Comscore Tracker

Bukan Gak Mendukung, 5 Hal Ini Bikin Orangtua Ragu dengan Mimpimu

Karena orangtua gak tega lihat anaknya sedih kalau gagal

Semua orang pasti memiliki cita-cita atau mimpi, baik yang sudah tua atau anak muda sekalipun. Nah dalam tahap mengejar mimpi biasanya kita akan memberitahu orangtua, kan. Namun tidak semua orangtua langsung mendukung penuh dan pada awalnya ragu dengan mimpi anaknya.

Sebenarnya bukan karena mereka tidak mau memberi dukungan akan tetapi ada beberapa alasan yang jadi penyebab orangtua ragu dengan mimpi anak. Lima di antaranya akan dibahas di bawah ini, yuk kita bahas!

1. Belum yakin kamu bisa melakukannya

Bukan Gak Mendukung, 5 Hal Ini Bikin Orangtua Ragu dengan MimpimuPexels.com/Cottonbro

Hal pertama yang mungkin jadi alasan orangtua tidak langsung mendukung impianmu adalah karena mereka belum yakin kamu bisa melakukanya. Memang tidak ada salahnya untuk bermimpi setinggi langit, akan tetapi yang namanya orangtua pasti tidak mau jika anaknya menyia-nyiakan waktu dan terlalu berjuang untuk suatu hal yang belum tentu bisa dicapai.

2. Takut kamu jatuh terlalu dalam kalau gagal

Bukan Gak Mendukung, 5 Hal Ini Bikin Orangtua Ragu dengan MimpimuPexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu orangtua juga mungkin merasa ragu untuk mendukung mimpimu adalah karena dihinggapi rasa takut kalau kamu jatuh terlalu dalam jika gagal meraihnya. Kasih sayang orangtua padamu sangat besar dan mereka gak sanggup kalau melihat kamu terpuruk suatu hari.

3. Khawatir kamu berjuang terlalu keras

Bukan Gak Mendukung, 5 Hal Ini Bikin Orangtua Ragu dengan MimpimuPexels.com/Andrea Piacquadio

Ada banyak tipe orangtua di dunia ini, mulai dari yang tegas dan mengajarkan anaknya untuk mandiri pada segala hal, hingga orangtua yang menunjukkan cintanya dengan memanjakan. Nah bisa jadi orangtuamu tipe yang memanjakan, jadi mereka khawatir kamu bakal berjuang terlalu keras untuk menggapai mimpi itu. Karena mereka tentu sudah merasakan beratnya perjuangan di masa lalu.

Baca Juga: 5 Hal yang Disesalkan Orangtua Jika Mengabaikan Masa Golden Age Anak

4. Tidak bisa melakukan apa-apa untuk mendukung mimpimu

Bukan Gak Mendukung, 5 Hal Ini Bikin Orangtua Ragu dengan MimpimuPexels.com/Rita Tipunina

Hal lainnya yang mungkin jadi penyebab orangtua gak langsung mendukung atau bahkan ragu dengan mimpimu adalah karena mereka merasa tidak bisa melakukan apa-apa untuk mendukung mimpimu. Entah itu keterbatasan biaya atau juga fasilitas.

5. Mendorongmu untuk membuktikan diri pada mereka

Bukan Gak Mendukung, 5 Hal Ini Bikin Orangtua Ragu dengan MimpimuPexels.com/Andrea Piacquadio

Dan terakhir, mereka mungkin sengaja melakukan itu untuk mendorongmu membuktikan pada mereka bahwa kamu benar-benar serius dengan mimpimu. Karena seperti yang kita tahu bahwa mengejar mimpi itu gak bisa setengah-setengah, dan orangtuamu sangat mengetahui hal ini.

Semua orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, dan jika mereka gak langsung mendukung atau ragu dengan mimpimu mungkin lima hal di atas bisa menjadi penyebabnya. Jadi jangan langsung berpikir buruk, ya.

Baca Juga: Penting! 5 Alasan Logis Orangtua Semestinya Mendukung Keunikan Anak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya