Comscore Tracker

5 Hal Dasar yang Sebaiknya Diajarkan ke Anak sejak Kecil

Karena didikan orang tua yang membentuk pribadi anak

Pada dasarnya orangtua adalah madrasah pertama bagi anak. Yang mana dari orangtua lah seorang anak belajar hal-hal dasar, mulai dari tata krama, cara bersikap dan juga kesopanan dalam berbicara. 

Jadi memang sangat penting bagi orangtua untuk mengajarkan anak hal dasar dalam kehidupan sejak ia kecil sebagai upaya pembentukan dirinya. Karena kalau sudah dididik baik sejak kecil, tentu tidak sulit lagi untuk mendidiknya dengan lebih serius ketika remaja dan beranjak dewasa.

Lalu apa sajakah yang harus diajarkan pada anak? Simak pembahasannya berikut ini, ya! 

1. Adab saat meminjam mainan atau barang orang lain

5 Hal Dasar yang Sebaiknya Diajarkan ke Anak sejak Kecililustrasi anak (pexels.com/Cottonbro)

Hal dasar pertama yang perlu diajarkan pada anak sejak kecil ialah tentang adab ketika meminjam barang orang lain. Entah itu dalam bentuk mainan, buku, atau bahkan pakaian dan barang lainnya.

Hal ini sangat penting supaya anak tahu cara menghargai barang orang yang ia pakai, tidak merusaknya atau bahkan dengan entengnya menghilangkannya. Kalau gak diajarkan sejak kecil, nantinya sampai dewasa dia tidak tahu adab baik saat meminjam barang, jadi sejak kecil mesti dibimbing dan dididik. 

2. Cara memperlakukan teman dengan baik

5 Hal Dasar yang Sebaiknya Diajarkan ke Anak sejak Kecililustrasi anak (pexels.com/Yan Krukov)

Hal dasar lainnya yang baiknya diajarkan pada anak sejak kecil ialah tentang cara memperlakukan teman dengan baik. Bahkan kalau bisa, ajari anak tentang menjalin pertemanan sejak dia balita dan mulai bergaul dengan anak-anak sebayanya. 

Mulai dari bagaimana caranya berkenalan dengan baik, bermain bersama tanpa menyakiti dan cara memperlakukan teman dengan sayang. Pokoknya jangan normalkan anak yang menyakiti temannya ketika bermain, justru karena masih kecil itu harus mulai diajari dan dididik dengan baik. 

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Dapat Membedakan yang Baik dan Buruk, Mudah!

3. Cara mengendalikan emosinya

5 Hal Dasar yang Sebaiknya Diajarkan ke Anak sejak Kecililustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Banyak orangtua yang tidak mengajari anaknya cara mengendalikan emosi, akibatnya sang anak jadi sering tantrum dan rewel. Maka dari itu, hal ini juga menjadi salah satu hal yang baiknya orangtua ajarkan pada anak sejak dini. 

Mulai dari mengajarkannya mengenali jenis emosi yang dirasakan, bagaimana cara mengendalikannya dan cara mengekspresikannya dengan positif dan tanpa menyakiti orang lain. Dengan begitu, batin serta mentalnya pun juga akan terjaga karena tidak tertekan akibat emosi yang dipendam. 

4. Bagaimana meminta maaf dan berterimakasih dengan benar

5 Hal Dasar yang Sebaiknya Diajarkan ke Anak sejak Kecililustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Keira Burton)

Hal yang keempat ini terbilang sangat dasar sebagai tata krama yang harus diajarkan orangtua pada anaknya sejak dini, yaitu tentang bagaimana meminta maaf dan berterimakasih dengan benar. Baik itu kepada orangtua dan saudaranya, hingga ke orang lain yang mungkin ia sakiti tanpa sengaja. 

Anak harus diberi pemahaman bahwa meminta maaf itu penting kalau dia berbuat salah, dan harus dilakukan dengan sepenuh hati. Sama pentingnya untuk mengatakan terima kasih pada orang lain sebagai bentuk menghargai dan bersyukur setelah diperlakukan dengan baik. 

5. Kesopanan dalam berbicara

5 Hal Dasar yang Sebaiknya Diajarkan ke Anak sejak Kecililustrasi orangtua dan anak (pexels.com/PNW Production)

Tidak sedikit orangtua yang mengabaikan hal ini, mewajarkan anaknya berbicara sembarangan hanya karena masih kecil. Justru ketika masih kecil itulah harus diajarkan tentang bagaimana cara berbicara yang baik pada orang lain. 

Kesopanan untuk tidak menggunakan kata-kata yang kasar, tidak memotong perkataan orang, dan penggunaan kata yang tepat supaya tidak menyinggung orang lain.

Kalau sudah dibiasakan sejak kecil untuk sopan maka sampai kapanpun ia akan tetap sopan, dan dia jadi bisa membawa diri dengan baik saat memasuki lingkungan baru. 



Itulah tadi lima hal dasar yang baiknya diajarkan pada anak sejak kecil. Karena mulai dari situlah terlihat bagaimana peranan orangtua dalam mendidik anaknya. Benar? 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak Pertama tentang Tanggung Jawab

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya