Comscore Tracker

10 Ide Kegiatan Bersama Anak ala Kimbab Family

Selain mendidik, jadi lebih dekat keluarga!

Bagi kalian yang suka nonton YouTube, pasti tidak asing dengan keluarga Kimbab Family, nih. Yap, keluarga multikultural Korea-Indonesia ini memang cukup menginspirasi. 

Ada Mama Gina, Appa Jay, dan ketiga buah hatinya yakni Suji, Yunji, dan Jio yang rajin membagikan konten kegiatan keluarga mereka. Meskipun memiliki 3 anak, kehidupan mereka tampak kompak dan harmonis. 

Appa Jay dan Mama Gina kerap membagikan momen bermain seru bersama anak-anak mereka dalam bentuk video YouTube. Tak jarang netizen memuji keharmonisan dan ilmu parenting yang diterapkan oleh Mama Gina dan Appa Jay. 

Terdapat deretan ide kegiatan yang bisa kalian lakukan bersama anak-anak, nih, yang terinspirasi dari Kimbab Family. Pastinya semua seru dan bermanfaat!

1. Bersepeda 

Banyak anak-anak yang malas untuk diajak berolah raga. Namun, bersepeda akan menjadi salah satu solusi yang bagus, karena tidak hanya melakukan olah raga saja, tetapi juga sambil bermain. Hal ini akan membuat kesan olah raga tampak lebih seru. Appa Jay dan Mama Gina juga sering mengajak Suji, Yunji, dan Jio bersepeda, loh!

2. Camping 

Mengajak anak pergi camping bisa menjadi salah satu pilihan bermain yang seru, karena anak-anak bisa menjelajahi dunia luar. Tapi tidak perlu khawatir, camping juga bisa dilakukan di rumah saja. Jadi bisa lebih aman, deh. Kegiatan ini akan menjadi pengalaman baru bagi anak.

3. Baca buku 

Membiasakan anak-anak membaca buku harus dimulai sejak dini. Tidak perlu dipaksa, kalian bisa membiarkan anak-anak memilih buku yang akan dibacanya sendiri. Jadi, anak-anak akan lebih nyaman dan menikmati momen tersebut.

4. Mengunjungi tempat bersejarah 

Selain bisa bermain dan refreshing, dengan berkunjung ke tempat bersejarah juga bisa menjadi momen bagi kita untuk memperkenalkan dan menceritakan langsung kepada anak-anak mengenai sejarah yang sudah terjadi di masa lalu. Menarik, bukan?

5. Menyanyi dan menari 

Memainkan musik kesukaan anak akan menambah keseruan saat sedang bermain, anak anak bisa menyalurkan kreatvitas mereka dengan bernyanyi dan menari. Kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Baca Juga: Menambah Wawasan, 5 Manfaat Baca Buku Parenting meskipun Belum Menikah

6. Memasak 

Saat sedang memasak, Mama Gina sering kali mengajak putri sulungnya, Suji untuk memasak bersama. Mengajak anak-anak ikut dalam proses memasak juga memiliki segudang manfaat. Diantaranya, dapat mengasah kreatvitas dalam diri anak, mengembangkan kemampuan bekerja dalam tim, dan pastinya menciptakan momen yang berharga bagi anak. 

7. Bersih-bersih rumah 

https://www.youtube.com/embed/0uF9Eixe6EE

Melibatkan anak-anak dalam pekerjaan rumah juga bisa menjadi pilihan yang menarik, karena kegiatan ini akan menumbuhkan rasa menjaga dan rasa tanggung jawab seorang anak atas barang yang dimilikinya.

8. Belanja 

https://www.youtube.com/embed/ya2g0IbrzqU

Bagi kebanyakan orang, belanja adalah hal yang seru. Seperti yang dilakukan Kimbab Family, Mama Gina tak jarang mengajak anak-anaknya berbelanja. Hal ini bisa dilakukan karena dengan berbelanja, anak-anak kan belajar banyak hal. Mulai dari mengenal lingkungan baru, belajar bersosialisasi, dan belajar menentukan skala prioritas.

9. Berkebun  

Mengajak anak untuk beraktivitas di luar dengan berkebun akan mengajarkan banyak hal. Beberapa diantaranya yaitu mengajarkan anak untuk berani kotor dan mengembangkan banyak keterampilan baru yang akan berharga dalam hidup.

10. Mengadakan lomba  

https://www.youtube.com/embed/XbNIyF-U63s

Seperti yang Mama Gina lakukan pada saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus yang lalu, yaitu mengadakan lomba. Selain menambah keseruan, dengan mengikuti lomba akan meningkatkan jiwa kompetitif pada anak dan juga mengedukasi anak bagaimana seharusnya bersikap ketika mengalami kekalahan dalam sebuah kompetisi.

Banyak sekali ide kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak ala Kimbab Family. Menurut kalian, mana yang paling seru? Jangan lupa diterapkan di keluarga kalian, ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Parenting yang Bikin Anak Menjauh, Batinnya Tertekan!

Ariska Putri Photo Writer Ariska Putri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya