Comscore Tracker

5 Cara Menciptakan Kenyamanan dan Keharmonisan dalam Keluarga

Supaya saling akur dan lebih menyayangi satu sama lain

Bisa dibilang keluarga merupakan harta berharga yang tak ternilai harganya, dan semua orang tentunya menginginkan hubungan keluarga yang harmonis dan penuh kenyamanan. Nah jika kamu juga menginginkan hal itu, cara untuk mewujudkannya gak sulit kok!

Bahkan sangat mudah dan bisa dimulai dengan melakukan beberapa cara yang ada dalam pembahasan kali ini lho. Yuk simak pembahasannya sama-sama!

1. Adanya toleransi dan pengertian terhadap perbedaan

5 Cara Menciptakan Kenyamanan dan Keharmonisan dalam KeluargaPexels.com/Ketut Subiyanto

Pertama-tama, kalau menginginkan keluarga yang harmonis dan penuh kenyamanan maka terapkan toleransi dan saling pengertian pada perbedaan. Entah itu perbedaan karakter, fisik, atau bahkan yang menyangkut pilihan hidup. Dan usahakan untuk membiasakan ini sejak kecil ya, sehingga tertanam di dalam diri hingga dewasa.

2. Membiasakan untuk saling mengungkapkan perasaan secara terbuka

5 Cara Menciptakan Kenyamanan dan Keharmonisan dalam KeluargaPexels.com/Nicole Michalou

Kemudian caranya yang kedua untuk menciptakan kenyamanan dan keharmonisan di dalam keluargamu ialah dengan membiasakan untuk saling mengungkapkan perasaan secara terbuka. Baik itu perasaan kesal, sedih, bahagia, atau bahkan terharu. Agar bisa cepat berdamai jika memiliki kekesalan dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

3. Saling menepati janji

5 Cara Menciptakan Kenyamanan dan Keharmonisan dalam KeluargaPexels.com/Ketut Subiyanto

Kemudian caranya yang ketiga untuk menciptakan kenyamanan di dalam keluarga ialah dengan konsisten saling menepati janji. Hal ini sangat berpengaruh besar pada tingkat kepercayaan dan keharmonisan di dalam keluarga. Jadi kalau tidak bisa menepati maka lebih baik tidak usah berjanji.

Baca Juga: 5 Nasihat buat Anak Rantau dari Orangtua Batak Toba, Wajib Catat!

4. Melakukan diskusi jika ada suatu masalah

5 Cara Menciptakan Kenyamanan dan Keharmonisan dalam KeluargaPexels.com/Fauxels

Lalu caranya yang keempat untuk menciptakan kenyamanan dan keharmonisan di dalam keluarga juga gak kalah mudah, yaitu dengan melakukan diskusi jika ada suatu masalah yang terjadi di dalam keluarga. Jadi daripada menyudutkan, semuanya ikut mencari jalan keluar bersama-sama. Selain itu cara ini juga menjaga komunikasi yang baik antara anggota keluarga, kan.

5. Tidak membanding-bandingkan antara satu sama lain

5 Cara Menciptakan Kenyamanan dan Keharmonisan dalam KeluargaPexels.com/Askar Abayev

Terakhir, cukup biasakan di dalam keluarga untuk tidak membanding-bandingkan diri antara satu sama lain. Karena hal ini bisa memicu perpecahan dan rasa benci. Hal yang sangat mudah dilakukan sebenarnya, namun seringkali dilupakan orang sehingga sulit untuk memiliki hubungan keluarga yang harmonis.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan kenyamanan dan keharmonisan di dalam keluarga. Mudah kan?

Baca Juga: Ini 6 Dampak Buruk Jika Gak Ada Batasan Antara Orangtua dan Anak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya