Comscore Tracker

5 Hal yang Tidak Etis Kamu Lakukan pada Saudara yang Telah Menikah

Ada batasan tertentu yang mesti lebih kamu perhatikan

Ketika saudara kita menikah tentu rasanya sangat membahagiakan, namun ada satu hal yang harus kamu pahami, bahwa dengan menikahnya saudara maka ada batasan tertentu yang mulai berlaku pula.

Sebab jika kamu melewati batasan itu, apa yang kamu lakukan justru dinilai kurang etis. Maka dari itu yuk simak lima hal tidak etis yang pantang kamu lakukan pada saudara yang telah menikah di bawah ini.

1. Menempati kamarnya

5 Hal yang Tidak Etis Kamu Lakukan pada Saudara yang Telah MenikahPexels.com/Bruce Mars

Kamar adalah ruangan yang sangat privasi terutama bagi seseorang yang telah menikah, begitu juga dengan saudaramu. Maka dari itu rasanya tidak etis jika kamu menempati atau masuk sesuka hati kamarnya. Kecuali jika dia yang memang menyuruhmu untuk tidak perlu sungkan.

2. Menempel padanya

5 Hal yang Tidak Etis Kamu Lakukan pada Saudara yang Telah MenikahPixabay.com/Pexels.com

Lalu hal lainnya yang tidak etis jika dilakukan pada saudara yang telah menikah adalah kontak fisik yang terlalu dekat atau menempel kepadanya. Meskipun kamu dan dia mungkin saudara kandung, namun jika sudah dewasa batasan itu harus kamu jaga. Apalagi jika ia telah menikah.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Dekat dengan Saudara Meski Sudah Menikah

3. Memeriksa barang pribadinya

5 Hal yang Tidak Etis Kamu Lakukan pada Saudara yang Telah MenikahPexels.com/fauxels

Kemudian, memeriksa barang pribadinya juga terbilang tidak etis. Entah itu barang seperti gadget, atau juga barang lainnya yang tergolong privasi. Karena meskipun itu milik saudaramu namun dia kini hidup dengan pasangannya dan itu sama sekali tidak sopan.

4. Ikut campur masalah rumah tangga

5 Hal yang Tidak Etis Kamu Lakukan pada Saudara yang Telah MenikahPixabay.com/Free Photos

Konflik atau adanya masalah di dalam hubungan adalah suatu hal yang wajar, namun sama sekali tidak wajar jika kamu ikut campur masalah rumah tangga saudaramu. Selain karena pernikahan adalah kesempatannya untuk belajar dewasa, ikut campur ke dalam masalahnya sama sekali tidak bisa dimaklumi. Sebab itu adalah masalahnya dan bukan urusanmu untuk ikut meributkan hal itu.

5. Manja berlebihan

5 Hal yang Tidak Etis Kamu Lakukan pada Saudara yang Telah MenikahPexels.com/Gui Vergouwen

Bersikap manja secara berlebihan juga dinilai tidak etis jika kamu lakukan pada saudara yang telah menikah. Mungkin sewaktu masih lajang kamu adalah prioritasnya, namun kalau sudah menikah mana akan berbeda. Ada pasangan dan keluarga sendiri yang harus ia prioritaskan daripada kamu. Bersikaplah dewasa dalam bersikap, ya.

Itulah beberapa hal yang tidak etis jika kamu lakukan pada saudara yang telah menikah. Intinya mau kepada siapa pun itu, selalu ingat batasan dalam bersikap, ya.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Hubungan Saudara Ipar Agar Makin Erat dan Harmonis

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya