Comscore Tracker

5 Cara Ajarkan Anak Menghargai Perbedaan Sejak Dini

Sikap menghargai perbedaan harus ditanamkan sejak dini!

Manusia diciptakan dengan beragam perbedaan. Sikap menghargai suatu perbedaan itu pun menjadi hal yang penting agar hidup kita aman dan damai.

Untuk para orangtua, alangkah baiknya jika anak ditanamkan sejak dini mengenai sikap menghargai perbedaan agar tumbuh menjadi orang yang selalu menghargai orang lain. Lalu bagaimana caranya?

1. Beri contoh yang baik tentang menghargai perbedaan

5 Cara Ajarkan Anak Menghargai Perbedaan Sejak DiniPexels.com/Agung Pandit Wiguna

Anak biasanya meniru apa yang mereka lihat dan apa yang mereka dengar. Untuk itu, para orangtua harus memberi contoh yang baik tentang menghargai perbedaan. Misalnya, menjaga ucapan dan tindakan kepada orang lain jika sedang di dekat anak.

2. Jangan bosan untuk memberi pengertian secara halus

5 Cara Ajarkan Anak Menghargai Perbedaan Sejak DiniPexels.com/Lina Kivaka

Jika anak banyak bertanya tentang perbedaan yang ia lihat, jawab dan jelaskan secara halus. Hindari berbohong, jelaskan saja apa adanya dengan gaya bicara yang bisa dipahami dan diterima oleh anak-anak. Jangan bosan untuk memberi penjelasan supaya anak lebih paham bahwa menghargai perbedaan itu penting.

3. Kenalkan anak pada banyak budaya

5 Cara Ajarkan Anak Menghargai Perbedaan Sejak DiniInstagram.com/ringgoagus

Untuk melatih agar anak menghargai perbedaan, tentu orangtua harus mengenalkan anak pada banyak budaya. Misalnya, mengajak anak berwisata ke tempat yang banyak kebudayaannya seperti Bali atau Yogyakarta. Ini sangat baik untuk dilakukan agar anak mengenal beragam budaya sejak dini dan dapat menghargai perbedaan di dalamnya.

Baca Juga: Indahnya Perbedaan, Gereja di Surabaya Sediakan Musala untuk Salat

4. Ajak nonton tayangan kartun yang mengedukasi

5 Cara Ajarkan Anak Menghargai Perbedaan Sejak DiniPexels.com/Michael Morse

Anak zaman sekarang suka menonton televisi atau video di HP. Hati-hati untuk para orangtua! Jangan sampai salah memberikan tayangan di TV. Awasi tontonan anak karena mereka mudah sekali terpengaruh.

Ajak anak menonton tayangan kartun yang mengedukasi seperti kartun Upin & Ipin. Di kartun tersebut ada banyak tokoh dari latar belakang yang berbeda, bahkan beragam agama ada di sana. Secara bertahap rasa menghargai tentang perbedaan pun akan tumbuh.

5. Biarkan anak punya teman dari berbagai latar belakang yang berbeda

5 Cara Ajarkan Anak Menghargai Perbedaan Sejak Diniwww.atchoum.net

Jangan membatasi pertemanan anak. Biarkan anak berteman dengan siapa saja, sekalipun dengan teman dari berbagai latar belakang yang berbeda. Ini adalah cara yang paling baik agar anak tumbuh dengan rasa peduli sehingga ia lebih menghargai setiap perbedaan.

Anak ibarat kertas putih, tergantung orangtua ingin menggambar apa di dalamnya. Yuk latih anak untuk menghargai perbedaan mulai dari sekarang!

Baca Juga: 7 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Orangtua

Akromah Zonicc Photo Verified Writer Akromah Zonicc

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph) Aku suka menulis cerita dan sajak-sajak pendek di WP. Username-ku @AkromahZonicc

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya