Comscore Tracker

5 Kesalahan Parenting yang Bikin Anak Menjauh, Batinnya Tertekan!

Batin yang tidak nyaman membuatnya perlahan-lahan menjauh

Mungkin sudah sering dibahas jika menjadi orangtua itu tidak hanya tentang merawatnya hingga besar dan memenuhi kebutuhan materi saja. Menjadi orangtua adalah tentang bagaiamana membentuk pribadi anak. Baik buruknya parenting orangtua sangatlah berpengaruh pada psikis dan kedekatan hubungan hingga dewasa.

Jika ada cara parenting orangtua yang kurang tepat, maka dampaknya bisa terlihat dari bagaimana kepribadian anak dan sikapnya terhadap orangtua. Salah satunya ialah dari bagaimana anak yang makin dewasa malah makin menjauh dari orangtua. Bisa jadi hal itu disebabkan oleh kesalahan orangtua dalam parenting yang membuat batinnya tertekan sejak lama.

Beberapa contoh kesalahannya bisa dilihat dalam pembahasan berikut ini. So parents, coba simak baik-baik, ya! 

1. Bersikap cuek dan hanya minta uang pada anak

5 Kesalahan Parenting yang Bikin Anak Menjauh, Batinnya Tertekan!ilustrasi menelepon (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Memang benar bahwa untuk menjadi anak yang baik salah satunya adalah dengan berbakti pada orang. Kalau sudah dewasa dan bekerja, maka bisa dilakukan lewat cara memberikan uang untuk membantu memenuhi kebutuhan orangtua yang tidak produktif bekerja lagi.

Akan tetapi kalau orangtuanya sendiri bersikap cuek dan hanya menghubungi untuk meminta uang, maka hal itu merupakan salah satu kesalahan dalam parenting yang membuat anak menjauh. Ia akan merasa bahwa orangtua hanya menginginkan uangnya. Secara naluriah ia menjauhkan diri secara perlahan dari orangtuanya sendiri. 

2. Terlalu menuntut anak untuk jadi sempurna

5 Kesalahan Parenting yang Bikin Anak Menjauh, Batinnya Tertekan!ilustrasi orangtua (pexels.com/RODNAE Productions)

Semua orangtua pasti ingin anaknya menjadi yang terbaik. Tapi, dibalik keinginan itu perlu disadari juga bahwa tidak ada anak yang sempurna. Jadi, jangan terlalu menuntutnya untuk menjadi sempurna karena itu hanya akan membuat batinnya tertekan.

Kebanyakan anak yang mendapat perlakuan seperti ini pasti memiliki hubungan orangtua-anak yang tidak dekat. Karena orangtua yang menuntut anaknya sempurna cenderung membentuk anak seperti keinginannya sendiri tanpa berusaha memahami kepribadian dan sifat anaknya yang asli. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Memiliki Kemampuan Parenting yang Cukup, Sulit!

3. Hanya memenuhi kebutuhan materi anak

5 Kesalahan Parenting yang Bikin Anak Menjauh, Batinnya Tertekan!ilustrasi beri uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Memenuhi kebutuhan anak dari segi materi memang krusial dan perlu dilakukan oleh setiap orangtua. Meski begitu, jangan lupakan juga bahwa uang dan materi bukanlah segalanya dalam hidup anak.

Selain terpenuhi kebutuhan materinya, anak juga membutuhkan kasih sayang dan perhatian. Orangtua yang hanya memenuhi kebutuhan materi anak sebenarnya salah satu kesalahan dalam parenting. Ketika yang diberi pada anak hanyalah uang dan harta benda, tidak akan ada rasa kedekatan dan keterikatan di hatinya. Wajar bila kemudian ia pun mulai menciptakan jarak dengan orangtua sendiri. 

4. Mengajarkan anak untuk memendam emosinya sendiri sejak kecil

5 Kesalahan Parenting yang Bikin Anak Menjauh, Batinnya Tertekan!ilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/August de Richelieu)

Kesalahan parenting keempat yang juga membuat anak menjauh dari orangtuanya ialah sejak kecil diajarkan untuk memendam emosinya sendiri. Gak boleh marah-marah, menangis, kecewa, bahkan gak boleh terlalu bahagia.

Orangtua yang mengajarkan hal ini pada anak mungkin ingin sang anak tumbuh menjadi pribadi yang kalem dan tidak berisik. Tapi, sebenarnya hal ini hanya akan membuat batinnya tertekan, lho. Ketika beranjak dewasa, ia jadi tak bisa mengekspresikan perasaannya sendiri. Ia pun merasa tak memiliki kedekatan emosional dengan orangtua karena terbiasa diperintah untuk selalu diam dan menenangkan emosinya sendiri. 

5. Memotivasi dengan membanding-bandingkan anak

5 Kesalahan Parenting yang Bikin Anak Menjauh, Batinnya Tertekan!ilustrasi bicara (pexels.com/SHVETS Production)

Kesalahan parenting terakhir yang membuat anak menjauh dari orangtua ialah kala orangtua menggunakan metode yang salah untuk memotivasi anak. Salah satunya dengan membanding-bandingkan anak supaya dengan harapan ia bisa berubah menjadi lebih baik dengan sendirinya.

Entah itu membandingkannya dengan saudara, anak tetangga, atau bahkan temannya sendiri, dampaknya sama saja membuat batinnya terluka. Secara tidak langsung, hal itu membuatnya tampak tak cukup baik sampai merasa orangtuanya perlu membandingkannya dengan anak lain. Rata-rata anak yang mendapatkan perlakuan seperti ini pun otomatis tidak akan dekat dengan orangtuanya karena rasa sakit hati yang terpendam cukup lama.

Anak menjauhi orangtua itu pasti bukan tanpa sebab. Beberapa contoh kekeliruan dalam parenting tersebut tentu bisa dijadikan bahan refleksi untuk sama-sama belajar menjadi sosok orangtua yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Ilmu Parenting yang Harus Diketahui oleh Para Orangtua Baru

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya