosan juga bisa menjadi salah satu cara untuk melihat kemampuan dan potensi di dalam diri anak. Karena pada zaman yang semakin berkembang ini ada banyak jalan menuju sukses, dan salah satunya ialah dengan mengikuti passion dan menghasilkan uang dari hobi.

4. Cita-citanya yang gak pernah berubah

5 Cara untuk Melihat Kemampuan dan Potensi Besar pada Diri AnakPexels.com/Elly Fairytale

Wajar kalau anak-anak punya banyak cita-cita dan sering berubah-ubah, namun jika ada satu saja mimpinya yang tak pernah berubah hingga remaja atau dewasa maka bisa jadi di situlah kemampuan dan potensinya tertuju. Tugas orangtua tinggal menuntunnya ke jalan yang tepat untuk meraih cita-citanya itu.

5. Bidang yang paling ia kuasai dan membuatnya meraih prestasi

5 Cara untuk Melihat Kemampuan dan Potensi Besar pada Diri AnakPexels.com/Pixabay

Lalu jika ada suatu bidang tertentu yang sangat disukai anak hingga membuatnya meraih prestasi maka hal itu juga menjadi tanda bahwa di bidang itulah kemampuannya. Potensi besar pada diri anak pada dasarnya sangat jelas terlihat dari pencapaian-pencapaian yang ia raih.

Setiap anak punya potensi diri yang berbeda, dan tugas orangtua adalah berusaha lebih peka untuk melihat apa yang menjadi kemampuan sang anak dan apa yang paling ia minati untuk mendukung masa depannya. Jadi cobalah menggunakan lima cara dan tips di atas, ya!

Baca Juga: 5 Cara Membantu Anak Temukan Potensinya, Orangtua Wajib Banget Paham

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya