Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Piknik Bersama Anak Penting Dilakukan 

Piknik bersama anak memiliki banyak manfaat

Di era serba teknologi seperti saat ini, anak-anak banyak menghabiskan waktunya di depan layar gadget. Mereka mengalihkan rasa bosan mereka ke permainan-permainan yang ada di ponsel. Kondisi ini membuat anak akan kehilangan momen masa kecil yang seharusnya mereka nikmati.

Kebahagiaan anak sebenarnya bisa diciptakan melalui berbagai kegiatan sederhana, seperti piknik misalnya. Saat piknik keluarga, orang tua bisa memberikan anak kesempatan untuk menghirup udara segar, bermain di taman, dan duduk bersama untuk berbincang-bincang santai.

Dilansir Sunshine House, terdapat lima alasan lain mengapa piknik bersama anak penting dilakukan.

Baca Juga: 12 Ide Makanan untuk Bekal Piknik yang Praktis dan Mengenyangkan 

1. Membentuk ikatan dalam keluarga 

5 Alasan Mengapa Piknik Bersama Anak Penting Dilakukan ilustrasi piknik keluarga (pexels.com/Kampus Production)

Bukan sesuatu yang asing lagi ketika kita melihat anak-anak bermain game di ponsel selama berjam-jam. Karena keasyikan bermain game, mereka jadi enggan untuk ngobrol dengan orang tua. Akibatnya tercipta jarak antara anak dan orang tua.

Dengan membawa anak piknik, orang tua dapat menyuruh anak untuk tidak mengeluarkan ponsel selama kegiatan berlangsung. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk saling bertukar cerita, lelucon, dan lain sebagainya. Kedekatan ini bisa membuat anak merasakan rasa cinta, aman, dan perhatian dari orang tua.

2. Meningkatkan kesehatan fisik anak 

5 Alasan Mengapa Piknik Bersama Anak Penting Dilakukan ilustrasi anak kecil bermain (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Menghabiskan waktu di luar ruangan berpengaruh terhadap kesehatan fisik kita, termasuk anak-anak. Menghirup udara segar bermanfaat bagi anak-anak yang memiliki asma.

Piknik di hari yang cerah juga membantu penyerapan vitamin dan kalsium yang berguna untuk menguatkan tulang dan gigi. Pastikan orang tua tidak lupa mengoleskan tabir surya ketika piknik di pagi dan siang hari.

Baca Juga: 5 Makanan yang Cocok untuk Piknik, Anti Ribet dan Praktis!  

3. Berpengaruh terhadap perkembangan mental anak 

5 Alasan Mengapa Piknik Bersama Anak Penting Dilakukan ilustrasi anak kecil bermain (pexels.com/jonas mohamadi)

Udara segar ternyata bermanfaat bagi kesehatan mental. Menghabiskan waktu di luar ruangan terbukti mengurangi kecemasan dan menurunkan aktivitas di otak yang berhubungan dengan penyakit mental. Beraktivitas di bawah sinar matahari juga berpengaruh terhadap peningkatan suasana hati dan mampu menurunkan tingkat stres bagi seluruh anggota keluarga.

4. Membentuk kebiasaan baik 

5 Alasan Mengapa Piknik Bersama Anak Penting Dilakukan ilustrasi piknik keluarga (pexels.com/Werner Pfennig)

Anak-anak yang sering makan bersama keluarga nantinya cenderung tidak mengambil tindakan berisiko seperti merokok dan mabuk. Manfaat lainnya adalah, anak yang sering makan bersama keluarga memiliki prestasi akademik yang lebih tinggi dari pada anak yang tidak melakukannya.

Jika kamu sebagai orang tua belum terbiasa menerapkan kebiasaan ini, coba lah untuk selalu makan bersama saat sedang piknik. Kemudian lanjutkan kebiasaan makan bersama ini saat kembali ke rumah.

5. Waktu untuk refleksi diri 

5 Alasan Mengapa Piknik Bersama Anak Penting Dilakukan ilustrasi ibu dan anak (pexels.com/Daria Obymaha)

Saat piknik, orang tua dan anak sama-sama memperoleh manfaat dari refleksi diri. Piknik di lingkungan yang damai dapat mendorong kita untuk melakukan refleksi diri dari segala pengalaman, kebiasaan, dan perbuatan yang sudah dilakukan selama ini . Beri anak waktu untuk menyendiri dan belajar mengenal diri mereka sendiri lebih dalam.

Di balik keseruan yang kita dapatkan dari piknik keluarga, ternyata piknik juga memiliki sejumlah manfaat penting. Tidak perlu pergi ke tempat yang jauh, kamu bisa memanfaatkan halaman belakang rumah untuk piknik bersama anak.

Baca Juga: 10 Momen Ameena Piknik di Rumah Krisdayanti, Ada Amora dan Kellen Juga

Alfadhylla Rosalina Wibisono Photo Verified Writer Alfadhylla Rosalina Wibisono

An ESFP - but sometimes like to be quiet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya