Comscore Tracker

5 Manfaat Positifnya Jika Memuji Anak saat Dia Berani Mencoba Sesuatu

Agar dia jadi lebih percaya diri, ya!

Sebagai orangtua kita memang harus menggunakan cara-cara pengasuhan yang tepat agar anak berkembang dengan baik terutama mental dan pribadinya. Makanya sangat penting bagi orangtua untuk melakukan hal-hal yang bisa membentuk karakter baik dan berdampak positif.

Salah satunya ialah dengan memberi pujian ketika dia mencoba sesuatu. Lima manfaat di antaranya ada dalam pembahasan di bawah ini lho, yuk simak!

1. Meningkatkan rasa percaya dirinya

5 Manfaat Positifnya Jika Memuji Anak saat Dia Berani Mencoba SesuatuPexels.com/Cottonbro

Sebagai orangtua rasanya sangat penting bagimu untuk mengetahui bahwa dengan memuji anak ketika dia berani mencoba sesuatu akan membuat rasa percaya dirinya meningkat. Sebab ada banyak sekali anak yang takut mencoba dan memulai sesuatu ketika dewasa karena sejak kecil tidak didukung orangtuanya.

2. Dia jadi gak takut untuk mencoba dan memulai sesuatu

5 Manfaat Positifnya Jika Memuji Anak saat Dia Berani Mencoba SesuatuPexels.com/Gustavo Fring

Selain meningkatkan rasa percaya diri anak, memberi pujian saat dia berani mencoba sesuatu juga akan membuatnya gak takut untuk mencoba dan memulai sesuatu di masa depan. Kalau sudah terbiasa berani sejak kecil, ketika besar nanti dia jadi tidak bergantung pada orangtua dan bermental kuat dalam melakukan hal-hal demi kesuksesannya sendiri.

3. Merasa benar-benar didukung olehmu

5 Manfaat Positifnya Jika Memuji Anak saat Dia Berani Mencoba SesuatuPexels.com/August de Richelieu

Lalu manfaat positifnya yang ketiga ialah dia jadi merasa benar-benar didukung olehmu. Karena kamu memujinya ketika ia berani melakukan sesuatu, bukan mengecilkan semangatnya dengan menakut-nakuti jika ia gagal. Bisa dibilang cara ini adalah bagian dari pengasuhan yang suportif.

Baca Juga: 6 Cara Orangtua Millennials Mengajarkan Anak Pentingnya Berhemat

4. Membuatnya terbiasa untuk belajar hal-hal baru yang positif

5 Manfaat Positifnya Jika Memuji Anak saat Dia Berani Mencoba SesuatuPexels.com/Victoria Borodinova

Dengan menerima pujian dan dukungan langsung darimu sebagai orangtuanya, tentu membuatnya terbiasa dengan tantangan diri untuk mempelajari hal-hal baru yang positif. Karena kamu tidak melarangnya, dia jadi baik-baik saja jika keluar dari zona nyaman dan berkembang sesuai keinginannya sendiri.

5. Tidak merasa jalan hidupnya ditentukan oleh orangtua

5 Manfaat Positifnya Jika Memuji Anak saat Dia Berani Mencoba SesuatuPexels.com/Elly Fairytale

Segala perintah dan didikan dari orangtua didasari dengan maksud demi kebaikan anak, akan tetapi jika terlalu berlebihan malah bisa membuatnya merasa diatur. Maka dari itu manfaat positif dari memberinya pujian atas keberanian mencoba sesuatu ialah agar dia tidak merasa hidupnya diatur oleh orangtua. Sebab dia bebas melakukan apapun dan ada orangtua yang akan selalu mendukungnya.

Jika ingin menjadi orangtua yang baik memang harus dengan cara pengasuhan yang tepat, salah satunya adalah dengan memberinya pujian saat berani melakukan sesuatu yang berdampak sangat positif untuknya.

Baca Juga: 7 Sifat pada Anak-anak yang Perlu Kita Bawa Sampai Dewasa 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya