Comscore Tracker

5 Hal Sepele yang Membuat Rumahmu jadi Mudah Kotor, Jangan Dibiasakan!

Banyak debu yang masuk!

Punya masalah dengan rumah yang kotor? Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa ini hal biasa, apalagi jika lingkungan di sekitar benar-benar banyak debu.

Namun hal ini bisa diperburuk dengan hal sepele yang sering kamu lakukan, bahkan rumah kamu bisa menjadi jauh lebih kotor dari sebelumnya.

Berikut ini ada lima hal sepele yang membuat rumahmu menjadi mudah kotor, jangan sampai dijadikan sebagai kebiasaan, ya!

1. Pintu dan jendela terbuka terlalu lama

5 Hal Sepele yang Membuat Rumahmu jadi Mudah Kotor, Jangan Dibiasakan!Pexels.com/Dmitry Zvolskiy

Rumah menjadi sangat kotor karena berbagai macam hal, salah satunya debu yang dibawa oleh angin. Jika kamu membuka pintu dan jendela terlalu lama, tentu debu yang terbawa angin bisa masuk ke rumah kamu dengan sangat mudah.

Makanya jika hal ini terus menerus terjadi, rumah kamu akan dipenuhi dengan debu halus jika tidak segera dibersihkan.

Jadi pastikan kamu tidak membuka pintu dan jendela terlalu lama, tentu untuk menghindari debu yang masuk terlalu banyak.

2. Jarang membersihkan kaki setelah melakukan aktivitas di luar ruangan

5 Hal Sepele yang Membuat Rumahmu jadi Mudah Kotor, Jangan Dibiasakan!Pexels.com/EVG Culture

Bagi kamu yang suka melakukan aktivitas di luar ruangan, mencuci kaki merupakan hal penting sebelum memasuki rumah karena kotoran bisa saja menempel di sana.

Walaupun terlihat sangat sepele, hal ini bisa membuat rumah kamu terhindari dari kotoran yang tanpa disadari bisa menempel di beberapa bagian tubuh kamu terutama bagian kaki.

Kaki memang cenderung rentan terhadap debu dan kotoran, fungsinya yang sebagai pijakan membuat kita mau tidak mau harus membersihkannya secara rutin agar tidak terbawa ke dalam rumah.

3. Hewan kecil seperti tikus dan kecoak yang kesan kemari di dalam rumah

5 Hal Sepele yang Membuat Rumahmu jadi Mudah Kotor, Jangan Dibiasakan!Pexels.com/Alexas Fotos

Kita terkadang menganggap remeh tentang adanya tikus dan kecoak di dalam rumah, bahkan itu sudah menjadi hal wajar bagi beberapa orang.

Namun itu akan mempermudah rumah kamu menjadi sangat kotor, hewan tersebut bisa membawa kotoran dari luar ruangan dan masuk ke dalam rumah, begitu juga dengan kotoran yang dia hasilkan.

Tikus dan kecoak memang menjadi hewan yang hidup di dalam rumah baik disadari oleh pemilik rumah ataupun tidak, kedua hewan ini memang sering hilir mudik dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari makanan.

Baca Juga: Ini 5 Gaya Hidup 'Gila Bersih' Orang Jepang Saat Berada di Rumah

4. Jarang membersihkan rumah secara rutin

5 Hal Sepele yang Membuat Rumahmu jadi Mudah Kotor, Jangan Dibiasakan!Pexels.com/Isaac Taylor

Terkadang orang benar-benar malas membersihkan rumah, sehingga mereka tidak melakukan pembersihan secara rutin sehingga debu akan terus menumpuk.

Tentu ini bukan kabar baik, rumah akan menjadi mudah kotor karena pembersihannya yang tidak rutin dan merata secara keseluruhan.

Cobalah untuk membersihkannya secara berkala, jangan menunggu debu dan kotoran menumpuk di rumahmu. Hal ini untuk mencegah berbagai macam bakteri jahat timbul akibat banyaknya debu dan kotoran.

5. Memakan makanan di sembarang tempat

5 Hal Sepele yang Membuat Rumahmu jadi Mudah Kotor, Jangan Dibiasakan!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Memakan makanan di sembarang tempat sudah seperti kebiasaan yang dianggap sepele, padahal itu akan membuat rumah kamu menjadi lebih kotor, mengapa?

Karena makan di sembarang tempat bisa membuat sisa makanan jatuh di area yang susah dibersihkan, makanya rumah kamu akan sangat kotor karena pembersihan yang dilakukan tidak bekerja secara maksimal.

Itu dia deretan hal sepele yang tanpa kamu sadari bisa dengan cepat mengotori area sekitar rumah. Mulailah untuk membiasakan hal baik dan membuang hal buruk, kebersihan rumah harus tetap terjaga dari segala macam debu dan kotoran.

Baca Juga: Yuk Bersih-Bersih Rumah Pasca Banjir dengan 5 DIY Pembersih Ini!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya