Comscore Tracker

5 Kesulitan Jadi Single Parent yang Justru Bakal Menguatkanmu

Karena dari kesulitan itu kamu banyak belajar & melatih diri

Jalan hidup seseorang itu tidak ada yang tahu bakal seperti apa, dan menjadi seorang single parent bisa dibilang sebagai takdir bagi sebagian orang. Mendengar sebutannya saja kita juga sudah bisa membayangkan betapa sulitnya menjadi orangtua tunggal di rumah bagi anak-anak.

Namun bukannya melemahkan, kesulitan-kesulitan yang kamu alami sebagai single parent justru semakin menguatkanmu lho. Lima di antaranya akan kita bahas di bawah ini, yuk simak!

1. Sering dibicarakan tetangga dan orang sekitar 

5 Kesulitan Jadi Single Parent yang Justru Bakal MenguatkanmuPexels.com/Fauxels

Kesulitan pertama yang dialami single parent adalah sering menjadi bahan pembicaraan tetangga dan orang sekitar. Mulai dari pembicaraan baik hingga hal-hal buruk, bisa dibilang hal ini tak dibisa dihindari dan pasti dialami siapa saja yang menyandang status ini.

Namun karena hal ini kamu justru menjadi sosok yang kuat mental dalam menghadapi segala kritikan orang-orang.

2. Dipandang sebelah mata karena membesarkan anak sendirian 

5 Kesulitan Jadi Single Parent yang Justru Bakal MenguatkanmuPexels.com/Tatiana Syrikova

Menjadi orangtua tunggal bagi anak atau single parent tentu bukan suatu hal yang salah dan buruk, namun seringkali hal ini membuat orang lain jadi memandang dengan sebelah mata karena kamu membesarkan anak sendirian. Dan kamu pun menjadi kuat karena berusaha membuktikan pada mereka yang menganggap remeh bahwa kamu bisa merawat anak dengan baik meski sendiri.

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Kali Membuat Seorang Single Parent Merasa Risi

3. Memiliki dua peran sekaligus untuk anak 

5 Kesulitan Jadi Single Parent yang Justru Bakal MenguatkanmuPexels.com/Ketut Subiyanto

Kesulitan lainnya bagi single parent adalah memiliki dua peran sekaligus untuk anak, yaitu menjadi kepala rumah tangga sekaligus memastikan anak mendapat pengasuhan terbaik. Biasanya kedua peran ini dibagi untuk ayah dan ibu, namun kamu justru menjalankan keduanya sendiri. Hal ini sangat tidak mudah dan hanya orang-orang kuat yang bisa.

4. Berjuang sendirian dengan berbagai beban dan tekanan 

5 Kesulitan Jadi Single Parent yang Justru Bakal MenguatkanmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu sebagai single parent kamu juga harus mengalami kesulitan karena berjuang sendirian dengan berbagai beban dan tekanan. Kamu tidak punya pasangan untuk berbagi tanggung jawab, dan tidak mungkin anak yang membantumu. Pelan-pelan kamu pun menjadi pribadi yang tahan banting karena beratnya beban.

5. Sulitnya mengatur waktu untuk segala hal 

5 Kesulitan Jadi Single Parent yang Justru Bakal MenguatkanmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Jadi single parent juga biasanya membuatmu kesulitan mengatur waktu dengan baik untuk segala hal. Sebab semuanya harus kamu lakukan sendiri mulai dari pekerjaan untuk mencari nafkah, mengurus rumah, merawat anak hingga mendidiknya agar dia menjadi anak yang baik saat dewasa nanti. Memang sulit, namun kamu sangat hebat bisa melakukan semua itu.

Menjadi orangtua itu tidak mudah apalagi orangtua tunggal atau single parent, kan. Namun di balik kesulitan itu kamu banyak belajar dan tumbuh menjadi pribadi kuat yang benar-benar hebat. Salut pokoknya!

Baca Juga: Kegiatan Positif untukmu yang Jadi Single Parent, Mandiri & Hapus Duka

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya