Comscore Tracker

5 Kriteria Teman yang Baik untuk Dekat dengan Anak, Harus Selektif!

Gak semua orang membawa pengaruh baik untuk anak

Salah satu hal yang perlu dipantau pada anak ialah pergaulannya. Karena baik buruknya pribadi teman-teman yang dekat dengan anak, sedikit banyaknya akan berpengaruh pada anak entah itu pada perkembangan pola pikir ataupun pembawaan dirinya.

Maka dari itu mulai dari kecil hingga anak tumbuh dewasa sebenarnya orangtua tetap perlu memantau dan menyeleksi siapa-siapa teman yang baik untuk dekat dengan anak. Terkait hal itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa kriteria teman yang baik untuk dekat dengan anak. Jadi untuk orangtua simak ini baik-baik, ya!

1. Teman yang tidak memanfaatkan apa yang anakmu punya

5 Kriteria Teman yang Baik untuk Dekat dengan Anak, Harus Selektif!ilustrasi teman (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Kriteria dari teman yang baik untuk dekat dengan anakmu ialah jika dia tidak pernah ingin memanfaatkan apa yang dimiliki anakmu sejak awal mereka berteman. Entah itu uang, kendaraan, fasilitas sekolah, atau bahkan skill yang dimiliki anakmu.

Hal ini menjadi kriteria pertama yang patut dipertimbangkan karena menunjukkan seberapa tulus dia berteman dengan anakmu. Sehingga aman-aman saja kalau anakmu menjalin persahabatan dengan teman yang memang tulus kepadanya. 

2. Mau sama-sama belajar menjalin pertemanan yang baik

5 Kriteria Teman yang Baik untuk Dekat dengan Anak, Harus Selektif!ilustrasi teman (pexels.com/Elina Fairytale)

Orangtua harus melihat kriteria ini dalam memilih teman yang baik untuk dekat dengan anak, yaitu dia mau sama-sama menjalin pertemanan yang baik. Dengan kata lain gak hanya anakmu saja yang berusaha menjadi teman yang baik untuk dia, tapi dia juga seperti itu pada anakmu. 

Teman yang seperti ini biasanya akan berusaha menghargai anakmu dan pertemanan mereka juga sehat. Jadi gak ada salahnya kalah membiarkan mereka bersahabat, atau bahkan mendukung hubungan dekat mereka. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Bukanlah Orangtua yang Adil bagi Anak-anak, Hindari!

3. Gak memberi pengaruh buruk untuk anakmu

5 Kriteria Teman yang Baik untuk Dekat dengan Anak, Harus Selektif!ilustrasi teman (pexels.com/William Fortunato)

Kriteria lainnya dalam memilih teman yang baik untuk dekat dengan anakmu ialah dia yang tidak membawa pengaruh buruk pada anakmu. Misalnya seperti mempengaruhinya untuk berbohong pada orangtua, malas mengerjakan tugas dan bolos, atau bahkan berfoya-foya. 

Kalau temannya sama sekali tak berpengaruh buruk, maka itu artinya mereka baik untuk dekat dengan anakmu. Dan sebagai orangtua kamu bisa tenang karena anak berada dalam pergaulan yang benar dengan orang-orang baik. 

4. Tahu adab dan menjaga sopan santun ketika datang berkunjung atau main ke rumah

5 Kriteria Teman yang Baik untuk Dekat dengan Anak, Harus Selektif!ilustrasi berkumpul (pexels.com/Askar Abayev)

Orangtua harus memperhatikan apakah teman-teman anak memiliki sopan santun dan adab ketika datang ke rumah. Dan hal ini merupakan salah satu kriteria yang patut di perhatikan untuk melihat apakah mereka baik dekat dengan anak atau tidak. 

Karena kalau temannya gak tahu adab ketika berkunjung ke rumah, maka anakmu bisa ikutan gak beradab seperti mereka. Pergaulan itu besar pengaruhnya untuk pembentukan pribadi anak, jadi memang harus hati-hati dalam menyeleksi teman yang baik untuk anak. 

5. Saling support untuk sukses bersama

5 Kriteria Teman yang Baik untuk Dekat dengan Anak, Harus Selektif!ilustrasi teman (pexels.com/Fauxels)

Kriteria terakhir dari teman yang baik untuk dekat dengan anak ialah jika mereka saling support untuk sukses bersama. Entah itu dengan berjuang bersama untuk sukses, ataukah mendukung satu sama lain untuk meraih mimpi. 

Pertemanan yang seperti ini sangat positif dan baik untuk perkembangan anakmu ke depannya. Jadi memang sudah baik sekali kalau dia mempunyai teman yang bisa menjadi penyemangatnya untuk maju dan sukses bareng. 

Itulah tadi lima kriteria yang wajib dilihat orangtua untuk menyeleksi teman yang baik untuk dekat dengan anak. Karena memang gak boleh sembarangan membiarkan anak berteman dengan yang gak baik untuknya. 

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Kamar Mandi Anak-anak, Colorful dan Kreatif!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya