Comscore Tracker

5 Cara Orangtua untuk Menjaga Kesehatan Mental Anak

Kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik

Menjadi orangtua tidaklah semudah yang dibayangkan, karena selain bertanggung jawab akan tumbuh kembang anak dalam pendidikan dan attitude, tapi juga harus memperhatikan kondisi mental yang anak miliki. Sebab tidak ada satu pun orangtua yang ingin anaknya terkena mental illness, kan? Maka dari itu yuk simak beberapa cara simple yang bisa orangtua lakukan demi menjauhkan anak dari mental illness di bawah ini.

1. Menjadi teman curhat anak

5 Cara Orangtua untuk Menjaga Kesehatan Mental AnakPexels.com/Mael Balland

Cara simple yang pertama adalah dengan menjadi sosok teman curhat anak. Atau sederhananya, menjadi seperti layaknya sahabat yang bisa dijadikan anak sebagai tempat berbagi cerita. Pada bagian ini orangtua harus tahu bagaimana menyesuaikan diri dengan cara berpikir anak berdasarkan usianya. Dengan cara ini anak jadi tidak memendam masalah sendiri, terhindar dari stres ataupun tekanan yang bisa mengganggu mentalnya.

2. Tidak terlalu mengekang anak

5 Cara Orangtua untuk Menjaga Kesehatan Mental Anakpexels.com/lucas dutra

Cara kedua yang patut orangtua lakukan adalah dengan tidak terlalu mengekang anak, baik dari segi ruang gerak atau lingkungan sosialnya. Karena kalau anak sampai merasa terkurung atau terpenjara, itu sangat berbahaya bagi mentalnya di kemudian hari. Selain menghindari mental illness, orang tua juga tetap bisa menjaga anak dari pergaulan bebas dengan berusaha dekat dengan teman-teman yang anak punya.

Baca Juga: 5 Dampak Mental Jika Orangtua Sering Mengekang Anak

3. Memberi perhatian yang cukup

5 Cara Orangtua untuk Menjaga Kesehatan Mental AnakPexels.com/Ana Francisconi

Sebagai manusia yang tidak bisa hidup sendiri, semua orang butuh perhatian termasuk juga anak. Jadi pastikan kalau kamu sebagai orangtua memberi perhatian yang cukup pada anak. Jangan sampai merasa bahwa dia sendiri di dunia karena kamu terlalu sibuk bekerja. Mengajarkan anak untuk mandiri itu penting, tapi bukan berarti tidak memperhatikannya.

4. Mendukung impiannya

5 Cara Orangtua untuk Menjaga Kesehatan Mental AnakPexels.com/Pixabay.com

Cara selanjutnya dan yang paling berdampak baik bagi mental anak ialah dengan mendukung impian yang ia miliki. Dengan memberinya support,  anak jadi punya semangat untuk berjuang. Dan hal itu secara tidak langsung membuat anak memiliki mental yang kuat, jadi sama saja dengan kamu menjauhkan anak dari kemungkinan terkena mental illness.

5. Menjaga kedekatan anak dengan saudaranya

5 Cara Orangtua untuk Menjaga Kesehatan Mental AnakPexels.com/Pixabay.com

Cara yang terakhir adalah dengan menjaga kedekatan anak dengan saudaranya, baik itu kakak ataupun adik. Mental illness bisa terjadi karena disebabkan oleh banyak hal, namun dengan menjaga keharmonisan antara anak satu dan lainnya dipercaya dapat mengurangi resiko terkena hal itu. Karena kalau anak bahagia dengan keluarganya, tentu perasaannya akan nyaman dan tidak mudah gelisah.

Itulah beberapa cara sederhana yanga sangat patut untuk diterapkan orangtua untuk menjauhkan anak-anak dari mental illness.

Baca Juga: 5 Hal yang Menurut Orangtua Baik, Tapi Ternyata Tidak Bagi Mental Anak

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan. youtube: showni tv instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You