Comscore Tracker

5 Cara Tepat Menyemangati Anak yang Sedang Berjuang Meraih Mimpinya

Karena dukungan orangtua itu sangat berharga bagi anak

Ketahuilah bahwa sebagai orangtua ada banyak sekali yang bisa kamu lakukan untuk anak, gak melulu perihal peran yang besar namun perlakuan kecil dan sederhana padanya pun bisa sangat berharga dan berarti. Salah satunya ialah keterlibatanmu sebagai orangtua dalam mendukung anak ketika sedang berjuang meraih mimpinya.

Gak perlu bingung kamu harus melakukan apa untuk menyemangatinya, sebab bisa mulai dengan lima cara di bawah ini. Yuk simak pembahasannya!

1. Memastikan bahwa makanan dan gizinya terpenuhi

5 Cara Tepat Menyemangati Anak yang Sedang Berjuang Meraih MimpinyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Cara pertama yang paling penting dan tepat dilakukan untuk mendukung anak dalam meraih mimpinya ialah dengan memastikan bahwa konsumsi makanan dan gizinya terpenuhi dengan baik. Sebab untuk berjuang keras dan menciptakan ide-ide baru ia perlu tubuh yang sehat dan pikiran yang fresh, kan.

2. Memberinya waktu dan kesempatan untuk mengembangkan diri

5 Cara Tepat Menyemangati Anak yang Sedang Berjuang Meraih MimpinyaPexels.com/Gustavo Fring

Cara kedua yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk dukungan anak meraih mimpinya ialah dengan memberinya waktu dan kesempatan untuk mengembangkan diri. Sebab semua anak punya waktunya sendiri dalam meraih kesuksesan, dan ia juga tentu berhak diberi kesempatan untuk membuktikan dirinya kan.

Baca Juga: 6 Sikap Orangtua yang Berbahaya untuk Kepribadian Anak

3. Menyemangatinya untuk kembali mencoba ketika gagal

5 Cara Tepat Menyemangati Anak yang Sedang Berjuang Meraih MimpinyaPexels.com/Polina Zimmerman

Bisa dibilang cara yang ketiga ini masih belum bisa dilakukan semua orangtua dengan kesadaran penuh, bahwa pentingnya untuk menyemangati anak agar mencoba lagi ketika dirinya gagal. Sebab satu atau dua kegagalan saat berjuang tentu hal yang biasa, bukan? Dan tugas orangtua ialah menjaga agar sang anak jangan sampai terpuruk.

4. Tidak membandingkan pencapaiannya dengan orang lain

5 Cara Tepat Menyemangati Anak yang Sedang Berjuang Meraih MimpinyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu ingin menyemangati anak saat ia berjuang meraih mimpinya, maka dukunglah dengan tidak membandingkan pencapaiannya dengan orang lain. Apresiasi usaha keras yang telah ia lakukan dengan merayakannya atau memujinya dengan tulus, sebab cara ini konon ampuh membangkitkan semangatnya jadi semakin berapi-api.

5. Mengatakan bahwa kamu percaya bahwa dia bisa

5 Cara Tepat Menyemangati Anak yang Sedang Berjuang Meraih MimpinyaPexels.com/Julia M Cameron

Kelima kamu bisa memberi dukungan pada anak yang sedang berjuang menggapai mimpinya dengan mengatakan bahwa kamu percaya kalau dia bisa melakukannya. Karena kepercayaan orangtua pada kemampuan anak memberinya rasa percaya diri untuk lebih berusaha, lho.

Intinya, jangan pernah menganggap remeh segala peran yang bisa kamu lakukan untuk anak. Sebab dukungan sederhana pun sangat berarti baginya yang sedang berjuang meraih mimpi.

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Harusnya Bangga Kalau Anak Tertarik & Hobi Baca Buku

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya