Comscore Tracker

Selain Takut Gagal, Ini 5 Penyebab Anak Sering Ragu Mencoba Hal Baru

Anak sering pesimis bahkan sebelum benar-benar mencoba

Anak-anak biasanya sangat energik dan lebih berani dalam melakukan berbagai hal tanpa banyak pertimbangan, namun tidak semua anak begitu, bukan? Jika kamu pernah bertanya-tanya apa penyebab anakmu sering takut dan ragu-ragu mencoba hal baru, maka simaklah pembahasan kali ini.

Lima alasan di bawah akan menjelaskan mengapa anak sering ragu dalam mencoba. 

1. Terjebak zona nyaman

Selain Takut Gagal, Ini 5 Penyebab Anak Sering Ragu Mencoba Hal BaruPexels.com/Andrea Piacquadio

Alasan pertama mengapa anak ragu untuk mencoba hal baru ialah mungkin dia sudah terlanjur terjebak dalam zona nyaman. Bahwa ia tidak perlu berusaha keras demi mendapatkan sesuatu karena akan langsung diberi orangtuanya, jadi dia sudah sangat nyaman dengan keadaannya.

2. Penuh dengan pikiran pesimis

Selain Takut Gagal, Ini 5 Penyebab Anak Sering Ragu Mencoba Hal BaruPexels.com/Andrea Piacquadio

Alasan lainnya adalah mungkin isi pikirannya penuh dengan pikiran pesimis. Berpikir bahwa ia tidak akan bisa melakukannya, pasti bakal gagal walaupun mencoba, atau hal-hal lainnya yang menurunkan semangatnya sendiri sebelum mencoba berjuang.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Kita Lewatkan Jika Terus Takut Mencoba Hal Baru

3. Tak pernah dapat dukungan dari keluarga

Selain Takut Gagal, Ini 5 Penyebab Anak Sering Ragu Mencoba Hal BaruPixabay.com/Free Photos

Ketiga, wajar bila seorang anak sering ragu-ragu dalam mencoba hal baru kalau sejak kecil ia tidak mendapat dukungan sedikit pun dari keluarga. Hal itu berpengaruh besar dalam membentuk mentalnya jadi gampang takut untuk mencoba.

4. Tidak yakin dengan kemampuan sendiri

Selain Takut Gagal, Ini 5 Penyebab Anak Sering Ragu Mencoba Hal BaruPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian alasan lainnya yang bikin anak ragu untuk mencoba ialah ia sendiri tidak yakin dengan kemampuannya bahwa ia bisa melakukannya. Anak yang seperti ini sebenarnya hanya perlu diberi motivasi dan semangat untuk jadi lebih berani.

5. Berkali-kali merasakan kegagalan

Selain Takut Gagal, Ini 5 Penyebab Anak Sering Ragu Mencoba Hal BaruPexels.com/Cottonbro

Terakhir, dia mungkin sudah berkali-kali mendapatkan kegagalan makanya jadi ragu untuk melangkah dan mencoba hal baru. Satu atau dua kali gagal mungkin dia masih bisa menanganinya, namun kekuatan mental anak tidak sekuat orang dewasa dalam menyikapi kegagalan yang berkali-kali.

Keraguan dan takutnya seorang anak untuk gagal pasti ada sebabnya, dan tugasmu ialah mendukung serta meyakinkannya untuk bisa. 

Baca Juga: Trik Ampuh Atasi Rasa Takutmu untuk Mencoba Hal Baru

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya