Comscore Tracker

5 Manfaat Ajak Anak Diskusi, Mengasah Pola Pikirnya!

Anak jadi berani dan terbiasa mengemukakan isi pikirannya

Pikiran adalah sumber dari perilaku dan pembentukan pribadi seseorang, maka dari itu perlu bagi orangtua untuk menerapkan cara parenting yang berpengaruh baik ada perkembangan pikiran anak. Salah satunya ialah dengan sering-sering mengajak anak diskusi. 

Kelihatannya memang sepele dan cuma ngobrol biasa antara orangtua dan anak, tapi jika dibiasakan justru baik untuk mengembangkan pola pikir mereka. Mulai dari dirinya yang berani untuk mengemukakan pendapat, hingga pola pikirnya yang terbentuk jadi bijak dan dewasa. Beberapa manfaat lainnya ada dalam poin pembahasan berikut ini, yuk simak! 

1. Membuatnya berani mengemukakan pendapat

5 Manfaat Ajak Anak Diskusi, Mengasah Pola Pikirnya!ilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Sofatutor)

Anak yang sering diajak diskusi oleh orangtuanya akan tumbuh menjadi anak yang berani mengatakan isi pikirannya. Yang mana ini merupakan manfaatnya yang pertama dan berdampak meningkatkan kepercayaan diri anak saat berbicara. 

Sebagaimana dia yang terbiasa mengemukakan pendapat dan pemikirannya pada orangtua, ia jadi percaya diri melakukannya di lingkungan sosial atau pada saat berdiskusi dengan orang lain. Positifnya, ia tidak akan diam saja dan tak mudah terpengaruh jika terlibat dalam diskusi yang toxic

2. Terbiasa diskusi untuk hal-hal yang ada dalam pikirannya

5 Manfaat Ajak Anak Diskusi, Mengasah Pola Pikirnya!ilustrasi bicara (pexels.com/Timur Weber)

Manfaatnya yang kedua kalau sering mengajak anak diskusi ialah hal itu bisa membuatnya terbiasa terbuka pada apa yang ia pikirkan. Entah itu dalam bentuk keresahan, rasa penasaran, atau bahkan pertanyaan-pertanyaan tentang suatu hal yang tak ia temukan jawabannya. 

Bisa dibilang bahwa hal ini sangat membantu orangtua untuk mendidik anaknya, karena dengan dia yang terbuka dan mengajak diskusi atas keresahan di pikirannya tentu bakal lebih mudah untuk mengarahkannya. Daripada anak yang kebanyakan memendam pemikirannya sendiri dan tidak sadar kalau apa yang ia pikirkan ternyata salah. 

3. Mengasah pola pikir

5 Manfaat Ajak Anak Diskusi, Mengasah Pola Pikirnya!ilustrasi berpikir (pexels.com/KoolShooters)

Setiap anak memiliki perkembangan pola pikir yang berbeda-beda, salah satu faktornya ada pada parenting yang diterapkan orangtua. Maka dari itu bagus sekali kalau sering mengajak anak diskusi, karena hal ini dapat mengembangkan dan mengasah pola pikirnya. 

Mulai dari diskusi yang topiknya ringan hingga topik serius, cara berpikir anak diasah dengan seringnya dia berdiskusi dengan orangtua. Bahkan luar biasanya, anak yang sering diajak diskusi konon berpikir lebih bijak dan dewasa dibanding anak seusianya. 

Baca Juga: 5 Tips Parenting ketika Memiliki Satu Anak, Pastikan Dia Tak Kesepian!

4. Melatih kemampuan komunikasinya

5 Manfaat Ajak Anak Diskusi, Mengasah Pola Pikirnya!ilustrasi anak bicara (pexels.com/Cottonbro)

Manfaatnya yang keempat kalau sering ajak anak berdiskusi ialah dapat melatih kemampuannya dalam komunikasi. Ia jadi terlatih berbicara secara tertatur dan logis ketika berdikusi. 

Nampaknya sederhana tapi sangat penting dan bermanfaat bagi anak, karena kemampuan komunikasi sangat berguna untuk kehidupan sosial hingga kariernya kelak. Anak yang jarang diajak bicara mungkin perkataannya terbata-bata dan berantakan dalam menyusun kalimat, sedangkan anak yang sering diajak diskusi akan lebih unggul dalam berbicara dan dapat menyampaikan isi pikirannya dengan baik saat berkomunikasi dengan orang lain. 

5. Meningkatkan kedewasaan berpikirnya

5 Manfaat Ajak Anak Diskusi, Mengasah Pola Pikirnya!ilustrasi bicara (pexels.com/SHVETS production)

Manfaatnya yang kelima ialah sering berdiskusi dengan orangtua dapat meningkatkan kedewasaan berpikirnya. Tentu saja hal ini terjadi ketika dia sering diajak bicara dengan orang dewasa, yang mana pola pikirnya akan terpengaruh dan ikut menjadi dewasa juga. 

Namun hal ini tergantung pada baik atau tidaknya pemikiran orang dewasa yang mengajaknya berdiskusi. Dengan kata lain jika ingin menerapkannya pada anak maka orangtua harus belajar dan terus mengasah pemikirannya agar selalu bijak dan sesuai dengan zaman anak. 

Deretan manfaat ajak anak diskusi tadi bakal kamu rasakan ketika sering ngajak ngobrol mereka, ya. Perlu diketahui, membentak atau berteriak bukanlah salah satu dari golongan mengajak diskusi. Gunakan cara bijak ketika hendak mengajak anak diskusi agar tidak menimbulkan trauma, ya.

Baca Juga: 5 sebab Orang Menutup Ruang Diskusi, Menutupi Sesuatu?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya