Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Masalah Keluarga yang Parah dan Sulit Diselesaikan

Yuk, coba selesaikan dengan baik-baik demi keutuhan keluarga

Tidak semua keluarga memiliki suasana harmonis dan kehangatan di dalamnya. Banyak kisah hubungan orangtua dengan anak yang tidak akur, sesama saudara yang selalu bertengkar, atau antar orangtua yang memang sudah tak lagi bisa tinggal bersama. Masalah keluarga yang sudah parah harus segera diselesaikan, karena keluarga adalah sumber dari kehidupan. 

Jika kamu mengalami hal demikian, berikut 5 tips menghadapi masalah keluarga yang sudah parah dan sulit diselesaikan.

1. Menanggapi dengan sikap dewasa dan pemikiran bijaksana

5 Tips Menghadapi Masalah Keluarga yang Parah dan Sulit Diselesaikandramabeans.com

Sikap dewasa dan pemikiran bijaksana harus berada dalam satu paket lengkap dalam menyelesaikan masalah keluarga. Urusan ini akan berujung menjadi semakin rumit bila setiap anggota keluarga gak bisa berhati-hati saat bertindak. Usia juga tidak bisa menjadi takaran untuk bisa bersikap seperti ini, jadi jangan dulu berkecil hati bagi anak yang merasa statusnya masih belum dewasa. 

2. Memikirkan berbagai kemungkinan yang terjadi

5 Tips Menghadapi Masalah Keluarga yang Parah dan Sulit Diselesaikandramabeans.com

Peran orangtua terutama yang menjadi pertimbangan besar dari setiap keputusan yang diambil. Entah itu ayah atau ibu, keduanya punya tugas yang besar. Jika ada keputusan yang mau dibuat seperti perceraian dan pisah rumah, maka pikirkan apa dampaknya. Begitu juga tindakan lain, harus ada bayangan dan rencana bagaimana cara menanggulanginya. 

3. Selesaikan masalah satu per satu hingga tuntas

5 Tips Menghadapi Masalah Keluarga yang Parah dan Sulit Diselesaikandramabeans.com

Tidak sedikit keluarga yang akhirnya tidak terselamatkan karena punya masalah yang begitu banyak. Sebenarnya masalah menumpuk itu hal yang wajar, sebagai manusia normal yang punya kemampuan terbatas sudah seharusnya masalah diselesaikan satu per satu secara tuntas. Jangan menjadi kumpulan benang kusut yang ditarik kesana-kesini secara bersamaan. Urai benang itu satu per satu hingga tak ada bekasnya. 

Baca Juga: 5 Tips Agar Masalah-masalah Kantor Tidak Turut Dibawa ke Rumah

4. Menciptakan waktu berkualitas bersama

5 Tips Menghadapi Masalah Keluarga yang Parah dan Sulit Diselesaikandramabeans.com

Keluarga adalah tempat terdekat dan itu menjadi bagian yang paling melekat erat di hati setiap anggotanya. Terkadang masalah semakin parah karena gak ada anggota yang memperdulikannya, oleh sebab itu coba rencanakan waktu berlibur sambil mencari jalan tengah untuk menghadapi semua konflik.

Interaksi dan kasih sayang yang jarang terlihat bisa terungkap saat pergi liburan keluarga dan secara gak terduga momen ini besar untuk bisa menciptakan kehangatan kembali. Semua masalah luruh dan mudah diselesaikan saat kondisinya sudah kondusif. 

5. Meminta bantuan pihak netral lain

5 Tips Menghadapi Masalah Keluarga yang Parah dan Sulit Diselesaikandramabeans.com

Masalah orangtua atau keluarga bisa mencapai titik terumit yang bahkan anggotanya sendiri gak tahu darimana semua berawal. Emosi yang sudah membara dan pikiran suntuk gak bisa reda jika tidak ada yang mau mengalah. Solusinya? Minta bantuan pihak lain seperti psikolog atau konsultan permasalahan rumah tangga. 

Bagaimana pun caranya masalah dalam keluarga harus segera mungkin diselesaikan. Sebab permasalahan akan berpengaruh pada kehangatan kondisi rumah dan juga menganggu peran hingga masa depan setiap anggota keluarga. 

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Bisa Memetakan Masalah Hidup dengan Tepat

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya