Comscore Tracker

5 Hal yang Patut Disyukuri jika Orangtuamu Ketat dalam Mendidik

Didikannya membentukmu menjadi pribadi yang baik

Banyak yang bilang bahwa orangtua merupakan madrasah pertama bagi anak, hal itu memang benar karena orangtualah yang mengajarkan anak dari kecil dan paling besar perannya dalam mendidik anak. Karena jadi orangtua itu bukan cuma membesarkan dan memenuhi kebutuhannya saja, tapi juga harus bisa mendidik anak agar menjadi pribadi yang baik.

Dan bicara soal mendidik anak, ada banyak hal yang patut kamu syukuri jika memiliki orangtua yang ketat dalam mendidik. Lima hal di antaranya bakal kita bahas di bawah ini, yuk disimak!

1. Kamu terbiasa memerhatikan attitude, baik pada keluarga atau orang lain

5 Hal yang Patut Disyukuri jika Orangtuamu Ketat dalam MendidikPexels.com/Sora Shimazaki

Kalau orangtuamu tipe orang yang sangat ketat dalam mendidik maka kamu patut bersyukur untuk itu karena jadi terbiasa menggunakan attitude yang baik, entah itu ketika bersama keluarga atau orang lain. Karena mendidik anak itu bukan hanya menyangkut pengetahuan saja, melainkan juga pendidikan budi pekerti. Yang mana hal ini akan sangat berguna bagimu ketika dewasa karena tahu bagaimana membawa diri ketika berhadapan dengan berbagai orang, apalagi jika dari kecil sudah dididik untuk menjunjung sopan santun.

2. Cara berpikirmu terbentuk dengan baik berdasarkan didikan dari orangtua

5 Hal yang Patut Disyukuri jika Orangtuamu Ketat dalam MendidikPexels.com/Cottonbro

Kemudian hal lainnya yang juga patut kamu syukuri jika memiliki orangtua yang ketat dalam mendidik ialah, cara berpikirmu jadi terbentuk dengan baik. Biasanya anak yang dididik dengan ketat oleh orangtuanya bakal tumbuh menjadi anak yang kritis dan pintar. Tahu apa yang benar dan salah, berpikir dengan logis, dan hal-hal lainnya yang mendukung perkembangan cara berpikirmu yang bijak dengan sendirinya.

3. Gak menye-menye, kamu tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan tegas

5 Hal yang Patut Disyukuri jika Orangtuamu Ketat dalam MendidikPexels.com/Nicole Michalou

Orangtua yang ketat mendidik anak biasanya juga bakal tegas dalam membesarkan anak, jadi menerima didikan seperti itu dari kecil akan membuatmu tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan tegas pula. Alias kamu gak bakal menye-menye seperti gampang menyerah, cengeng, atau hal lainnya yang menandakan mental lemah. Sebab kamu dibesarkan oleh orangtua yang ketat dalam mendidik, yang pastinya gak bakal sembarangan dalam membentuk pribadimu pula.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Menghakimi Ini Perlu Dihindari saat Mendidik Anak 

4. Gak memandang remeh pada pendidikan dan ajaran yang didapat

5 Hal yang Patut Disyukuri jika Orangtuamu Ketat dalam MendidikPexels.com/Andrea Piacquadio

Dibesarkan oleh orangtua yang ketat dalam mendidik membuat dirimu jadi tak pernah memandang remeh pendidikan dan ajaran yang kamu dapatkan, baik itu secara materi atau moral. Sebab pada dasarnya segala macam pendidikan itu memang penting, kan. Dan beruntungnya kamu menyadari hal itu sejak kecil sehingga segala pelajaran akan sangat kamu hargai. 

5. Memiliki fondasi dasar yang baik jika suatu saat menjadi orangtua, alias tahu cara mendidik anak nantinya

5 Hal yang Patut Disyukuri jika Orangtuamu Ketat dalam MendidikPexels.com/Anna Shvets

Lalu hal terakhir yang juga patut kamu syukuri jika memiliki orangtua yang ketat dalam mendidik ialah, kamu jadi memiliki fondasi dasar jika suatu saat menjadi orangtua dan mempunyai anak, alias kamu tahu cara mendidik anakmu kelak. Berdasarkan pengalamanmu selama dididik orangtua, kamu jadi tidak buta perihal pentingnya didikan yang tepat untuk anak. Berbeda jika orangtuamu cenderung cuek dalam mendidik, ketika punya anak kamu bakal bingung dan harus mempelajari cara mendidik anak dalam parenting dari nol.

Mendidik anak dengan baik itu penting karena akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya, maka dari itu jika orangtuamu ketat dalam mendidikmu maka bersyukurlah, ya.

Baca Juga: 5 Cara Dasar Mendidik Anak Agar Tidak Manja, Bisa Mandiri Sejak Dini!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya