Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Anak Takut untuk Terbuka pada Orangtuanya

Anak cenderung takut dengan respon negatif orangtua 

Semakin bertambahnya usia anak biasanya ia juga akan semakin paham dengan berbagai emosi dan perasaan, entah itu marah, senang, sedih, kecewa, bahkan perasaan takut akan sesuatu. Nah cara anak menghadapi orang dewasa di sekitarnya pun juga akan berubah, dan tak sedikit orangtua akan mengeluh bahwa anaknya berubah menjadi pendiam dan sulit untuk terbuka.

Hal itu biasanya disebabkan oleh rasa takut anak yang menyebabkannya ragu untuk terbuka dengan orangtuanya. Lima hal di antaranya akan kita bahas di bawah ini jadi simak baik-baik, ya!

1. Mendapat respon negatif 

5 Hal yang Membuat Anak Takut untuk Terbuka pada OrangtuanyaPexels.com/Cottonbro

Hal pertama yang membuat anak takut untuk terbuka dengan orangtuanya adalah karena ia berpikir akan mendapat respons negatif. Mungkin ia berpikir bahwa jika terbuka tentang sesuatu maka ia akan dimarahi, ini mungkin juga dipengaruhi oleh kepribadian orangtuanya yang gampang emosi.

2. Tidak diberi pengertian tapi justru malah dimarahi 

5 Hal yang Membuat Anak Takut untuk Terbuka pada OrangtuanyaPexels.com/Kaboompics.com

Saat anak menceritakan sesuatu dan terbuka padamu, hal yang ia butuhkan sebenarnya adalah pengertian. Ia hanya ingin dimengerti dan merasa nyaman akan itu, namun tak semua orangtua memahami hal ini dan sebagian besar justru langsung marah tanpa mau mengerti posisi anaknya terlebih dahulu. Makanya dia pun jadi takut untuk terbuka di lain waktu.

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Harus Menghentikan Kebiasaan Mengeluh di Depan Anak

3. Gak mau membuat orangtua khawatir 

5 Hal yang Membuat Anak Takut untuk Terbuka pada OrangtuanyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Semakin tumbuh dewasa maka anak juga semakin peka dan paham dengan perasaan orang sekitar, termasuk tentang perasaan orangtuanya. Dan tak sedikit anak memilih untuk memendam banyak hal sendirian karena takut malah membuat orangtuanya khawatir jika diberi tahu.

4. Takut tidak sesuai dengan prinsip orangtua 

5 Hal yang Membuat Anak Takut untuk Terbuka pada OrangtuanyaPexels.com/Polina Zimmerman

Lalu hal lainnya yang juga menjadi penyebab anak sulit terbuka adalah karena ia takut bahwa apa yang ia alami dan percayai justru tidak sesuai dengan prinsip orangtua. Karena tumbuh di zaman yang berbeda, tak sedikit lho anak memiliki keyakinan yang berbeda dengan orangtuanya. Makanya anak pun jadi berpikir bahwa orangtuanya pun mungkin tak akan bisa mengerti perasaannya meskipun ia terbuka.

5. Tidak ingin mengecewakan 

5 Hal yang Membuat Anak Takut untuk Terbuka pada OrangtuanyaPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Semua orang punya ekspektasi dan harapan tertentu pada anaknya, dan kebanyakan anak takut untuk terbuka karena ia tidak mau sampai mengecewakan. Entah itu perihal kesalahan yang ia perbuat, atau masalah yang tengah dihadapinya, intinya ia tidak ingin mematahkan ekspektasi orangtua padanya.

Ada banyak penyebab lainnya mengapa anak takut dan sulit terbuka dengan orangtuanya, intinya buatlah ia nyaman hingga tidak merasa takut lagi untuk terbuka, ya.

Baca Juga: 6 Cara Meringankan Beban Stres Anak saat Belajar, Orangtua Wajib Tahu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya