Comscore Tracker

5 Hal yang Berpengaruh Besar dalam Membentuk Kepribadian Anak

Baik buruknya kepribadian anak bisa dipengaruhi banyak hal

Ada banyak orangtua yang sering membicarakan tentang kepribadian anaknya, baik itu membangga-banggakan karena anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik, atau mengeluh karena kepribadian anaknya yang buruk. Tapi banyak orangtua tak menyadari bahwa kepribadian anak justru bisa dipengaruhi oleh berbagai, seperti lima di antaranya yang akan kita bahas di bawah ini. Simak baik-baik untuk lebih jelasnya, ya.

1. Cara keluarga memperlakukannya

5 Hal yang Berpengaruh Besar dalam Membentuk Kepribadian AnakPexels.com/Cottonbro

Hal pertama yang berpengaruh besar terhadap kepribadian anak ialah cara dan bagaimana ia diperlakukan dalam keluarga. Sebab keluarga adalah lingkungan terdekat yang pertama kali ia tahu. Jika keluarganya memperlakukan dengan kasar, maka anak pun kemungkinan besar akan menjadi pribadi yang kasar.

2. Film dan tayangan televisi yang dia tonton

5 Hal yang Berpengaruh Besar dalam Membentuk Kepribadian AnakPexels.com/August De Richelieu

Anak juga dapat dipengaruhi oleh tayangan televisi seperti apa yang ia tonton. Sebab anak sangat aktif dalam meniru apa yang ia lihat lalu mempraktikkannya sendiri. Makanya tak jarang ada anak yang cara bermainnya berbahaya, karena ia mencontoh apa yang ia tonton.

Baca Juga: 6 Sikap Orangtua yang Berbahaya untuk Kepribadian Anak

3. Dengan siapa ia bergaul

5 Hal yang Berpengaruh Besar dalam Membentuk Kepribadian AnakPexels.com/Kobe Michael

Lalu dengan siapa ia bergaul juga dapat berpengaruh besar terhadap kepribadian anak. Karena bertambah usia anak maka ruang lingkup sosialnya pun bertambah, apalagi anak banyak menghabiskan waktu di sekolah. Jadi apa yang ia tahu dari teman-temannya juga dapat mempengaruhi kepribadiannya.

4. Seperti apa idolanya

5 Hal yang Berpengaruh Besar dalam Membentuk Kepribadian AnakPexels.com/Wendy Wei

Kemudian siapa yang ia idolakan juga berpengaruh besar terhadap kepribadiannya. Karena ketika mengidolakan seseorang pasti ada keinginan untuk bisa sepertinya. Semua itu tergantung dari bijaknya ia dalam memilih mana yang patut ditiru dan yang tidak. Sebab idola juga manusia yang pasti tak sempurna dan bisa melakukan kesalahan.

5. Hobi dan kegiatan yang paling ia sukai

5 Hal yang Berpengaruh Besar dalam Membentuk Kepribadian AnakPexels.com/Gustavo Fring

Hal terakhir yang konon berpengaruh besar pada bentuk kepribadian anak ialah hobi dan kegiatan jenis apa yang ia sukai. Anak yang hobi membaca buku biasanya pendiam dan sensitif, yang suka berkreasi dalam memasak biasanya ceria dan kreatif, seperti itulah hobi memengaruhi pribadi anak.

Intinya orangtua harus peka dan hati-hati dalam memperhatikan hal-hal di sekitar anaknya, agar anak terhindar dari pengaruh buruk yang bisa mempengaruhi kepribadiannya.

Baca Juga: Doa Agar Jadi Anak Saleh, Ini 10 Ide Nama Anak Islami buat Buah Hatimu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya