Comscore Tracker

Salah Asuh, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Kelewatan Memanjakan Anak

Karena anak yang terlalu dimanja bakal nakal & susah diatur

Kamu pasti pernah kendengar perkataan orang-orang bahwa menjadi orangtua itu tidak mudah. Hal itu sangat benar karena selain haru memenuhi kebutuhan anak secara materi, orangtua juga harus mengasuh anaknya dengan benar.

Sebab salah asuh seperti terlalu memanjakan anak akan berdampak buruk untuk dirinya. Perihal terlalu memanjakan anak, lima tanda yang akan menunjukkannya ada di pembahas berikut ini. Simak baik-baik ya!

1. Anak susah diatur

Salah Asuh, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Kelewatan Memanjakan AnakPexels.com/Cottonbro

Anak tumbuh menjadi susah diatur adalah tanda bahwa kamu salah mengasuh anak dengan terlalu memanjakannya. Dia jadi merasa bahwa dirinya memiliki segalanya hingga bisa berbuat sesuka hati, perlakuan orangtua yang memanjakannya juga bikin anak jadi gak takut untuk berubah nakal. 

2. Manjanya sudah keterlaluan

Salah Asuh, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Kelewatan Memanjakan AnakPexels.com/Ketut Subiyanto

Jika anak tumbuh menjadi seseorang sangat manja pada orangtuanya maka itu tanda kalau kamu sudah terlalu memanjakannya selama ini. Menyayangi anak dengan memenuhi keinginannya dan membuatnya senang memang bagus, tapi pikirkan juga dampaknya di masa depan dan juga pengaruh ke mentalnya.

Baca Juga: Mengenal Keunggulan Pola Asuh Demokratis oleh Orangtua Millennials

3. Menangis jika tidak melihat orangtuanya

Salah Asuh, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Kelewatan Memanjakan AnakPexels.com/Ba Phi

Kamu juga bisa dibilang terlalu memanjakan anak jika dia mudah sekali menangis ketika tidak melihat keberadaan orangtuanya. Anak jadi sangat lengket dengan orangtua dan tak mau lepas sedetik pun. Bukankah susah jadinya jika ia bersekolah atau bekerja ketika dewasa?

4. Terlalu bergantung dan gak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri

Salah Asuh, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Kelewatan Memanjakan AnakPexels.com/Cottonbro

Kalau anakmu selalu saja mengadu dan memintamu untuk membantunya menyelesaikan masalah maka itu tandanya kamu sudah kelewat batas dalam memanjakan. Hal ini bukan bentuk dari rasa sayang lagi, karena ia jadi anak yang akan menyusahkanmu hingga tua nanti. Bahkan tidak bisa balik membantumu ketika kamu kesulitan.

5. Tidak bisa mengurus dirinya sendiri dan tidak punya keahlian apa-apa

Salah Asuh, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Kelewatan Memanjakan AnakPexels.com/Andrea Piacquadio

Tanda yang terakhir ini bisa juga dibilang sebagai dampak buruk, bahwa anak yang terlalu dimanjakan oleh orangtuanya akan menjadi seseorang yang tidak bisa mengurus diri sendiri bahkan gak punya keahlian apapun. Hidupnya bakal berantakan kalau tidak diurusi, manjanya keterlaluan kan?

Semua orangtua tentu memiliki cara tersendiri dalam menunjukkan sayangnya pada anak, namun bukan berarti baik-baik saja jika terlalu memanjakan ya. Lima tanda di atas pun akan membantumu untuk melihat apakah kamu salah mengasuh anak atau tidak.

Baca Juga: 5 Sikap Orangtua yang Bisa Membuat Anak Kehilangan Rasa Percaya Diri

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya