Comscore Tracker

5 Hal dalam Rumah Tangga yang Baiknya Jadi Rahasia Pasangan

Jadi lebih adem kalau dijaga sebagai privasi

Percaya atau tidak, hubungan bakal lebih awet dan adem kalau tidak terlalu mengumbarnya ke orang-orang, lho. Yang mana hal ini tidak hanya berlaku ada hubungan pacaran saja akan tetapi juga dalam pernikahan.

Karena gak semua hal di dalam rumah tangga itu harus diperlihatkan ke orang lain. Malahan beberapa hal dalam rumah tangga memang sebaiknya dijadikan rahasia bersama pasangan saja, supaya gak banyak orang ikut campur dan membuat hubungan runyam. Lalu hal-hal apa sajakah itu yang baiknya dijadikan rahasia berdua? Berikut ini lima hal di antaranya. 

1. Segala hal tentang keuangan dalam rumah tangga

5 Hal dalam Rumah Tangga yang Baiknya Jadi Rahasia Pasanganilustrasi pegang uang (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kalau kamu menikah dan membangun rumah tangga bersama pasangan maka jagalah hal ini sebagai rahasia yang hanya diketahui oleh kalian. Kenapa? Hal ini penting agar tidak ada orang yang ikut campur dalam pengaturan keuangan dalam rumah tangga kalian. 

Karena setiap pasangan pasti memiliki caranya sendiri dalam mengatur keuangan dan mengelola finansial berdua, apalagi jika sama-sama aktif bekerja. Tapi kalau hal ini diketaui orang lain, bisa saja malah menimbulkan kritik dan membuat hal yang sudah diatur dengan baik jadi berantakan. 

2. Segala hal tentang hubungan intim dalam pernikahan 

5 Hal dalam Rumah Tangga yang Baiknya Jadi Rahasia Pasanganilustrasi pasangan mesra (pexels.com/Анна Хазова)

Hal lainnya yang juga lebih baik dijadikan sebagai rahasia berdua saja ialah tentang bagaimana hubungan intimmu bersama pasangan. Hal ini benar-benar pantang untuk diceritakan ke orang lain karena bisa menjadi aib. 

Satu-satunya orang yang boleh kamu beritahu hanyalah dokter kalau misalnya ada masalah saat melakukan hubungan intim atau semacamnya. Jadi jagalah hal ini sebagai privasi di antara kalian berdua saja, ya. 

3. Masalah di dalam hubungan rumah tangga 

5 Hal dalam Rumah Tangga yang Baiknya Jadi Rahasia Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Masalah yang terjadi di dalam rumah tanggamu bersama pasangan juga baiknya menjadi rahasia berdua saja. Kenapa? Karena kalau diceritakan dan banyak orang yang tahu, nantinya malah bikin repot dengan ikut campur dalam masalah. 

Apalagi rumah tangga, kan, yang menjalaninya kamu dan pasangan, jadi kalian berdualah yang tahu bagaimana penyelesaian terbaik untuk setiap masalah. Hal ini juga dapat menjadi suatu hal yang mendewasakan diri satu sama lain di dalam kehidupan berumah tangga. 

Baca Juga: 5 Tindakan Sepele yang Mengusik Privasi Orang Lain, Bikin Kesal!  

4. Kekurangan pasangan dalam menjalankan perannya di rumah tangga

5 Hal dalam Rumah Tangga yang Baiknya Jadi Rahasia Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/Alex Green)

Banyak orang yang setelah menikah mengeluh dan mengumbar kekurangan pasangannya dalam menjalankan peran rumah tangga. Hal ini pun sebenarnya lebih baik kalau jadi rahasia berdua dengan pasangan, lho. 

Karena kekurangan yang diumbar itu bisa jadi membuat pasangan malu dan menurunkan martabatnya. Padahal tugasnya pasangan saat menikah salah satunya ialah untuk saling memuliakan. Jadi kalau ada yang kurang sebaiknya dibicarakan berdua agar dia pun bisa memperbaiki diri. 

5. Kekurangan dan masalah yang dialami anak 

5 Hal dalam Rumah Tangga yang Baiknya Jadi Rahasia Pasanganilustrasi anak (pexels.com/Kindel Media)

Hal yang terakhir ini banyak sekali diabaikan orang yakni segala kekurangan dan ketidak sempurnaan anak baiknya dijadikan rahasia berdua saja dengan pasangan. Gak ada gunanya juga untuk diumbar karena gak ada satu anak pun yang sempurna di dunia ini. 

Merahasiakan hal ini juga bisa menjadi suatu upaya untuk menjaga mental anak. Supaya dia tidak malu, minder, dan mampu mencintai dirinya sendir. Pertimbangannya adalah mental anak, karena jika dia tahu bahwa dirinya kekurangan dan ada cela dalam dirinya kemudian diumbar ke orang-orang, hal ini akan menjadi trauma bagi anak.

Rumah tangga setiap orang memang tidak sempurna. Namun begitulah kehidupan berumah tangga. Jika kamu dan pasangan memiliki pasangan, alangkah baiknya menjaga privasi demi kenyamanan rumah tangga serta obrolkan dengan pasangan daripada harus mengumbarnya. 

Baca Juga: 5 Kebohongan Berkedok Privasi yang Sering Dilakukan oleh Pasangan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya