Comscore Tracker

5 Tips Tepat Mendekatkan Diri dengan Anak Tiri dan Membuatnya Nyaman

Buatlah dia merasakan ketulusanmu dalam merawatnya 

Ketika menikah dengan seseorang yang sudah memiliki anak salah satu tantangan yang harus dihadapi ialah mendekatkan diri dengan anak tiri dan membuatnya mau untuk menerimamu sebagai orangtuanya. Banyak orang mengeluhkan hal ini dan sulit menaklukkan hati anak tiri, namun sebenarnya gak sesusah itu lho.

Berikut ini kita akan membahas tentang beberapa tips tepat membuat anak tiri merasa nyaman dekat denganmu, simak baik-baik dan cobalah menerapkannya.

1. Tidak terburu-buru mendekatinya 

5 Tips Tepat Mendekatkan Diri dengan Anak Tiri dan Membuatnya NyamanPexels.com/Tatiana Syrikova

Hal terpenting yang harus kamu pahami ketika memiliki anak tiri ialah jangan sampai kamu terburu-buru ingin dekat dengannya. Anak-anak umumnya punya zona nyamannya sendiri, jadi cobalah dekat pelan-pelan dan biarkan dia mengenalimu perlahan hingga mau menerimamu untuk masuk ke zona nyamannya. Intinya jangan sampai bikin dia risi!

2. Memperhatikan apa yang dia sukai dan tidak sukai 

5 Tips Tepat Mendekatkan Diri dengan Anak Tiri dan Membuatnya NyamanPexels.com/Tatiana Syrikova

Lalu penting bagimu untuk memperhatikan hal-hal yang dia sukai dan tidak sukai. Hal ini berguna untuk menjadi modal mendekatkan diri dengannya, misalnya membicarakan tentang apa yang ia suka, atau menghindari agar jangan sampai memberi sesuatu yang dia benci.

Baca Juga: 6 Cara Meringankan Beban Stres Anak saat Belajar, Orangtua Wajib Tahu

3. Jadilah sahabatnya 

5 Tips Tepat Mendekatkan Diri dengan Anak Tiri dan Membuatnya NyamanPexels.com/Ketut Subiyanto

Tips yang ketiga bagi kamu untuk mendekatkan diri dengan anak tiri ialah dengan menjadi seperti sosok sahabat untuknya. Jangan terlalu memposisikan dirimu sebagai sosok orangtua yang harus dihormati dan patuhi, namun buatlah ia mau berteman denganmu dan nyaman berada di dekatmu selayaknya sahabat. Jadi dia mau membuka diri dan tidak takut dengan kamu sebagai orangtua barunya.

4. Tidak melupakan kehadirannya 

5 Tips Tepat Mendekatkan Diri dengan Anak Tiri dan Membuatnya NyamanPexels.com/Mena Fox

Kemudian jangan sampai kamu melupakan kehadirannya. Jangan hanya menikmati waktumu bersama pasangan berdua saja, namun ajaklah anak untuk bergabung dan menghabiskan waktu bersama. Jadi dia bisa benar-benar merasa bahwa kamu adalah orangtuanya.

5. Merawatnya seperti anak kandung 

5 Tips Tepat Mendekatkan Diri dengan Anak Tiri dan Membuatnya NyamanPexels.com/Andrea Piacquadio

Kelima, rawatlah dia seperti selayaknya anak kandung sendiri. Meskipun pada dasarnya ia merupakan anak tiri dan tidak ada hubungan darah denganmu, namun jika kamu ikhlas menerimanya sebagai anak maka ketulusan itu pasti akan dapat ia rasakan. Nanti perlahan-lahan dia akan dekat padamu dan merasa nyaman.

Mendekatkan diri dengan anak tiri memang menjadi sebuah tantangan yang terdengar sulit, namun bukan berarti mustahil dilakukan. Sayangilah dia dengan tulus dan berilah ia waktu untuk menyesuaikan diri denganmu, ya.

Baca Juga: 5 Kekerasan Verbal Orangtua pada Anak, Sering Gak Disadari lho! 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya