Comscore Tracker

Gak Susah Kok! 5 Hal Ini Justru Kunci Harmonisnya Hubungan Keluarga

Membangun keharmonisan keluarga gak pernah sulit, kok!

Saat memutuskan menikah dan membangun keluarga semua orang pasti menginginkan keharmonisan di dalamnya. Melakukan berbagai cara agar bisa akur dan bahagia bersama keluarganya. Tapi tahukah kamu kalau keharmonisan hubungan keluarga sebenarnya mudah didapatkan?

Bahkan dengan melakukan hal-hal sederhana yang merupakan kuncinya seperti di bawah ini, keharmonisan dalam keluargamu bukan suatu yang mustahil lagi. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak pembahasannya berikut ini ya!

1. Tahu kapan harus menjadi pendengar yang baik

Gak Susah Kok! 5 Hal Ini Justru Kunci Harmonisnya Hubungan KeluargaPexels.com/Daisy Anderson

Keluarga bukan hanya seseorang yang tinggal bersamamu, namun semestinya juga merupakan seseorang yang selalu ada dalam setiap momen hidupmu. Maka dari itu penting untuk tahu kapan kamu harus menjadi pendengar yang baik, ada ketika keluargamu membutuhkan. Dengan begitu keharmonisan pun terbentuk.

2. Rutin melakukan quality time bersama

Gak Susah Kok! 5 Hal Ini Justru Kunci Harmonisnya Hubungan KeluargaPexels.com/August De Richelieu

Kemudian kunci kedua untuk keharmonisan hubungan keluarga ialah dengan rutin melakukan quality time bersama-sama. Entah itu ngobrol santai saat weekend, atau menyempatkan pergi liburan bersama keluarga sambil saling mendekatkan diri. Intinya harus ada waktu yang dihabiskan bersama, agar tidak ada perasaan asing di antara keluarga.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Keharmonisan dengan Ibu Meski LDR dan Harus Berjauhan

3. Adanya pengertian antara orangtua dan anak

Gak Susah Kok! 5 Hal Ini Justru Kunci Harmonisnya Hubungan KeluargaPexels.com/August De Richelieu

Adanya pengertian antara orangtua dan anak, orang yang lebih tua pada yang lebih muda, juga merupakan kunci dari harmonisnya hubungan keluarga. Bisa dibilang hal ini merupakan kunci yang paling utama dan dasar dari hubungan baik itu terbentuk, karena keharmonisan gak bakal bisa terwujud kalau gak ada saling mengerti di dalamnya. 

4. Keterbukaan perasaan

Gak Susah Kok! 5 Hal Ini Justru Kunci Harmonisnya Hubungan KeluargaPexels.com/August de Richelieu

Hal lainnya yang menjadi kunci harmonisnya hubungan dalam keluarga ialah keterbukaan perasaan. Jujur terhadap apa yang kamu rasakan terhadap mereka, dan kamu pun jadi tahu bagaimana perasaan keluarga terhadapmu. Sehingga keharmonisanmu bisa terbentuk dan dijaga dengan usaha satu sama lain untuk saling memahami.

5. Gak terlalu kaku dan mau saling mengakrabkan diri

Gak Susah Kok! 5 Hal Ini Justru Kunci Harmonisnya Hubungan KeluargaPexels.com/Elly Fairytale

Gak terlalu serius dan mau mengakrabkan diri menjadi kunci yang kelima. Kita semua tahu kalau di dalam keluarga pasti ada perbedaan usia, dan rentang usia ini seringkali membuat kita canggung untuk bersikap friendly. Padahal mengakrabkan diri itu perlu, bahkan sangat penting untuk menciptakan kedekatan di dalam keluarga. 

Menciptakan keharmonisan hubungan keluarga sebenarnya gak sulit kok, terutama jika mau sama-sama mengusahakannya seperti pada pembahasan tadi. Benar?

Baca Juga: Gak Selalu Buruk, Media Sosial Bisa Menambah Keharmonisan Keluarga lho

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya