Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Memperkenalkan Alfabet pada Si Kecil 

Bikin anak mudah mengingat huruf

Bagi orangtua, melihat si kecil bisa membaca tentu adalah sebuah keniscayaan. Dengan membaca, anak menjadi paham dan memiliki wawasan luas tentang berbagai hal. Namun demikian sebelum melihat anak bisa lancar membaca, orangtua perlu berusaha untuk mengenalkan anak tentang huruf terlebih dahulu. Ada banyak cara sederhana yang bisa dipakai orangtua untuk mengenalkan huruf pada anak, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kenalkan huruf dengan buku bergambar

5 Cara Sederhana Memperkenalkan Alfabet pada Si Kecil Unsplash.com / Kelli McClintock

Cara awal untuk mengenalkan huruf kepada si kecil bisa dengan menggunakan media visual, seperti buku bergambar yang memiliki sederet gambar alfabet. Biasanya buku bergambar memiliki beragam warna sehingga menarik untuk diperkenalkan kepada anak. Saat sedang bersantai, tidak ada salahnya mengajak anak mengenal huruf lewat buku bergambar tersebut.

2. Bantu anak mengingat huruf dengan mengajaknya mengucapkan huruf bersama-sama

5 Cara Sederhana Memperkenalkan Alfabet pada Si Kecil Unsplash.com /Priscilla Du Preez

Untuk membuat anak mudah mengingat huruf yang ia pelajari, orangtua perlu berupaya mengajak anak mengulang-ulang pengucapan huruf yang telah anak ketahui. Rajinlah untuk mengulang-ulang sehingga akan menempel di kepala anak.

Misalnya, saat selesai makan atau menjelang tidur, ajak anak untuk menebak huruf-huruf yang diucapkan orangtuanya, contohnya memberikan anak pertanyaan seperti, "Huruf apa setelah huruf C?" Jika anak sudah mengingat dan sering mengulang-ulang huruf yang ia ketahui, ia akan mudah menjawab bahwa huruf tersebut adalah huruf D. Upaya ini dapat membantu anak meningkatkan daya ingatnya terhadap huruf-huruf yang ia ketahui.

Baca Juga: Orangtua Harus Tahu, Ini 5 Perbuatan yang Bisa Melukai Perasaan Anak

3. Latih anak untuk bisa menulis kembali alfabet yang ia ketahui di atas kertas

5 Cara Sederhana Memperkenalkan Alfabet pada Si Kecil pixabay.com/ddimitrova

Untuk membuat anak semakin terlatih mengingat abjad yang ia ketahui, orangtua dapat melatih anak untuk menuliskan huruf tersebut di atas kertas. Beri anak pensil atau pulpen dan minta anak menuliskan huruf-huruf yang ia ingat.

Dengan demikian, daya kognitif anak akan semakin tajam mengingat kembali alfabet yang sudah orangtua ajarkan padanya. Jangan menyerah jika anak baru mengingat sejumlah huruf saja, terus berlatih dan jangan lupa memberikan apresiasi pada anak agar ia merasa senang.

4. Latih daya ingat anak mengenal abjad lewat video animasi

5 Cara Sederhana Memperkenalkan Alfabet pada Si Kecil Unsplash.com /Steven Libralon

Video animasi yang menampilkan alfabet juga bisa menjadi alternatif orangtua untuk mengenalkan huruf pada anak. Agar cara ini maksimal, orangtua perlu membimbing anak dalam menyaksikan video animasi yang berisikan pengenalan alfabet. Sambil menyaksikan video, ajak anak mengucapkan secara bersama-sama huruf yang ia lihat agar anak semakin akrab dengan abjad tersebut.

5. Mengajak anak membentuk huruf lewat media mainan

5 Cara Sederhana Memperkenalkan Alfabet pada Si Kecil Unsplash.com /Gautam Arora

Untuk bisa membuat anak bisa mengenal alfabet, orangtua perlu melatih anak dengan cara-cara kreatif. Salah satunya dengan mengajak anak mengenal abjad lewat media mainan. Ada berbagai macam mainan kreatif yang bisa menjadi media orangtua mengajarkan anak tentang huruf. Misalnya lilin plastisin yang dapat membantu anak membentuk berbagai hal, termasuk huruf.

Dalam menerapkan cara ini, orangtua bisa menggunakan plastisin untuk mengajak anak bermain sambil belajar membentuk huruf-huruf yang anak ketahui. Coba latih anak untuk membentuk huruf mulai dari A hingga Z dan biarkan ia berkreasi dengan media plastisin tersebut. 

Tak hanya itu media mainan seperti puzzle alfabet juga menarik untuk mengasah kemampuan anak mengenal abjad. Latih anak agar mampu menyusun puzzle huruf mulai dari A hingga Z. 

Demikianlah lima cara sederhana memperkenalkan alfabet pada si kecil. Mulailah dengan metode-metode sederhana agar anak semakin mudah mengenal abjad. Saat anak sudah mahir mengingat huruf, orangtua akan semakin mudah mengajarkan anak untuk membaca.

Baca Juga: Demi Kebaikan Anak, 5 Sikap Ini Wajib Dihindari Para Orangtua

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You