Comscore Tracker

5 Cara Mendidik Anak agar Jadi Sosok yang Gentle & Bertanggung Jawab

Dilakukan sejak kecil lebih baik

Jika membahas tentang kepribadian tentu kita tahu bahwa bagaimana pribadi atau diri kita saat ini merupakan hasil dari pengaruh banyak hal termasuk didikan orangtua. Jadi jika kamu ingin anak tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab ataupun sosok yang gentle, tentu membentuk pribadinya pun juga harus sejak dia kecil.

Butuh kesabaran bagi para orangtua untuk melakukan ini dan pastinya juga dibarengi dengan cara didikan yang tepat. Berikut ini ada lima cara mendidiknya, simak ya.

1. Ajarkan dia bagaimana menghargai orang lain

5 Cara Mendidik Anak agar Jadi Sosok yang Gentle & Bertanggung JawabPexels.com/Pixabay

Pertama-tama jika kamu ingin anak tumbuh menjadi pribadi yang gentle maka ajarkan padanya bagaimana menghargai orang lain sejak kecil. Hal ini juga termasuk attitude dan tata krama yang baik, memang terlihat sepele namun didikan yang benar akan sangat membekas di dirinya hingga dewasa lho. Sebab sikap gentle itu kan berasal dari cara dia menghargai orang lain.

2. Memberinya kesempatan untuk menghadapi masalahnya sendiri

5 Cara Mendidik Anak agar Jadi Sosok yang Gentle & Bertanggung JawabPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Didikan yang kedua ialah memberi anak kesempatan untuk menghadapi masalahnya sendiri. Sebagai orangtua kamu tidak boleh terus membantunya jika ingin ia menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Karena dia belajar tanggung jawab itu dari pengalamannya.

Baca Juga: 5 Prinsip Orangtua Ini Berbahaya Ketika Diterapkan dalam Mendidik Anak

3. Tidak membelanya ketika berbuat salah

5 Cara Mendidik Anak agar Jadi Sosok yang Gentle & Bertanggung JawabPexels.com/Cottonbro

Selain memberinya kesempatan untuk menghadapi masalah sendiri, kamu juga tidak boleh membelanya ketika berbuat salah. Meski dia menangis, ia harus tahu bahwa perbuatannya adalah salah. Dengan begitu ia bisa lebih bertanggung jawab terhadap perbuatannya di masa depan. 

4. Beri ia pilihan terhadap hal-hal yang penting baginya

5 Cara Mendidik Anak agar Jadi Sosok yang Gentle & Bertanggung JawabPexels.com/Cottonbro

Kemudian biarkan dia memilih. Bisa dimulai dari memilih mainan, pakaian, makanan atau hal-hal lainnya yang bisa kamu lakukan sejak kecil. Sebab dengan belajar memilih dia jadi tahu apa yang baik dan yang benar-benar ia inginkan, hasilnya anak akan bertanggung jawab dengan pilihannya ketika beranjak dewasa.

5. Perlakukan dia dengan gentle dan baik selama di rumah

5 Cara Mendidik Anak agar Jadi Sosok yang Gentle & Bertanggung JawabPexels.com/August de Richelieu

Cara mendidik yang terakhir ini tentu menjadi bagian yang sangat penting, yaitu dengan memperlakukan anak dengan baik dan gentle selama di rumah. Kalau mau anak tumbuh menjadi pribadi yang gentle, maka sebagai orangtua kamu harus memberinya contoh secara langsung. Nanti ia pelan-pelan belajar dari apa yang ia lihat pada orangtuanya.

Mendidik anak memang bukan suatu hal yang mudah, tapi percayalah bahwa jika kamu mendidiknya dengan tepat maka pribadi anak pun juga akan terbentuk dengan baik. Bukankah begitu?

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Lebih Berani Bebas Beropini dan Berkarya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya