Comscore Tracker

5 Manfaat Orangtua Dekat dengan Anak Selayaknya Sahabat

Hubungan dengan anak jadi erat dan penuh keterbukaan

Ada banyak banget manfaatnya dalam parenting kalau orangtua dan anak bisa sangat dekat seperti sahabat. Mulai dari hubungan yang dipenuhi keterbukaan, contoh baik untuk orang sekitar, hingga menjadi teman untuk menghadapi semua permasalahan keluarga bersama-sama. Pembahasan lebih jelasnya bisa simak lima manfaatnya di bawah ini. 

1. Bisa saling jadi teman curhat

5 Manfaat Orangtua Dekat dengan Anak Selayaknya Sahabatilustrasi bicara (pexels.com/Julia M Cameron)

Manfaatnya yang pertama ialah baik orangtua maupun anak bisa saling jadi teman curhat. Karena kalau hubungan antara orangtua dan anak sudah sangat dekat selayaknya sahabat tentu segala hal jadi bisa dibahas bersama. 

Orangtua menjadikan sang anak teman curhat tentang pekerjaannya atau pengalaman hidupnya, sedangkan sang anak juga begitu, curhat mengenai apa yang terjadi di sekolah atau apa yang dilakukan teman-temannya. Jadinya saling mengerti kehidupan masing-masing. 

2. Hubungan gak merenggang terutama saat anak remaja dan beranjak dewasa

5 Manfaat Orangtua Dekat dengan Anak Selayaknya Sahabatilustrasi keluarga (pexels.com/Nicole Michalou)

Banyak terjadi di dalam keluarga bahwa hubungan merenggang ketika anak memasuki masa remaja dan beranjak dewasa. Hal itu dikarenakan pada fase itu anak mengalami pubertas, yang mana ada banyak perubahan di dalam dirinya dan ia juga mulai memahami kehidupannya. 

Nah, manfaatnya dalam parenting kalau dekat dengan anak selayaknya sahabat ialah jadi bisa terhindar dari kerenggangan ini. Meskipun anak memasuki masa remaja, hubungan malah makin erat karena orangtua dapat menyesuaikan diri dan bersikap seperti sahabat yang menemani prosesnya saat beranjak dewasa. 

Baca Juga: 5 Cara Merekatkan Hubungan antara Orangtua dan Anak yang sudah Remaja

3. Orangtua jadi lebih tahu dunia anak karena dia mau terbuka

5 Manfaat Orangtua Dekat dengan Anak Selayaknya Sahabatilustrasi anak (pexels.com/Angela Roma)

Manfaatnya yang ketiga kalau bisa dekat dengan anak selayaknya sahabat ialah orangtua jadi lebih tahu tentang dunia anak karena dia mau terbuka. Karena sikap orangtua yang santai membuat anak jadi gak takut untuk menceritakan banyak hal tentang apa-apa saja yang dialami. 

Itulah kenapa hal ini bagus banget untuk parenting, karena kalau orangtua paham dengan dunia anak, menasihati dan mengarahkannya ke hal yang positif pun jadi lebih mudah. Di sisi lain anak juga tidak merasa diatur dan lebih terbuka untuk menerima masukan dan saran dari orangtuanya. 

4. Parenting yang asyik dan jadi contoh baik untuk banyak orang

5 Manfaat Orangtua Dekat dengan Anak Selayaknya Sahabatilustrasi keluarga (pexels.com/RODNAE Productions)

Manfaat lainnya dari kedekatan dengan anak yang seperti sahabat ialah bisa menjadi inspirasi orang lain dalam mengasuh anaknya. Karena bagaimana caramu dalam mendidik dan membesarkan anak pasti diperhatikan oleh orang sekitar. 

Dan tanpa sadar, parenting sehat yang kamu lakukan membawa pengaruh positif untuk orang lain. Yang mana dengan dekat seperti sahabat membuat hubungan di dalam keluarga jadi harmonis dan hangat. Orang-orang yang melihatnya pun jadi ikutan senang. 

5. Jadi teman seperjuangan dalam menghadapi masalah keluarga bersama-sama

5 Manfaat Orangtua Dekat dengan Anak Selayaknya Sahabatilustrasi keluarga (pexels.com/Vlada Karpovich)

Cara parenting seperti ini sebenarnya baik untuk semua pihak, baik itu orangtua maupun anak. Yang mana dengan kedekatan yang begitu erat jadi bisa saling menguatkan dan menemani dalam menghadapi segala masalah hidup. 

Sebagaimana orangtua yang merawat dan menemani tumbuh kembang anak, sang anak pun juga tak akan meninggalkan orangtuanya ketika dalam kesulitan. Setia menemani dan menjadi sumber kekuatan orangtua untuk bisa melewati masalah bersama. Dan inilah sebenarnya poin utama dalam hubungan orangtua dan anak. 

Hubungan jadi harmonis dan sama-sama saling memahami, parenting bagus banget! Orangtua yang dekat dengan anak umumnya membuat anak merasa percaya dan aman, sebagai orangtua gak perlu khawatir menaruh kepercayaan pada anak.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Orangtua yang Mendorong Anak Menjauh, Bikin Gak Nyaman

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya