Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Orangtua Pahami jika Anaknya Sudah Menikah 

Menjadi orangtua pun juga perlu adaptasi

Cepat atau lambat, semua orangtua pasti merasakan fase di mana anaknya menikah. Hal iniadalah suatu hal yang tidak bisa dihindari, dan untuk itu orangtua pun harus menerima dan memahami bahwa akan ada perubahan yang terjadi setelah anak menikah.

Bahwa orangtua tidak mempunyai hak penuh lagi terhadap hidup anak jika ia sudah berumah tangga. Untuk lebih jelasnya tentang apa-apa saja yang harus dipahami orangtua setelah anak menikah bisa simak pembahasan di bawah ini, ya.

1. Pengelolaan uangnya sudah tidak seperti saat belum menikah 

5 Hal yang Harus Orangtua Pahami jika Anaknya Sudah Menikah Pexels.com/Artem Beliaikin

Saat anak menikah maka sebagai orangtua kamu harus memahami bahwa pengelolaan finansial atau keuangannya sudah tidak seperti saat belum menikah dulu. Jumlah pengeluarannya akan berubah, dan kamu tidak bisa menuntut ia untuk memberi uang pada orangtuanya dengan penuh seperti dulu.

2. Gak perlu ikut campur permasalahan rumah tangganya 

5 Hal yang Harus Orangtua Pahami jika Anaknya Sudah Menikah Pexels.com/Cottonbro

Hal lainnya yang semestinya orangtua pahami ketika anak menikah ialah gak perlu ikut campur permasalahan rumah tangganya. Dalam hubungan pernikahan pasti ada masalah dan konflik,namun biarkanlah ia menyelesaikan masalahnya sendiri supaya ia belajar menjadi orang dewasa.

Baca Juga: 5 Hal yang Terjadi pada Anak Saat Orangtua Bersikap Terlalu Otoriter

3. Membiarkannya belajar mandiri 

5 Hal yang Harus Orangtua Pahami jika Anaknya Sudah Menikah Pexels.com/Ketut Subiyanto

Kemudian orangtua juga harus membiarkan anaknya belajar mandiri. Memilih untuk menikah berarti sudah berani menanggung beban sendiri, jadi jangan membiarkannya untuk terus bergantung. Bukannya jahat atau tega, namun ini juga tugas orangtua untuk mendidik anaknya agar bertanggung jawab atas kehidupan pernikahannya.

4. Gak boleh mengatur dan hanya bisa memberi nasihat 

5 Hal yang Harus Orangtua Pahami jika Anaknya Sudah Menikah Pexels.com/Cottonbro

Orangtua juga gak diperbolehkan lagi untuk mengatur hidup anak ketika ia sudah menikah, dan hanya boleh sebatas memberinya nasihat atau saran-saran saja. Sebenarnya ini lebih kepada tindakan yang tidak pantas jika masih tetap mengatur anak. Karena kalau sudah menikah anak sudah bukan tanggung jawab orangtua lagi,kan.

5. Menghargai caranya mengelola keluarga sendiri 

5 Hal yang Harus Orangtua Pahami jika Anaknya Sudah Menikah Pexels.com/Ketut Subiyanto

Hal terakhir yang patut orangtua pahami ialah untuk menghargai cara anak mengelola rumah tangga dan keluarganya sendiri. Contohnya seperti bagaimana ia menjadi kepala keluarga, menata tempat tinggal, caranya mendidik anak-anak dan afeksi sayangnya terhadap pasangan. Orangtua tidak memiliki hak untuk ikut campur dalam hal ini.

Ketika anak memutuskan menikah tentu ada hal-hal tertentu yang berubah, dan orangtua sebaiknya memahami lima hal di atas setelah anaknya menikah.

Baca Juga: 5 Cara Menangani Anak yang Mulai Melawan Orangtua saat Remaja

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya