Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Mertua yang Ikut Campur Rumah Tanggamu

#IDNTimesLife Intinya, sih, jangan diambil pusing

Mertua akan selalu menjadi bagian dari perjalanan pernikahanmu. Suka tidak suka, mereka telah menjadi orang tua kedua bagimu. Kamu memiliki kewajiban untuk menghormati mertua, selayaknya menghormati orang tua kandungmu sendiri.

Hubungan antara mertua dan menantu sering kali menjadi sorotan, lantaran keduanya seringkali tidak akur satu sama lain.

Salah satu faktor terbesar yang menjadi pemicu konflik, yaitu karena masih adanya campur tangan mertua dalam pernikahan anaknya. Rasa kurang percaya pada menantu menjadi penyebabnya.

Nah, sebagai menantu, jangan terpancing emosi, ya. Sebab ini hanya akan membahayakan pernikahan kalian. Berikut ini ada deretan cara yang bisa kalian lakukan untuk menghadapi mertua yang masih ikut campur dalam urusan rumah tangga kalian. 

1. Menambah waktu silaturahmi dengan mertua

5 Cara Menghadapi Mertua yang Ikut Campur Rumah Tanggamuilustrasi keluarga ( unsplash.com/Rajiv)

Tak kenal maka tak sayang, pepatah ini memang benar adanya. Bisa jadi kurangnya kalian mengenal mertua, menjadi penyebab hubungan di antara kalian semakin merenggang. 

Cobalah mulai memperbaiki silaturahmi antara kamu dan mertua. Setelah tinggal beda rumah, intensitas bertemu akan semakin berkurang, maka perbanyak waktu silaturahmi dengan mertua.

Dengan begitu, kamu akan semakin banyak waktu untuk saling mengenal karakter satu sama lain. Semoga saja dengan adanya silaturahmi ini, akan membuat sang mertua tidak lagi ikut campur tangan dalam urusan pernikahan kalian, ya.

2. Diskusikan dengan pasangan untuk gak cerita masalah rumah tangga pada mertua

5 Cara Menghadapi Mertua yang Ikut Campur Rumah Tanggamuilustrasi pasangan (unsplash.com/allice)

Masalah akan selalu ada, apalagi dalam urusan rumah tangga. Menceritakan masalah rumah tangga pada orang tua, rasanya bukanlah pilihan yang tepat. Boleh-boleh saja, tapi jangan ketika masalah tersebut belum selesai, ya. 

Jika belum selesai, jangan ceritakan terlebih dahulu. Karena, orangtuamu akan berpotensi ikut campur ke dalam rumah tanggamu. Ya, wajar, sebabnya orangtua khawatir makanya mereka berusaha memberikan solusi. 

Diskusikan dengan pasangan, agar tidak lagi menceritakan masalah rumah tangga pada orangtua. Dengan begitu, orangtua tidak akan lagi ikut campur dalam urusan rumah tangga kalian. 

3. Lebih mandiri dengan tinggal berdua dengan pasangan

5 Cara Menghadapi Mertua yang Ikut Campur Rumah Tanggamuilustrasi pasangan (unsplash.com/shawnee)

Masih tinggal satu atap dengan mertua ataupun orang tua, menjadi pemicu sang mertua terus saja ikut campur tangan dalam hubungan pernikahan kalian. Yuk, coba mandiri, dengan memilih untuk tinggal berdua saja dengan pasangan! Dengan begitu, mertuamu tidak akan lagi ikut campur dalam urusan rumah tangga kalian. 

Biar belum punya rumah sendiri, mengontrak rumah bisa jadi jalan keluar bagi pasangan yang ingin hidup mandiri.

Baca Juga: 6 Hal yang akan Kamu Alami bila Tinggal di Rumah Mertua, Jangan Kaget!

4. Buktikan kalian mampu menjalankan kewajiban

5 Cara Menghadapi Mertua yang Ikut Campur Rumah Tanggamuilustrasi pasangan ( unsplash.com/ Ben)

Rasa takut mertua biasanya berawal dari kurangnya rasa percaya pada sang menantu, mereka menganggap sang menantu tidak cukup mampu hidup bersama anak, seperti yang selama ini ia lakukan pada sang anak.

Itulah yang menjadi penyebab mertua terus saja ikut campur dalam urusan hubungan rumah tangga kalian. Untuk itu, buktikan pada mertuamu, bahwa kamu mampu menjalankan kewajibanmu dalam rumah tangga. Sehingga mertuamu akan berhenti untuk tidak lagi ikut campur dalam urusan rumah tangga kalian.

5. Perlihatkan hubungan yang romantis dengan pasangan

5 Cara Menghadapi Mertua yang Ikut Campur Rumah Tanggamuilustrasi pasangan ( unsplash.com/oziel)

Mertua yang ikut campur dalam urusan pernikahan, biasanya karena mereka melihat hubungan kalian sedang mengalami masalah. Makanya mertua inisiatif untuk terus ikut campur dalam permasalahan kalian.

Coba perlihatkan hubungan kalian sebagai pasangan yang romantis atau kompak, dengan begitu mertua akan percaya pada kalian dan gak bakalan ikut campur lagi, deh.

Mertua ikut campur dalam urusan rumah tangga, bisa jadi karena kamu dan pasangan yang belum terlihat cukup dewasa. Maka dari itu, tunjukan pada mertua bahwa kamu pantas mendampingi anaknya. 

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Hening saat Ngobrol dengan Calon Mertua

Andri Wiyatno Photo Verified Writer Andri Wiyatno

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya