Comscore Tracker

5 Tanda Si Kecil Mengalami Kesulitan di Sekolah, Jangan Diabaikan

Jangan abaikan tanda-tanda di bawah ini

Masalah sekolah sering kali menjadi hal yang mendominasi pikiran orangtua. Harapan  tiap orangtua adalah anaknya mendapatkan pelajaran terbaik dan menempuh pendidikan setinggi mungkin. Namun ada beberapa anak yang memang kesulitan selama belajar di sekolah.

Dilansir Very Well Family, menurut Hailey Shafir, LCMHCS, LCAS, CCS, seorang spesialis kesehatan mental, masalah yang dihadapi anak-anak di sekolah antara lain masalah sosial, pelajaran, fisik, kemampuan belajar, bahkan sampai kesehatan mental. Apabila dibiarkan terus menerus sampai dewasa, maka hal ini bisa menghancurkan self esteem si kecil dan hubungan sosialnya.

Orangtua dan guru merupakan lini pertahanan pertama terhadap masalah akademis ini, mereka harus sensitif akan perilaku yang ditunjukkan si kecil. Nah, Ini dia 5 tanda si kecil memiliki masalah akademis di sekolah.

1. Gak suka membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan sekolah 

5 Tanda Si Kecil Mengalami Kesulitan di Sekolah, Jangan Diabaikanilustrasi anak tertekan (pexels.com/Monstera)

Apabila si kecil tiba-tiba gak lagi antusias membicarakan harinya di sekolah atau apa aja yang dia pelajari di sekolah, ada indikasi dia mengalami kesulitan. Apalagi kalau si kecil dulunya selalu semangat membagikan kisahnya di sekolah.

Memang penting untuk menghormati privasi si kecil, tapi jangan sekali-kali mengabaikan tanda seperti ini. Jangan juga memaksa si kecil untuk membuka mulut memberitahu semuanya padamu. Coba beri mereka waktu.

Mungkin mereka cuma merasa bosan sama sekolah, atau mungkin si kecil mengalami masalah dalam belajarnya karena gangguan seperti ADHD dan hal lainnya. Terus awasi perilakunya dan tunjukan bahwa kamu ada untuknya ketika dia mau bicara.

2. Dia terlalu lama mengerjakan PR 

5 Tanda Si Kecil Mengalami Kesulitan di Sekolah, Jangan Diabaikanilustrasi anak dimarahi ibunya (pexels.com/Gustavo Fring)

Setiap anak punya gaya belajarnya sendiri. Ada yang bisa menyerap ilmu dengan cepat, ada pula yang butuh waktu lebih untuk bisa memahami materi yang sama. Untuk itu, wajar kalau memang si kecil menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mengerjakan PRnya. Tapi kalau sampai lamanya itu keterlaluan, mungkin ini tandanya dia mengalami kesulitan.

Kamu yang paling mengenal si kecil. Kalau mereka kelihatan terlalu lama mengerjakan PR, kamu bisa coba bantu. Sering-sering periksa si kecil. Gak ada anak yang bodoh di dunia ini, setiap anak itu cerdas di bidangnya masing-masing. Jadi, jangan malah merasa frustasi dan marah, coba ajari si kecil dengan lembut.

3. Nilainya menurun padahal dia rajin belajar 

5 Tanda Si Kecil Mengalami Kesulitan di Sekolah, Jangan Diabaikanilustrasi anak menatap ibunya (pexels.com/Cleyder Duque)

Orangtua biasanya melihat nilai sebagai hitam di atas putih. Anak yang nilainya jelek itu berarti karena mereka memang gak belajar dengan benar. Padahal, yang paling mengerti dan memahami si kecil itu bukan nilai ujiannya, melainkan kamu sebagai orangtuanya.

Kalau kamu tau si kecil udah belajar dengan giat dan masih tetap memperoleh nilai yang jelek, ini tandanya si kecil kesulitan di sekolah. Mereka mungkin mengalami gangguan belajar yang kamu gak sadari. Jangan merasa segan atau takut untuk minta bantuan profesional. Semakin cepat masalah diketahui, maka semakin baik.

Baca Juga: 5 Tips Parenting ala Lee Eun Pyo di Drama Korea Green Mothers' Club

4. Sulit tidur dan gak mau makan 

5 Tanda Si Kecil Mengalami Kesulitan di Sekolah, Jangan Diabaikanilustrasi anak tertekan (pexels.com/Victoria Borodinova)

Ketika si kecil punya masalah tidur atau gak mau makan, mungkin dia sedang mengalami masalah di sekolah. Masalah tidur atau makan ini bisa disebabkan dari rasa cemas dan gelisah ketika mereka gak bisa terus mengikuti pelajaran dengan baik.

Dilansir Very Well Family, menurut Shafir, gejala seperti ini lebih umum ditemukan pada anak-anak yang lebih muda. Mereka cenderung menunjukkan gejala fisik ketika mengalami stres atau gangguan kecemasan. Anak kecil, sama seperti setiap orang, gak mau membuat orangtuanya kecewa dan karena itu biasanya terlalu menekan diri untuk bisa belajar dengan baik dan mendapat nilai yang bagus.

5. Bandel di sekolah 

5 Tanda Si Kecil Mengalami Kesulitan di Sekolah, Jangan Diabaikanilustrasi anak sedang tertekan (pexels.com/Kindel Media)

Anak yang bandel dan gak menurut di sekolah biasanya sedang berusaha mencari perhatian ke kamu. Mereka mau kamu tau kalau mereka kesulitan di sekolah. Kebanyakan anak kecil dan remaja kesulitan mengungkapkan apa yang mereka rasakan secara verbal, dan karenanya memilih mengungkapkannya melalui tingkat laku.

Kalau mereka sering berantem di sekolah, bolos kelas, bahkan sampai berani melawan guru, mungkin mereka sedang mau bicara sama kamu. Hal seperti ini biasa dialami anak usia 8-11 tahun, sampai ke tahap remaja.

Itulah dia 5 tanda si kecil mengalami kesulitan di sekolah. Apabila guru kelasnya memberitahu perkembangannya yang kurang baik di sekolah, coba cari akar masalahnya bersama-sama. Terus terbuka dan jalin komunikasi yang baik dengan si kecil. Buat mereka merasa aman dan nyaman membagikan kisahnya sama kamu. Coba cari solusi terbaik yang bisa kamu berikan dan jangan pernah merasa malu untuk pergi konsultasi ke dokter maupun psikolog.

Baca Juga: 5 Tips Parenting yang Bantu Dongkrak Kepercayaan Diri Anak

Agnes Z. Yonatan Photo Verified Writer Agnes Z. Yonatan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya