Comscore Tracker

Fokus pada 5 Hal Ini dalam Mendidik Anak, Bentuk dan Tata Pribadinya

Karena tugas utama orangtua itu membentuk pribadi anak

Semua orang pasti ingin anaknya menjadi yang terbaik dan punya prestasi yang gemilang, tapi percayalah bahwa parenting yang benar itu sebenarnya gak muluk-muluk. Yang mana orangtua harusnya cukup fokus pada hal utama saja dalam mengasuh dan mendidik anak.

Mulai dari mengajarkannya attitude, kedisiplinan diri, menjadikannya pribadi yang percaya diri dan juga gentle pada orang lain. Untuk lebih jelasnya bisa simak pembahasan di bawah ini, dimana hal-hal utama itulah yang nantinya membentuk pribadi anak menjadi baik dan tertata. 

1. Menanamkan etika dan sopan santun sejak kecil

Fokus pada 5 Hal Ini dalam Mendidik Anak, Bentuk dan Tata Pribadinyailustrasi anak (pexels.com/Yan Krukov)

Hal pertama yang mestinya difokuskan saat mendidik anak ialah tentang attitude dan sopan santun pada orang lain. Yang mana hal ini sebaiknya ditanamkan pada anak sejak dia kecil supaya melekat pada dirinya.

Kalau menginginkan anak yang kepribadiannya baik mama attitude merupakan dasarnya. Dan sopan santun yang diajarkan bukan hanya untuk diterapkan pada keluarga saja, tapi juga ketika dia berhadapan dengan orang lain seperti guru dan yang lainnya. 

2. Mengajarinya bersikap gentle pada orang lain

Fokus pada 5 Hal Ini dalam Mendidik Anak, Bentuk dan Tata Pribadinyailustrasi anak (pexels.com/Yan Krukov)

Hal lainnya yang juga mesti difokuskan dalam mendidik anak ialah mengajarinya untuk bersikap gentle. Cara memperlakukan teman dengan baik dan penyayang, tidak hanya kepada manusia tapi juga pada hewan yang ia temui.

Banyak orangtua mengabaikan didikan ini karena mengira kalau anaknya akan belajar sendiri ketika dewasa. Padahal pembentukannya justru harus dari kecil, supaya dia bisa jadi pribadi yang baik dan tak mudah menyakiti orang lain. 

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Tak Gengsi Menunjukkan Rasa Sayang

3. Membentuk kepercayaan dirinya dengan support dan apresiasi

Fokus pada 5 Hal Ini dalam Mendidik Anak, Bentuk dan Tata Pribadinyailustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Banyak orangtua tidak sadar kalau dasar dari pembentukan kepercayaan diri anak itu ada di dalam parenting. Yang mana semestinya saat mendidik anak orangtua juga fokus memberikan apreasiasi yang dibutuhkan anak.

Memuji setiap usahanya sebagai bentuk apreasiasi, terlepas dari apakah yang ia lakukan adalah hal sederhana sekalipun. Karena walaupun bagi orang dewasa terkesan sepele, tapi sangat berharga bagi seorang anak ketika dirinya diakui dan berpengaruh besar dalam membentuk kepercayaan dirinya sendiri. 

4. Mengajarinya untuk disiplin mengerjakan tugasnya

Fokus pada 5 Hal Ini dalam Mendidik Anak, Bentuk dan Tata Pribadinyailustrasi mengajari anak (pexels.com/Cottonbro)

Hal lainnya yang juga harus difokuskan dalam mendidik anak ialah mengajarinya untuk disiplin mengerjakan tugas. Jadi sejak kecil memang baiknya ditemani dan dibimbing orangtua untuk mengerjakan tugasnya sampai selesai.

Mulai dari tugas sekolah, hingga tugas sehari-hari seperti merapikan mainan dan kamarnya setiap hari. Mendidik anak untuk disiplin tidak akan sia-sia, karena ketika dewasa nanti dia jadi tahu bagaimana mengurus dirinya sendiri dan tahu apa-apa saja tanggung jawab yang mesti dia kerjakan. 

5. Cara pandang yang benar terhadap uang dan barang yang dimiliki

Fokus pada 5 Hal Ini dalam Mendidik Anak, Bentuk dan Tata Pribadinyailustrasi orangtua dan anak (pexels.com/August de Richelieu)

Hal terakhir yang juga baik untuk difokuskan dalam mendidik anak ialah tentang cara pandang yang benar terhadap uang dan barang yang dimiliki. Maksudnya, anak harus diajari bagaimana ia harus menghargai uang dan tidak boros, selain itu juga memandang barang yang miliki dengan penilaian yang baik.

Supaya anak tidak tumbuh menjadi orang yang suka menghambur-hamburkan uang, dan sombong terhadap barang yang ia miliki. Kalau sudah diajarkan sejak kecil dan masuk dalam parenting, ketika dewasa nanti dia jadi bijak terhadap uang dan barang. Bahkan juga tidak meletakkan harga diri dan nilai dirinya pada barang mewah.

Itulah tadi lima hal yang baiknya difokuskan saat mendidik anak. Supaya pribadi anak dapat terbentuk dan tertata dengan baik hingga dia dewasa. 

Baca Juga: 5 Tanda Orangtua Keliru dalam Mendidik Anak, Jangan Sampai Begini!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya