Comscore Tracker

5 Hal Wajib untuk Mendidik Anak Jadi Pribadi yang Jujur

Supaya kejujuran dalam diri anak terbentuk dengan baik

Membantuk kepribadian baik pada diri anak gak bisa langsung terwujud begitu saja saat kamu menyuruhnya, melainkan orangtua juga harus ikut berperan di dalam proses pembentukannya. Sama seperti jika kamu ingin anak menjadi pribadi yang jujur, kamu tidak bisa diam saja dan menunggu, akan tetapi harus melakukan sesuatu selama proses dalam mendidiknya seperti dalam pembahasan di bawah ini.

Ada beberapa hal yang baiknya kamu lakukan saat mendidik anak menjadi pribadi yang jujur, apa sajakah itu? Yuk simak pembahasannya!

1. Mulai dengan jujur pada anak

5 Hal Wajib untuk Mendidik Anak Jadi Pribadi yang JujurPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu mau mendidik anak untuk menjadi pribadi yang jujur maka hal pertama yang harus dilakukan lebih dulu ialah dengan menjadi orangtua yang jujur pada anak. Berikan ia contoh langsung darimu sebagai orangtuanya, karena anak banyak belajar dari pribadi orangtuanya sendiri.

2. Dengarkan kata-katanya dengan baik

5 Hal Wajib untuk Mendidik Anak Jadi Pribadi yang JujurPexels.com/Cottonbro

Jika kamu ingin anak untuk terbiasa jujur maka dengarkanlah kata-katanya ketika ia berbicara, apalagi kalau ia sedang menceritakan sesuatu dan terbuka padamu. Hal ini mungkin perlakuan yang kecil, namun jika membiasakannya justru membuat anak untuk selalu jujur padamu jadi lebih mudah, lho.

3. Banggalah dengan kejujurannya

5 Hal Wajib untuk Mendidik Anak Jadi Pribadi yang JujurPexels.com/August De Richelieu

Ketiga, banggalah dengan usahanya untuk jujur padamu. Terlepas apakah kejujurannya itu menyakitkan atau justru membuatmu tersentuh, tapi sebagai orangtua kamu harus selalu menerimanya dengan baik. Jangan marahi atau menyudutkannya ya. Dengan begitu ia akan tumbuh menjadi pribadi yang jujur hingga dewasa nanti.

Baca Juga: Demi Kebaikan, 5 Zodiak Ini Berprinsip Kejujuran Paling Blak-blakan

4. Jangan memarahinya dengan kejam jika ia melakukan kesalahan agar anak tidak takut terbuka padamu

5 Hal Wajib untuk Mendidik Anak Jadi Pribadi yang JujurPexels.com/August de Richelieu

Sangat penting bagi orangtua untuk memahami hal ini, bahwa jangan pernah memarahi anak dengan kejam dan memberikannya hukuman ketika ia melakukan kesalahan dan mengatakannya dengan jujur. Karena dia bakal takut untuk jujur hingga dewasa kalau kamu malah menghukumnya.

5. Jadilah orangtua yang tidak mudah menghakimi

5 Hal Wajib untuk Mendidik Anak Jadi Pribadi yang JujurPexels.com/Ketut Subiyanto

Mendidik anak untuk menjadi pribadi yang jujur pada dasarnya tidak hanya dengan mengajarkan poin-poin penting perihal kejujuran, akan tetapi harus dibantu dengan sikap orangtua yang tidak mudah menghakimi, terutama ketika ia berkata jujur. Cukup nasehati atau membimbingnya, namun jangan pernah menghakimi kejujurannya ya.

Pribadi baik pada diri anak tidak bisa terbentuk begitu saja, maka lakukanlah lima hal tadi dalam proses mendidiknya menjadi pribadi yang jujur, ya! 

Baca Juga: 7 Alasan Kejujuran dan Penerimaan Bikin Hubungan Awet

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya