Comscore Tracker

Merantau Jauh dengan Keluarga? Ini 7 Tips Pindahan ke Negeri Seberang!

Yang harus dipersiapkan, agar bisa pindahan dengan tenang

Apakah kamu akan merantau ke luar negeri di tahun depan? Atau kamu merencanakan membawa serta keluarga kecilmu tahun depan setelah selama ini tinggal sendirian di negeri seberang?

Merantau bersama rasanya pasti menyenangkan, mau itu untuk menempuh pendidikan maupun pindah pekerjaan. Pikiran jadi lebih tentram dan tidak bercabang akibat memikirkan keluarga yang kamu tinggal jauh di sana.

Sebelum mulai pindahan, yuk pelajari dulu apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum merantau sama-sama! Karena pindahan yang dipersiapkan, membuat merantau terasa menyenangkan.

1. Kenali dulu negara yang akan kamu tuju

Merantau Jauh dengan Keluarga? Ini 7 Tips Pindahan ke Negeri Seberang!https://unsplash.com/sandishelvigs

Berbeda negara, tentu berbeda aturan, hak, dan kewajiban. Ada baiknya sebelum berangakat, kamu benar benar memastikan seperti apa sih negara yang akan kamu tuju nantinya. Cara tercepat sih bisa tanya tanya teman yang sudah atau pernah tinggal di sana. Kalau mau lebih akurat dan up to date, kamu bisa baca baca brosur yang ada di embassy negara tersebut, sekalian tanya petugasnya juga ketika kamu bikin visa. Cari tahu apa saja hak-hak individu dan hak-hak bagi keluarga di sana.

Kalau kamu sudah lebih dulu merantau dan akan membawa keluargamu, kamu bisa lho cari tau tentang kegiatan apa saja yang bisa dilakukan oleh pasanganmu disana, atau hiburan apa saja yang bisa dilakukan oleh anak-anakmu nanti. Kamu juga bisa cari tau apakah ada diskon khusus bagi keluarga di tempat wisata atau annual pass di taman bermain ternama.

2. Kondisikan situasi si kecil, kepindahan ini belum tentu mudah untuknya

Merantau Jauh dengan Keluarga? Ini 7 Tips Pindahan ke Negeri Seberang!www.pexels.com/joshwillink

Masih ingat muka sedih Sherina waktu dia pergi pindah ke Bandung di film Petualangan Sherina? Atau wajah panik Nemo setelah tau dia tinggal jauh dari tempat asalnya? Well, anakmu mungkin gak sebesar Sherina dan dia bukan ikan, tapi tetap saja anakmu butuh diberi pengertian.

Kamu bisa mulai dari menceritakan alasan kenapa kalian harus pindah merantau jauh. Lalu kamu bisa mulai menceritakan perbedaan apa yang ada dan tidak ada disana, seperti tidak ada kakek nenek, cuacanya mungkin berbeda, lingkungan juga berbeda dan semacamnya.

Mungkin si kecil akan merasa tidak nyaman awalnya, hal itu wajar. Tapi dengan diberi pengertian berulang, lama-lama dia juga akan paham. Jangan lupa untuk selalu memberitahukan bahwa, apapun yang terjadi nanti kalian akan selalu bersama. Terima dulu semua perasaannya agar dia percaya bahwa kamu akan selalu ada untuknya.

3. Bawa semua dokumen penunjang

Merantau Jauh dengan Keluarga? Ini 7 Tips Pindahan ke Negeri Seberang!pixabay.com/rawpixel

Bawa semua dokumen asli apabila diperlukan sewaktu-waktu kamu tidak sulit mencarinya. Selalu scan setiap dokumen yang akan kamu bawa. Jika istrimu sedang hamil, bawa surat keterangan dan catatan kehamilan sebelumnya. Jika anakmu sudah bersekolah, tidak ada salahnya membawa catatan pendidikannya beserta akte lahirnya.

Jangan lupa juga untuk membawa buku nikah. Kalau surat-surat berharga dan sertifikat tanah, gak usah dibawa, simpan di deposit box saja yah!

Baca Juga: Merantaulah dan Rasakan 7 Manfaat Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Ini

4. Siapkan settlement allowance

Merantau Jauh dengan Keluarga? Ini 7 Tips Pindahan ke Negeri Seberang!unsplash.com/rawpixel

Settlement allowance merupakan biaya yang akan kamu habiskan dari kedatangan sampai akhirnya bisa mapan tinggal di rumah baru. Settlement allowance ini besarnya kira-kira 2-3 kali biaya hidup bulanan di negara tersebut. Jumlah ini bisa lebih besar, kalau ternyata di tempat baru tidak ada perabot rumah tangga sama sekali.

Di awal kedatangan biasanya kita akan membeli barang-barang untuk menunjang kehidupan di perantauan seperti furnitur jika rumah barumu kosong, peralatan masak, peralatan makan, atau barang elektronik rumah tangga.

5. Bawa bekal siap santap untuk 3 hari ke depan

Merantau Jauh dengan Keluarga? Ini 7 Tips Pindahan ke Negeri Seberang!https://unsplash.com/clondon

Bekal siap santap sangat berguna bagi kamu yang baru datang di perantauan, apalagi jika kamu datangnya malam di saat semua restoran tutup, atau datang dalam keadaaan rumah kosong dan tidak bisa memasak. Tempe bacem, rendang kering, kering tempe, dan roti tawar bisa jadi pilihan untuk bekalmu nanti.

6. Tidak ada salahnya menghubungi orang Indonesia yang tinggal di sana

Merantau Jauh dengan Keluarga? Ini 7 Tips Pindahan ke Negeri Seberang!pexels.com/rawpixel

Menghubungi orang Indonesia yang tinggal disana merupakan langkah yang akan mempermudah kepindahanmu. Seluas apapun pengetahuanmu tentang negara yang kamu tuju tapi belum pernah kamu datangi itu, pasti akan lebih tau temanmu yang tinggal di situ. Mereka juga akan menjadi orang pertama yang kamu kenal.

Kamu bisa mengontak teman teman yang ada di KBRI, atau kamu bisa menghubungi salah satu diaspora, atau kamu juga bisa menghubungi PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) apabila kamu seorang mahasiswa. Asalkan tidak merepotkan, mereka akan dengan senang hati membantu kok.

7. Tetap optimis, penuh semangat, dan harapan

Merantau Jauh dengan Keluarga? Ini 7 Tips Pindahan ke Negeri Seberang!https://unsplash.com/goodmood77

Jadikan kepindahanmu ini sebagai sebuah kesempatan yang akan membawa kebaikan bagi kamu dan keluargamu. Jangan jadikan ini sebagai beban. Tetap optimis dan semangat. Saling menjaga mood dengan pasangan, dan selalu beri pengertian bagi si kecil. Ingat, kepindahan ini belum tentu mudah untuknya. Selalu berpikir positif agar semua terasa menyenangkan.

Begitulah 7 tips pindahan bareng keluarga kecilmu. Jangan lupa untuk selalu minta doa kedua orang tua. Sering-seringlah bersosialisasi agar kamu segera bisa beradaptasi. Semoga kepindahanmu menyenangkan. Selamat merantau!

Baca Juga: 6 Pelajaran Hidup yang Akan Kamu Dapatkan Saat Berjuang Merantau!

Anisa Anggi Dinda Photo Verified Writer Anisa Anggi Dinda

Kinda find a good way to share some experience here. Enjoy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You