Comscore Tracker

5 Dampak Positif Hobi Menggambar pada Tumbuh Kembang Anak

Menggambar juga punya banyak manfaat!

Salah satu kegiatan seni yang disukai oleh semua umur tentunya adalah menggambar. Baik itu dengan crayon, pensil warna, hingga cat air. Apa pun medianya menggambar selalu menyenangkan.

Namun ternyata, kegiatan yang satu ini tak hanya menyenangkan. Aktivitas ini juga punya segudang manfaat bagi tumbuh kembang anak-anak. Berikut ini telah dirangkum lima manfaat menggambar, mari simak baik-baik ulasannya!

1. Melatih fokus dan konsentrasi anak

5 Dampak Positif Hobi Menggambar pada Tumbuh Kembang Anakunsplash.com/cryancom

Saat buah hati menggambar mereka berusaha mengeksekusi ide cemerlang di pikiran mereka dan mengekpresikannya secara visual. Dalam proses ini tentu mereka bekerja keras dan menaruh semua effort untuk mewujudkan mahakaryanya.

Hal ini secara tidak langsung melatih buah hati untuk fokus, memberi atensi, dan berkonsentrasi penuh agar karyanya bisa terwujud. Seperti yang kita ketahui fokus dan konsentrasi merupakan hal yang akan membantu buah hati dalam menghadapi tantangan dunia.

2. Menjadi ajang stimulasi ketrampilan motorik halus

5 Dampak Positif Hobi Menggambar pada Tumbuh Kembang Anakunsplash.com/good_citizen

Melukis dan menggambar merupakan bidang seni yang menstimulasi kemampuan motorik halus atau gerakan otot kecil dari bagian tubuh terlebih jari-jari. Sudah jelas bahwa menguasai ketrampilan motorik halus bisa mendatangkan keuntungan dan sangat berguna dalam aktivitas krusial yang sering dilakukan di masa kini, seperti misalnya mengetik dan berkirim pesan.

3. Melatih koordinasi mata dan jemari

5 Dampak Positif Hobi Menggambar pada Tumbuh Kembang Anakunsplash.com/joyshotphotography

Selain bersenang-senang, saat menggambar dan melukis anak juga mengembangkan koordinasi antara mata dan jemari. Buah hati akan berlatih menjalin hubungan antara apa yang dia lakukan dan apa yang dia lihat. Kemampuan koordinasi ini sangat penting dalam berbagai bidang, salah satunya bidang atletik.

Baca Juga: Normalkah Perkembangan si Kecil? Yuk Cek Tahapan Perkembangan Anak

4. Menjadi ajang penyaluran emosi dan berkespresi

5 Dampak Positif Hobi Menggambar pada Tumbuh Kembang Anakunsplash.com/lunarts

Saat menggambar, buah hati diberikan kertas putih yang bebas mereka isi dengan apa saja tanpa batasan dan tanpa aturan. Menurut penelitian, saat menggambar, terkadang anak bisa mengekpresikan emosi, pikiran, dan perasaannya dalam karya unik dan berkesan bagi mereka. Mampu mengekspresikan perasaan ini tentu sangat baik bagi perkembangan psikis anak.

5. Mencegah rendah diri, menggambar membuat anak memiliki rasa percaya diri

5 Dampak Positif Hobi Menggambar pada Tumbuh Kembang Anakunsplash.com/jerry_318

Dalam menggambar tentu ada proses mewujudkan ide dan konsep ke dalam bentuk konkret. Ketika anak bisa mewujudkan idenya, tentu rasa lega, senang, self esteem dan confident mereka akan terbentuk. Mereka akan percaya diri dengan skill dan kemampuannya. 

Itu tadi manfaat menggambar bagi tumbuh kembang anak. Semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat, ya!

Baca Juga: Catat, 5 Tips Praktisi Pendidikan Ini Bikin Anak Rajin Baca Buku Lho!

Annisa Marifah Photo Verified Writer Annisa Marifah

INFJ | indonesian | music enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya