Comscore Tracker

Terkesan Keras, 5 Sikap Ini Justru Bukti Cinta Seorang Ayah, lho

Kasih sayang seorang ayah yang disampaikan secara tersirat

Di dalam sebuah keluarga, seorang ayah bertugas sebagai pemimpin keluarga, dan rata-rata dianggap paling tegas dan ketat. Apalagi jika dibandingkan dengan seorang ibu yang cenderung lebih mudah mengekspresikan perasaannya pada anak, seorang ayah melakukannya secara tersirat dari sikap-sikapnya.

Namun tak jarang malah tidak dimengerti oleh anak dan menimbulkan salah paham, maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa sikap yang merupakan bukti cinta seorang ayah pada anaknya. Yuk simak lima di antaranya berikut ini!

1. Melarang bepergian jauh sendirian, terutama di malam hari

Terkesan Keras, 5 Sikap Ini Justru Bukti Cinta Seorang Ayah, lhoPexels.com/Joao Jesus

Sikap seorang ayah yang terkesan tegas tapi justru merupakan bukti cintanya pada anak ialah, melarang sang anak bepergian jauh sendirian terutama di malam hari. Semua ayah tentunya senang jika anaknya mandiri dan bisa bepergian sendiri, namun agak sulit untuk mengijinkan ketika malam karena banyaknya perilaku kejahatan yang terjadi di malam hari. Jadi larangannya itu sebenarnya didasari rasa khawatirnya, dan demi keselamatan sang anak.

2. Keras kepala untuk mengantar dan menjemput pulang anaknya saat sekolah

Terkesan Keras, 5 Sikap Ini Justru Bukti Cinta Seorang Ayah, lhoPexels.com/Cottonbro

Lalu, seorang ayah yang keras kepala untuk mengantar dan menjemput anaknya saat sekolah memang terkesan ketat, tapi justru di situlah letak cintanya sebagai ayah. Yang mana dirinya ingin melakukan yang terbaik untuk masa sekolah anak meski harus mengejar waktu agar tidak terlambat bekerja. Tapi tentu saja tidak semua sosok ayah melakukan ini, sebab masing-masing orang pastinya punya cara berbeda.

3. Bersikap ketat pada pasangan sang anak

Terkesan Keras, 5 Sikap Ini Justru Bukti Cinta Seorang Ayah, lhoPexels.com/Cottonbro

Memasuki masa remaja dan mengalami pubertas, bagi seorang ayah adalah masa dimana ia harus siap jika sang anak menyukai seseorang dan memiliki pasangan yang ia cintai. Biasanya, seorang ayah akan lebih ketat pada pacar anaknya, dan hal inu dilakukan semata-mata sebagai ujian apakah orang itu baik untuk anaknya. Bahkan tak jarang seorang ayah melakukan ini sampai anaknya dewasa dan mencari pasangan hidup.

Baca Juga: 5 Alasan Peran Ayah Penting Terlibat Pengasuhan, Jadilah Ayah Idaman!

4. Tegas dalam mendisiplinkan dan mengajarkan attitude

Terkesan Keras, 5 Sikap Ini Justru Bukti Cinta Seorang Ayah, lhoPexels.com/August De Richelieu

Sikap terkesan keras lainnya yang justru merupakan bukti cinta seorang ayah pada anaknya ialah, ketika ia dengan tegas mendisiplinkan serta mengajarkan attitude pada anak. Mungkin caranya tak selembut seorang ibu dalam mendidik anak, namun tujuannya sama yaitu agar anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik. Kalau dia tidak cinta pada anaknya tentu ia akan acuh mengenai hal ini.

5. Tidak langsung menyetujui anak hidup mengikuti passion

Terkesan Keras, 5 Sikap Ini Justru Bukti Cinta Seorang Ayah, lhoPexels.com/Tima Miroshnichenko

Terakhir, sikap seorang ayah yang tak langsung menyetujui sang anak untuk hidup mengikuti passionnya juga merupakan salah satu bentuk cinta yang tersirat. Mungkin terkesan keras pada anak, namun percayalah bahwa hal itu dilakukan karena seorang ayah tak mau anaknya salah memilih jalan. Yang penting sang anak bisa membuktikan dirinya bahwa ia bahagia dengan memilih hidup mengikuti passionnya, maka seorang ayah pun bisa dengan tenang memberi restu.

Seorang ayah memang gak blak-blakan menunjukkan cintanya, namun kasih sayangnya selalu ada dalam setiap sikapnya dan tersampaikan dengan tersirat. Benar?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Indonesia tentang Ayah dan Anak, Bikin Mewek!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya