Comscore Tracker

5 Cara Tepat Menangani Anak yang Punya Rasa Penasaran Tinggi

Kalau tidak diarahkan dengan baik, efeknya bisa buruk

Sama seperti orang dewasa yang punya berbagai tipe kepribadian dan karakter, anak-anak pun juga begitu. Nah berbagai tipe anak beda cara penanganan dan mendidiknya, gak bisa asal-asalan. Namun tak sedikit orangtua yang kebingungan dalam hal ini, apalagi jika anaknya merupakan tipe anak yang punya rasa penasaran tinggi.

Padahal gak perlu pusing lho, ada beberapa cara mudah menangani anak tipe ini. Simak pembahasannya di bawah, ya!

1. Memberikan jawaban dari pertanyaannya secara logis

5 Cara Tepat Menangani Anak yang Punya Rasa Penasaran TinggiPexels.com/Andrea Piacquadio

Pertama-tama, anak yang punya rasa penasaran tinggi biasanya akan banyak bertanya pada orangtuanya. Ia ingin tahu tentang berbagai hal dan tugasmu sebagai orangtua adalah dengan memberikan jawaban atas pertanyaannya secara logis.

Jadi dia pun menyerap pengetahuan itu dengan baik, bukan jawaban asal-asalan yang justru membuatnya mengingat hal-hal yang salah.

2. Sekolahkan anak ke tempat yang sesuai

5 Cara Tepat Menangani Anak yang Punya Rasa Penasaran TinggiPexels.com/Arthur Krijghman

Lalu cara kedua dalam menangani anak dengan rasa penasaran tinggi ialah dengan menyekolahkannya ke sekolah yang tepat. Jadi dia di sana bisa belajar didampingi guru yang bisa menjawab rasa penasarannya, selain itu hal ini juga efektif untuk membuat anak supaya suka belajar.

Baca Juga: Doa Agar Jadi Anak Saleh, Ini 10 Ide Nama Anak Islami buat Buah Hatimu

3. Beri dia dukungan untuk terus berkembang

5 Cara Tepat Menangani Anak yang Punya Rasa Penasaran TinggiPexels.com/Gustavo Fring

Terlepas dari apapun bentuk rasa penasarannya, pasti ada satu bidang yang begitu ia ingin tahu dan sangat tertarik. Nah sebagai orangtua ada baiknya kamu mendukungnya untuk berkembang di bidang itu. Karena kunci dari perkembangan positif pada anak ada pada dukungan dari keluarga.

4. Arahkan keingintahuannya untuk mengembangkan bakat positif

5 Cara Tepat Menangani Anak yang Punya Rasa Penasaran TinggiPexels.com/Cottonbro

Keempat, yang harus kamu lakukan jika punya anak yang punya rasa ingin tahu tinggi ialah mengarahkannya untuk mengembangkan bakat yang positif. Jadi ia tidak hanya sekadar ingin tahu, namun juga mempraktikkan apa yang ia ketahui dan terus berkembang atas dasar rasa tertariknya.

5. Mengajaknya untuk sama-sama mencari tahu sesuatu

5 Cara Tepat Menangani Anak yang Punya Rasa Penasaran TinggiPexels.com/Julia Cameron

Kelima, jika anak punya rasa penasaran tinggi maka jangan biarkan ia mencari tahu segalanya sendiri. Usahakan untuk terus mendampinginya agar rasa penasarannya tidak mengarah pada suatu hal yang negatif. Selain itu cara ini juga akan membuat anak merasa lebih dekat dengan orangtuanya.

Itulah beberapa cara tepat menangani anak yang punya rasa penasaran tinggi. Intinya apapun tipe anak, selalu rawat dan didik dia dengan cara yang benar ya.

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Harus Menghentikan Kebiasaan Mengeluh di Depan Anak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya