Comscore Tracker

5 Keuntungan Jika Anak Tidur Lebih Awal di Malam Hari

Bikin anak lebih bahagia!

Sebagai orangtua yang bijak, sudah seharusnya memberikan yang terbaik untuk anak. Salah satunya mengajarkan anak tentang pola istirahat yang tepat dalam keseharianya, misalnya tidur di malam hari.

Tidak sedikit anak yang masih terjaga alias tidak mau tidur hingga larut malam, padahal hal ini bisa berbahaya apalagi usia anak masih dalam level balita. Untuk itu tidak ada salahnya bagi orangtua untuk mengubah pola tidur anak agar bisa tidur lebih awal di malam hari. Sebab ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak jika ia tidur di malam hari.

Berikut ini 5 keuntungan jika anak tidur lebih awal di malam hari.

1. Anak memiliki kualitas kesehatan yang baik

5 Keuntungan Jika Anak Tidur Lebih Awal di Malam HariPixabay.com /fujikama

Anak bisa memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik dibandingkan jika anak tidur larut malam. Ajak anak untuk tidur di sekitar pukul 8.30 malam. Jika kesehatan anak baik, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang sang anak. Ingat, tidur merupakan bagian dari tiga elemen penting yang dibutuhkan anak selain makanan sehat, dan juga olahraga. 

2. Anak lebih bahagia

5 Keuntungan Jika Anak Tidur Lebih Awal di Malam HariPixabay.com /TryJimmy

Tidur lebih awal juga dapat memberikan energi positif pada anak setelah ia bangun dari tidurnya, sehingga anak akan lebih bahagia. Hal ini disebabkan waktu tidur anak yang  cukup sehingga mempengaruhi mood-nya. Ingat, istirahat lewat tidur sangat berguna dan dibutuhkan anak. Alhasil untuk para orangtua, mulailah untuk membiasakan anak tidur lebih awal sejak ia kecil.

3. Menurunkan risiko obesitas pada anak

5 Keuntungan Jika Anak Tidur Lebih Awal di Malam HariPixabay.com/Luwii

Tidur lebih awal juga membuat anak mendapatkan manfaat lain, salah satunya menurunkan risiko obesitas yang bisa menyerang anak. Hal ini disebabkan tidur lebih awal dapat membuat anak mengurangi aktivitas makannya pada malam hari, sehingga dapat membuat risiko obesitas menurun. Jika dibiasakan, pola seperti ini akan sangat bermanfaat bagi anak hingga ia dewasa.

Baca Juga: 6 Cara Parenting ala Susan Bachtiar, Gunakan Sistem Reward Bak Games

4. Membuat anak lebih pintar

5 Keuntungan Jika Anak Tidur Lebih Awal di Malam HariPixabay.com /indrairawan

Tidak hanya membuat anak bahagia, tidur lebih awal juga dapat membuat anak menjadi lebih pintar. Mengacu creativehealthyfamily.com, terdapat studi di Jepang yang menghasilkan bahwa anak berusia 18 bulan yang tidur sebelum jam 10 malam bisa menjadi lebih pintar. Ini karena anak berada pada risiko yang rendah terhadap kemampuan motorik, bahasa, dan sosial dibandingkan anak yang tidur larut malam.

5. Membuat anak lebih teratur dan disiplin

5 Keuntungan Jika Anak Tidur Lebih Awal di Malam HariPixabay.com/PublicDomainPictures

Ketika anak dibiasakan untuk tidur lebih awal, maka hal itu akan menjadi kebiasan positif bagi dirinya. Kebiasan ini akan membuat anak menjadi disiplin waktu karena ia memahami jam berapa ia harus berangkat tidur. Dengan adanya kebiasaan ini, anak menjadi lebih teratur dalam hidupnya dan hal ini dapat mempengaruhi karakternya hingga tumbuh dewasa.

Demikian 5 keuntungan jika anak tidur lebih awal di malam hari. Sebagai orangtua, penting untuk mengedukasi anak agar tahu manfaat positif dari kebiasan tidur lebih awal. Beri anak pemahaman yang mudah ia cerna sehingga anak tidak menolak dan akan terbiasa untuk tidur lebih awal. Bahkan jika sudah terbiasa, anak akan mudah tertidur tanpa perlu diminta oleh orangtuanya. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Parenting untuk Para Orangtua Muda

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya