Comscore Tracker

5 Tips Mendidik Anak agar Lebih Berani Bebas Beropini dan Berkarya

Jadi anak gak takut untuk aktif dan bebas berkarya 

Sebagian besar orangtua menaruh harapan besar pada anaknya untuk pintar dan sukses tanpa menyadari bahwa hal itu dibangun dari didikannya sejak kecil. Anak yang dibuat tertekan atau tidak diberi kebebasan dalam berkreasi dan berpikir rata-rata tidak bisa berkembang dengan kemauannya sendiri, dampaknya adalah anak jadi takut untuk beropini dan melakukan sesuatu.

Nah jika kamu ingin menghindari hal itu, mungkin bisa mencoba lima tips di bawah ini untuk mendidik anak agar berani bebas beropini dan berkarya.

1. Bebaskan ia berkreasi sejak kecil

5 Tips Mendidik Anak agar Lebih Berani Bebas Beropini dan BerkaryaPexels.com/Gustavo Fring

Tips pertama jika kamu ingin anak berani untuk bebas berkarya ialah dengan membebaskannya berkreasi sejak kecil. Jangan marahi atau larang ia membuat kreativitas, meski hal itu mungkin membuatmu harus menyediakan pernak-perniknya, namun percayalah bahwa hal itu mungkin bakal jadi passion-nya saat dewasa.

2. Jangan batasi dan cukup arahkan imajinasinya

5 Tips Mendidik Anak agar Lebih Berani Bebas Beropini dan BerkaryaPexels.com/Pixabay

Kedua, jangan batasi dan cukup arahkan imajinasinya supaya tidak keluar batas. Karena anak yang sudah terbiasa berpikir bebas sejak kecil biasanya imajinatif dan mudah untuk menciptakan ide-ide baru. Bukankah itu sangat diperlukan untuk kesuksesannya di masa depan?

Baca Juga: 6 Sikap Orangtua yang Berbahaya untuk Kepribadian Anak

3. Dukung anak mengembangkan kemampuannya

5 Tips Mendidik Anak agar Lebih Berani Bebas Beropini dan BerkaryaPexels.com/Julia M Cameron

Lalu dukunglah anak untuk mengembangkan kemampuannya. Entah itu kemampuannya dalam berbicara yang bisa membuatnya meraih prestasi, atau kemampuan dan bakat lain yang bikin anak berkembang ke arah positif. Karena dukungan orangtua dalam hal ini sangatlah penting.

4. Apresiasi dan beri pujian ketika meraih pencapaian

5 Tips Mendidik Anak agar Lebih Berani Bebas Beropini dan BerkaryaPexels.com/Elly Fairytale

Kemudian berilah apresiasi atau pujian ketika dirinya meraih suatu pencapaian. Terlepas dari apakah pencapaian itu masih kecil atau sudah besar namun tetaplah menunjukkan kebanggaanmu padanya. Dengan begitu ia tidak berkecil hati dan semangat untuk berjuang lebih keras.

5. Rajinlah mengajaknya diskusi tentang berbagai hal

5 Tips Mendidik Anak agar Lebih Berani Bebas Beropini dan BerkaryaPexels.com/Gustavo Fring

Lima, jika kamu ingin ia menjadi anak yang bebas beropini dan mempunyai pemikiran cemerlang maka sering-seringlah mengajaknya diskusi tentang berbagai hal. Tidak perlu menunggunya dewasa untuk bisa melakukan itu, namun mulai sejak ia kecil dan diskusikan hal-hal sederhana yang membuatnya berani mengeluarkan opini sendiri.

Mendidik anak memang bukan suatu hal yang mudah,namun jangan lupakan kalau semua itu juga ada cara-caranya. Seperti beberapa tips tadi yang bisa kamu gunakan untuk mendidik anak agar berani bebas beropini dan berkarya.

Baca Juga: 6 Tips Menjelaskan Seksualitas pada Anak, Penting untuk Orangtua

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya