Comscore Tracker

5 Cara Menyenangkan Hati Orangtua di Masa Tuanya, Beri Perhatianmu!

Yang membahagiakan mereka bukan harta tapi perhatianmu

Bisa dibilang kalau masa tua adalah masa tenang di mana orangtua yang biasanya selalu sibuk akan banyak menghabiskan waktunya di rumah bersama keluarga. Yang mana pada masa ini pula standar kebahagiaan mereka tidak lagi berupa harta dan kesuksesan.

Semakin tua orangtuamu maka kebahagiaan mereka pun juga akan semakin sederhana. Makanya gak perlu pusing memikirkan cara membuat hati mereka senang, cukup lakukan lima hal di bawah ini saja untuk menyenangkan hati orangtua di masa tuanya. 

1. Sering-seringlah memberi kabar jika tinggal berjauhan

5 Cara Menyenangkan Hati Orangtua di Masa Tuanya, Beri Perhatianmu!ilustrasi menelepon (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Jika dirimu dan orangtua tinggal berjauhan, entah karena tuntutan pendidikan atau pekerjaan maka lakukanlah cara yang satu ini untuk menyenangkan hatinya. Yakni dengan sering memberi kabar pada orangtua melalui telepon ataupun pesan.

Sesederhana itu sebenarnya kesenangan hati orangtua, karena setelah tahu kabar anaknya mereka jadi tenang dan gak kepikiran. Makanya bagi dirimu yang merantau dan jauh dari orangtua, sering-seringlah menghubungi mereka untuk menyenangkan hatinya. 

2. Beri perhatian sederhana yang membuat mereka merasa berharga

5 Cara Menyenangkan Hati Orangtua di Masa Tuanya, Beri Perhatianmu!ilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/RODNAE Productions)

Cara kedua untuk menyenangkan hati orangtua ialah dengan memberi mereka perhatian sederhana. Yang mana dengan diberi perhatian mereka akan merasa lebih berharga dan hatinya senang karena keberadaannya tak diabaikan.

Bentuk-bentuk perhatian sederhana yang bisa dilakukan pada orangtua ialah seperti memasakkan makanan yang mereka sukai, mengingat tanggal spesial untuk momen tertentu, atau bahkan memberi mereka hadiah yang disukai. Pokoknya jangan ragu untuk memberi perhatian sederhana pada orangtua karena hal itu sangat menyenangkan hati mereka. 

Baca Juga: 5 sebab Harus Minta Maaf dan Perbaiki Hubungan dengan Orangtua

3. Berusahalah menuruti keinginan-keinginan kecilnya

5 Cara Menyenangkan Hati Orangtua di Masa Tuanya, Beri Perhatianmu!ilustrasi keluarga (pexels.com/Cottonbro)

Disadari atau tidak, cara sederhana lainnya yang bisa menyenangkan hati orangtua ialah dengan berusaha menuruti keinginan-keinginan kecilnya. Misalnya seperti makan malam bersama, menuruti untuk tidak pulang terlalu malam, atau memenuhi keinginannya untuk jalan-jalan ke suatu tempat. 

Kelihatannya sederhana dan sepele, tapi bagi orangtua hal ini sangat membahagiakan terutama di masa tua dan pensiunnya yang tidak memiliki kesibukan. Dipenuhi keinginannya oleh anak sudah cukup membuatnya merasa dicintai dan dijaga dengan baik. 

4. Sering ajak bercanda

5 Cara Menyenangkan Hati Orangtua di Masa Tuanya, Beri Perhatianmu!ilustrasi keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Cara keempat yang bisa kamu lakukan untuk menyenangkan hati orangtua ialah dengan sering-sering mengajaknya bercanda. Hal sederhana yang rasanya sangat mudah dilakukan jika memang terbiasa berinteraksi dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Karena ketika mereka tua, yang membuat mereka tetap semangat dan menjalani hidup ini dengan senang ialah jika hatinya dibuat senang oleh orang sekitar. Makanya gak ada salahnya untuk sering mengajak orangtua bercanda untuk membuat masa tua mereka jadi menyenangkan dan penuh tawa. 

5. Cukup jalani hidupmu dengan baik dan jangan membebani pikiran mereka di masa tuanya

5 Cara Menyenangkan Hati Orangtua di Masa Tuanya, Beri Perhatianmu!ilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Kampus Production)

Terakhir, cara untuk menyenangkan hati orangtuamu ialah dengan cukup menjalani hidup dengan baik dan benar. Intinya jangan menambah beban pikiran mereka di masa tuanya dengan membuat masalah dimana mereka seharusnya hanya perlu hidup tenang dan menikmati masa tuanya saja.

Jadi kalau berpikir orangtua harus dibelikan barang mewah dan dimanjakan dengan segala kekayaan di masa tuanya agar bahagia itu salah. Cukup dengan tidak menjadi beban pikiran mereka saja sebenarnya sudah cukup, supaya mereka tidak stres dan kehilangan semangat hidup.

Intinya, kalau ingin membahagiakan orangtua sebenarnya mudah dan bisa dilakukan dengan lima cara tadi. Kesannya sepele karena sederhana, tapi sebenarnya sudah cukup untuk menyenangkan hati orangtua di masa tuanya. 

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Orangtua Toxic, Jangan Takut Ya!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya