Comscore Tracker

5 Risiko pada Bayi Jika Digendong setelah Kerja Tanpa Ganti Pakaian

Rindu anak boleh, asal tetap higienis

Memiliki buah hati dari keluarga kecil yang dibangun tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pasangan yang menjadi orang tua baru. Setelah seharian berkutat dengan pekerjaan, tentu kamu yang baru menjadi seorang ayah ingin segera meggendong buah hati.

Tapi alih-alih ingin melepas kerinduan pada sang anak, justru hal ini bisa menyebabkan anak terkena penyakit, lho! Apa saja penyakit yang bisa diderita sang bayi jika nekat menggendong sepulang kerja tanpa ganti pakaian atau bersih bersih dulu?

1. Diare

5 Risiko pada Bayi Jika Digendong setelah Kerja Tanpa Ganti Pakaiankambizmag.com

Bukan hanya dari faktor makanan, bayi rentan terkena diare karena sering menggigit sesuatu yang tidak higienis, contohnya sepeti tangan sang ayah ketika menggendongnya. Cucilah tangan terlebih dahulu sebelum menggendong agar ketika bermain dengan bayi, tangan kamu tetap higienis dan aman bagi kesehatan bayi. 

2. Batuk

5 Risiko pada Bayi Jika Digendong setelah Kerja Tanpa Ganti Pakaiantexaschildrens.org

Salah satu media penyebaran penyakit batuk pada anak karena ayahnya yang merokok. Meski tidak melakukan kegiatan merokok, namun sisa nikotin masih melekat pada tubuh sang ayah. Aroma nikotin inilah yang bisa meyebabkan bayi mencium aroma yang tidak sehat sehingga mengakibatkan penyakit batuk. 

3. Flu

5 Risiko pada Bayi Jika Digendong setelah Kerja Tanpa Ganti Pakaiantesco-baby.com

Meski sedang tidak terserang flu, bisa saja bibit penyakit ini dibawa ke rumah jika di kantor ada rekan kerja yang sedang mengalami flu. Alternatifnya, pakailah masker atau mandi terlebih dahulu untuk melindungi bayi dari ancaman virus flu.

Baca Juga: 7 Ungkapan Tanda Kamu Melakukan Mom Shaming Pada Ibu dan Bayi Lain

4. Pneumonia (radang paru)

5 Risiko pada Bayi Jika Digendong setelah Kerja Tanpa Ganti Pakaianmomjunction.com

Sistem pernapasan bayi masih belum sepenuhnya kompleks layaknya orang dewasa. Oleh karenanya, virus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) rentan menjangkiti bayi sehingga bisa menderita Pneumonia (radang paru). Bahkan yang paling parah ialah terserang penyakit asma. 

5. Iritasi kulit

5 Risiko pada Bayi Jika Digendong setelah Kerja Tanpa Ganti Pakaianpopsugar.com

Bekerja selama lebih dari 8 jam dan bercampur dengan polusi udara yang melekat pada sang ayah bisa menyebabkan anak rentan terkena iritasi kulit. Kulit bayi masih tergolong sensitif terhdap sentuhan, serta pengaruh polusi yang bisa menyebabkan kulit teritasi. 

Menggendong bayi sepulang kerja tak dilarang setelah membersihkan diri dan bebas dari ancaman virus menular. 

Baca Juga: 6 Cara Menstimulasi Kemampuan Kognitif Bayi di Tahun Pertamanya

AKbar Photo Verified Writer AKbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya