Comscore Tracker

5 Hal Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Melatih Tanggung Jawab Si Kecil

Bisa dimulai sejak dini, lho!

Mengajarkan si kecil untuk bertanggung jawab sejak dini, memang tugas yang cukup berat. Butuh konsistensi dan usaha yang kuat untuk melakukannya. Pasalnya, langkah ini memakan proses yang cukup lama. Tapi, ada lima cara yang bisa kamu terapkan lho! Berikut hal mudah yang bisa dilakukan untuk melatih tanggung jawab si kecil.

1. Mengajarkan si kecil untuk menabung

5 Hal Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Melatih Tanggung Jawab Si Kecilunsplash/John David

Menabung adalah hal yang harus diajarkan sejak dini. Kamu bisa mengajari si kecil tentang cara menyisihkan sebagian uang sakunya. Ajak juga si kecil untuk percaya menabungkan uangnya kepadamu. Lalu, tanyakan apa yang ingin ia beli.

Jika tabungannya sudah terkumpul, kamu bisa membelikan barang itu untuknya. Hal itu akan membuatnya senang menabung. 

2. Mengajarkan si kecil untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya

5 Hal Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Melatih Tanggung Jawab Si Kecilunsplash/Sharon McCutcheon

Keterampilan yang paling dasar bagi anak adalah berkomunikasi dengan orang lain untuk mendapatkan dunia sosialnya. Setidaknya, ia memiliki teman untuk berbicara. Lama-kelamaan, ini akan membuat si kecil semakin percaya diri. 

3. Memberi arahan mengenai memakai dan membereskan barang

5 Hal Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Melatih Tanggung Jawab Si Kecilunsplash/Jessica Rockowitz

Melatih si kecil untuk bertanggung jawab pada pemakaian barang adalah hal yang harus dilakukan sejak dini. Misalnya, untuk membereskan mainan atau mematikan televisi selesai menonton. Kamu juga bisa mengajarkan si kecil untuk bersepatu dan mandi sendiri. Selain bisa membuat si kecil tanggung jawab, hal ini bisa membuatnya cekatan. 

Baca Juga: 5 Hal Sederhana untuk Mengajarkan Si Kecil Belajar Berbagi Sejak Dini

4. Memberi arahan tentang manajemen waktu untuk si kecil

5 Hal Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Melatih Tanggung Jawab Si Kecilunsplash/Max Goncharov

Kamu bisa mengajarkan si kecil manajemen waktu mulai dari hal kecil. Misalnya, mengajarkannya untuk bangun pagi agar tidak terlambat ke sekolah dan memperingatkannya agar mengerjakan tugas sekolah sebelum bermain. Ajarkan juga untuk tidur tepat waktu agar paginya, ia bisa bangun untuk ke sekolah. 

5. Mengajarkan si kecil tentang kerja sama dalam tim dan membantu orang lain

5 Hal Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Melatih Tanggung Jawab Si Kecilunsplash/Anna Samoylova

Kerja sama adalah hal yang sangat krusial untuk mendapatkan kehidupan sosial yang baik. Maka dari itu, kamu perlu mengajarkan hal ini pada si kecil. Dimulai dari kehidupan di rumah terlebih dahulu, berilah ia visi dan misi kecil. Biarkan ia menyelesaikan dengan caranya. Selain itu, ajari dia untuk menawarkan bantuan kepada yang membutuhkan. 

Itulah hal mudah yang bisa dilakukan untuk melatih tanggung jawab si kecil. Tumbuh kembang si kecil memang menjadi tugas besarmu sebagai orangtua. Tak terkecuali, soal keterampilan dan tanggung jawab. Mari kita mulai sepenuh hati dari detik ini!

Baca Juga: 7 Aplikasi Edukatif Cocok Buat Si Kecil, Bisa Bermain Sambil Belajar

Topic:

  • Arlinda Nidia Corinna
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya