Comscore Tracker

5 Macam Sisi Hidup Orangtua yang Patut Kamu Jadikan Pembelajaran Diri

Melalui kisah orangtua kamu pun bisa banyak belajar

Sebagai manusia yang perlu untuk terus berkembang tentunya kita perlu mengambil banyak pelajaran sedini mungkin dari orang sekitar, terutama orangtua. Dibandingkan denganmu yang masih muda tentunya mereka sebagai orangtua telah memiliki banyak pengalaman, serta menghadapi berbagai kesulitan di masa lalu yang bisa kamu jadikan pembelajaran diri sendiri.

Maka dari itu pada pembahasan di bawah ini, kita akan membahas lima macam sisi hidup orangtua yang patut kamu jadikan pembelajaran diri. Yuk simak untuk lebih jelasnya!

1. Bagaimana sewaktu masa sekolah dulu

5 Macam Sisi Hidup Orangtua yang Patut Kamu Jadikan Pembelajaran DiriPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu bisa ambil pembelajaran diri dari menanyakan pada orangtua tentang bagaimana saat masa sekolah mereka dulu. Karena pastinya  baik ibu atau ayahmu punya pengalaman masa sekolah yang berbeda, entah itu dari segi prestasi atau kesulitan saat berjuang untuk tetap bisa bersekolah dulu. Nah, dari cerita sisi hidupnya yang itu bisa kamu jadikan pembelajaran sendiri.

2. Cara orangtuamu survive saat menghadapi masa sulit

5 Macam Sisi Hidup Orangtua yang Patut Kamu Jadikan Pembelajaran DiriPexels.com/Cottonbro

Lalu sisi hidup kedua orangtua yang patut kamu jadikan pembelajaran diri ialah cara mereka untuk bisa survive saat menghadapi masa sulit. Hidup seseorang pasti tak selalu mulus, ada susah senang dan jatuh bangunnya. Nah, dengan belajar dari bagaimana mereka bangkit dan berjuang untuk survive dulu, bisa kamu jadikan referensi jika suatu saat dihadapkan dengan situasi yang sama.

Baca Juga: 5 Etika Mengingatkan Kesalahan Orangtua, Pokoknya Jangan Digurui Ya! 

3. Kerasnya dunia kerja yang mereka hadapi

5 Macam Sisi Hidup Orangtua yang Patut Kamu Jadikan Pembelajaran DiriPexels.com/Fauxels

Ketiga, sisi lainnya dari hidup orangtua yang juga patut kamu jadikan pembelajaran diri ialah tentang kerasnya dunia kerja yang mereka hadapi. Jika kamu baru merasakannya saat dewasa, maka orangtuamu sudah mengalami pahit manisnya dunia kerja selama berpuluh tahun lamanya.

Hal ini sangat berguna jika kamu memasuki dunia kerja yang sama kerasnya seperti mereka, atau paling tidak untuk menambah wawasanmu agar tidak jatuh dalam karier.

4. Perjalanannya dalam mengejar mimpi

5 Macam Sisi Hidup Orangtua yang Patut Kamu Jadikan Pembelajaran DiriPexels.com/Askar Abayev

Lalu sisi hidup orangtua yang keempat ialah perjalanannya dalam mengejar mimpi. Beruntungnya kamu jika memiliki orangtua yang mampu meraih cita-citanya, karena dari perjuangannya dalam meraih mimpi itu kamu bisa mendapat banyak motivasi diri supaya tidak pantang menyerah.

Akan tetapi kalau orangtuamu tidak berhasil meraih cita-citanya juga tidak apa-apa, kamu tetap bisa belajar dari perjalanan juang mereka.

5. Masa-masa susah dan senangnya dalam berumah tangga

5 Macam Sisi Hidup Orangtua yang Patut Kamu Jadikan Pembelajaran DiriPexels.com/Cottonbro

Sisi hidup orangtua kelima yang patut kamu jadikan pembelajaran diri ialah masa-masa susah dan senangnya dalam berumah tangga. Mulai dari masalah yang dihadapi kedua orangtuamu, cara mereka saling menguatkan, serta membangun ikatan suami istri yang kuat hingga mampu membesarkanmu hingga dewasa. Hal ini bisa kamu jadikan bekal jika menikah nanti, sehingga tidak mudah menyerah dan memutuskan cerai begitu saja jika ada masalah.

Kamu gak boleh sepele sama kisah hidup orangtuamu, karena ada banyak pengalaman yang bisa dijadikan pembelajaran. Seperti pada pembahasan di atas tadi.

Baca Juga: Cek 5 Kesiapanmu Menjalani Peran Sebagai Orangtua, Berapa Poinmu?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya