Comscore Tracker

Family Goals, Jaga Baik-baik 5 Keharmonisan Ini dalam Keluargamu

Karena meskipun sederhana namun sangat berharga

Memiliki hubungan keluarga yang harmornis merupakan impian hampir semua orang, bahkan tanpa disadari kita sering iri dengan keakraban yang terjalin di dalam keluarga orang lain. Tapi sebelum iri begitu, ada baiknya kamu bercermin dulu, karena bisa jadi kamu sudah memilikinya di dalam keluargamu yang menunjukkan family goals.

Hal itu bisa dilihat dari berbagai bentuk keharmonisan di dalam keluargamu, yang meskipun sederhana namun sangatlah berharga dan mesti kamu jaga baik-baik. Lalu keharmonisan yang seperti apa sajakah itu? Simak lima di antaranya di bawah ini! 

1. Adanya toleransi untuk perbedaan yang dimiliki setiap anggota keluarga

Family Goals, Jaga Baik-baik 5 Keharmonisan Ini dalam Keluargamuilustrasi keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Keharmonisan dalam keluarga pertama yang mesti kamu jaga baik-baik ialah toleransi terhadap perbedaan antara satu sama lain dari setiap anggota keluarga. Bahkan tanpa perlu iri dengan keluarga orang, keluargamu sendiri sudah sangat family goals, lho.

Apalagi jika anggota keluargamu ada banyak dan bisa menerapkan toleransi dengan baik, entah itu kepada yang lebih tua atau muda, kepada yang perempuan atau laki-laki. Sebab, tanpa adanya toleransi maka hubungan keluarga pun menjadi tidak nyaman. 

2. Saling mengingatkan dengan cara yang baik

Family Goals, Jaga Baik-baik 5 Keharmonisan Ini dalam Keluargamuilustrasi bicara (pexels.com/SHVETS Production)

Keharmonisan lainnya yang mencerminkan family goals ialah jika di dalam keluarga sudah terbiasa untuk saling mengingatkan dengan cara yang baik. Jika salah satu ada yang melakukan kesalahan, atau mungkin bersikap kurang baik, maka itu sudah tugas satu sama lain untuk saling mengingatkan agar tetap menjadi pribadi yang baik. Hal ini harus dijaga baik-baik bahkan sampai tua nanti supaya selalu bisa saling mengarahkan untuk tetap berada di jalan yang benar.

3. Pengertian dengan sesama saudara untuk saling membantu

Family Goals, Jaga Baik-baik 5 Keharmonisan Ini dalam Keluargamuilustrasi bicara (pexels.com/SHVETS Production)

Pengertian dengan sesama saudara untuk saling membantu juga salah satu keharmonisan yang harus dijaga baik-baik. Karena kalau dengan saudara bisa saling bantu dan rukun maka hubungan keluarga pun menjadi lebih kokoh dan indah.

Family goals banget, ketika sang adik butuh bantuan maka kakaklah yang membantu, begitu juga sebaliknya jika sang kakak yang sedang kesulitan ada adiknya yang mau meringankan dan memberi bantuan. Hubungan keluarga yang indah sekali. 

Baca Juga: 5 Sikap Bijak Menghadapi Pasangan yang Gak Bisa Menerima Keluargamu 

4. Berlomba untuk menunjukkan rasa sayang pada orangtua dan saudara

Family Goals, Jaga Baik-baik 5 Keharmonisan Ini dalam Keluargamuilustrasi keluarga (pexels.com/Cottonbro)

Keempat, jagalah keinginan untuk berlomba dalam menunjukkan rasa sayang di dalam keluarga. Keharmonisan seperti ini memang kelihatannya sederhana tapi sebenarnya sangatlah berharga baik kepada orangtua ataupun sesama saudara. Sebab, dengan saling menunjukkan sayang kepada satu sama lain kamu akan selalu ingat betapa berartinya keluarga. 

5. Menjadi support system untuk perkembangan diri satu sama lain

Family Goals, Jaga Baik-baik 5 Keharmonisan Ini dalam Keluargamuilustrasi berpelukan (pexels.com/Cleyder Duque)

Jika di dalam keluarga sudah terbiasa menjadi support system untuk satu sama lain, hal itu pun juga harus dijaga baik-baik. Karena sebenarnya dibanding mendapat dukungan dari orang lain, dukungan dari keluarga lebih besar pengaruhnya untuk memotivasi diri. Selain itu, kalau hal ini terus dijaga, semua anggota keluarga jadi bisa sama-sama bergerak maju untuk sukses. Sangat mencerminkan family goals yang diimpikan semua orang. 

Jika di dalam keluargamu ada lima bentuk keharmonisan keluarga seperti itu jagalah baik-baik, ya. Karena meskipun sederhana akan tetapi sangat berarti dan positif untuk hidup. Sebab, keluargalah yang memang harus menjadi penguat dan sumber kebahagiaan kita. 

Baca Juga: 5 Alasan Ibu Juga Butuh Me Time, demi Kebaikan Keluarga

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya