Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjadi Sahabat Anak Ketika Remaja

Sebab anak perlu dibimbing dengan tepat ketika remaja

Bisa dibilang bahwa masa remaja adalah masa emas bagi perkembangan mental dan psikologi anak, maka dari itu peran orangtua untuk tetap mendampingi sangatlah penting. Salah satu caranya adalah dengan menjadi sosok bagi anak. Yuk, simak lima alasan mengapa itu penting dilakukan di bawah ini.

1. Agar tahu cara tepat menjaganya tanpa mengekang

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjadi Sahabat Anak Ketika Remajapexels.com/lucas dutra

Ketika anak memasuki usia remaja maka ia akan mengalami pubertas, yang mana ada perubahan hormon yang juga sangat mempengaruhi emosionalnya. Nah, pentingnya menjadi sahabat dengan anak adalah kamu jadi tahu bagaimana cara yang tepat untuk menjaganya. Tidak membuat anak tertekan apalagi merasa terkekang.

2. Mengetahui perkembangan mentalnya dengan baik

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjadi Sahabat Anak Ketika RemajaPexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Dengan pola asuhan yang salah, hubungan anak dan orang tua dapat menjauh ketika mereka remaja. Untuk menghindari hal itu kamu tentu perlu menjadi sosok yang benar-benar membuat mereka nyaman, bukan? Makanya sangat penting untuk menjadi layaknya sahabat bagi anak supaya kamu juga tahu bagaimana perkembangan mental mereka. 

Baca Juga: Ini Manfaat Menceritakan Buku Dongeng Bagi Perkembangan Anak

3. Anak tidak mencari kenyamanan pada orang lain

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjadi Sahabat Anak Ketika RemajaPexels.com/Ana Francisconi

Kamu sebagai orang tua perlu tahu bahwa alasan kenapa anak lebih suka keluar rumah bersama teman atau pacar dibanding di rumah bersama orang tua adalah karena anak mencari kenyamanan yang mereka inginkan pada orang lain.

Nah, dengan menjadi orang tua sekaligus sahabat mereka, kamu bisa meminimalkan terjadinya hal itu. Anak tidak akan bersama orang yang salah dan kamu jadi lebih mengerti karakter anak.

4. Anak lebih nyaman curhat dan orangtua lebih mudah memberi nasihat

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjadi Sahabat Anak Ketika RemajaPexels.com/Mael Balland

Tanda bahwa sosok orang tua sudah di level sahabat bagi anak ialah ketika anak nyaman dan suka curhat pada figur orangtuanya. Bukankah ini sangat penting? Anak bisa dengan mudah mengungkapkan keresahan atau masalah yang tengah mereka alami, dan kamu pun bisa lebih mudah dalam memberi nasihat yang tepat.

5. Dapat menjauhkan anak dari pergaulan yang salah

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjadi Sahabat Anak Ketika RemajaPexels.com/Min An

Ketika masih kecil anak hanya mengerti bahwa mereka berteman untuk bisa bermain bersama, namun ketika remaja mereka akan mulai mengenal apa itu persahabatan. Lalu tugas orangtua adalah memastikan bahwa anak tidak masuk ke dalam pergaulan yang salah.

Sebab, bisa mempengaruhi pribadi dan karakternya hingga dewasa nanti, maka dari itu tidak dapat dimungkiri bahwa cara paling mudah untuk melakukannya adalah menjadi sosok sahabat bagi anak. Agar kamu dapat memberi pengertian dan pemahaman yang benar pada anak tentang pergaulan.

Itulah beberapa alasan tentang pentingnya orang tua menjadi sahabat anak ketika remaja. 

Baca Juga: 5 Hal yang Akan dirindukan dari Orangtua Setelah Mereka Tiada

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya