Comscore Tracker

5 Cara Mudah Membuat Kamar Tidur Sempit Jadi Cozy

Kamar tidur sempit? Gak masalah!

Artikel ini merupakan kerjasama dengan Dekoruma

Gak semua orang dianugerahi kamar tidur yang berukuran besar. Keterbatasan ukuran ruangan di rumah bikin ukuran kamar tidur juga jadi sempit. Ditambah, sebagian orang juga lebih suka punya kamar tidur yang ukurannya kecil, supaya terasa lebih cozy dan gampang dibersihkan. 

Satu hal yang pasti, kalau mengatur kamar tidur yang sempit adalah pengaturan furnitur yang pintar dan efektif. Bukan cuma perlu diminimalisir jumlahnya, desain dan posisinya juga perlu diperhatikan dengan saksama. Dekoruma punya beberapa caranya, nih. Simak di bawah ini, ya!

1. Pilih ukuran tempat tidur dan kasur yang paling pas

5 Cara Mudah Membuat Kamar Tidur Sempit Jadi Cozydekoruma.com

Selain lemari pakaian, tempat tidur juga menjadi furnitur yang paling memakan ruang di kamar tidur. Jika ukurannya terlalu kecil, kasur bisa tidak pas dengan badanmu dan bikin tidur gak enak. Tapi, kalau terlalu besar, kamar bisa jadi sumpek dan susah gerak. Nah, sebelum membeli tempat tidur dan kasur, kamu perlu mengukur ukuran kamarmu dan sesuaikan sama ukuran tempat tidur.

Jenis tempat tidur pun perlu dipilih, apakah rangka tempat tidur biasa, loft bed, murphy bed, atau cuma meletakkan kasur di lantai. Kamu juga perlu memilih jenis kasur yang sesuai preferensimu, apakah empuk atau keras. Kalau semua sudah pas, kamarmu bakal jadi cozy banget, deh. 

2. Jangan lupakan pengaturan pencahayaan

5 Cara Mudah Membuat Kamar Tidur Sempit Jadi Cozydekoruma.com

Pencahayaan yang berhubungan dengan kenyamanan matamu juga penting dan perlu diatur. Apakah kamu lebih suka lampu bercahaya putih yang memberi kesan terang atau cahaya kuning yang hangat.

Begitu juga dengan posisi lampu di langit-langit yang menjadi lampu utama di kamar; arah sorotan, jenis saklar (kamu bisa memasang saklar putar yang punya pengaturan pencahayaan yang lebih fleksibel), begitu juga lampu-lampu tambahan seperti lampu meja, lampu lantai, lampu gantung, atau lampu dinding. 

3. Warna terang yang nyaman di mata

5 Cara Mudah Membuat Kamar Tidur Sempit Jadi Cozydekoruma.com

Kamar yang sempit sebaiknya dicat menggunakan warna-warna yang terang untuk menciptakan kesan lapang dan terang, terutama kalau jendela atau ventilasi yang memberikan cahaya alami terbatas.

Warna-warna seperti putih, krem, abu-abu muda, biru muda, dan warna-warna terang lainnya tidak akan membuat kamar terasa suram dan membuat tidak nyaman. Warna-warna ini juga ramah di mata karena tidak terlalu mencolok, bikin kamar makin cozy. 

Baca Juga: 9 Dekorasi Kamar Kos Pakai Tanaman Kering, Estetis bak Kamar Tumblr!

4. Jangan sampai ruang penyimpanan kurang

5 Cara Mudah Membuat Kamar Tidur Sempit Jadi Cozydekoruma.com

Kamar yang sempit jangan lagi disesakkan sama barang-barang yang berserakan di berbagai penjuru kamar. Pastikan ruang penyimpanan di kamarmu cukup untuk menyimpan barang-barang pribadi kepunyaanmu.

Selain ruang penyimpanan seperti lemari dan rak, kamu bisa memanfaatkan ruang-ruang penyimpanan ekstra seperti laci-laci di bawah tempat tidur, rak dinding, atau kursi ottoman yang bagian dalamnya bisa jadi tempat penyimpanan atau keranjang cucian. 

5. Sentuhan personal yang dekat di hati

5 Cara Mudah Membuat Kamar Tidur Sempit Jadi Cozydekoruma.com

Satu hal yang pasti akan selalu membuat kamar tidur jadi nyaman dan bikin betah tentunya sentuhan-sentuhan personal berupa barang-barang pribadi atau elemen desain yang dekat di hati.

Taruh foto-fotomu dengan keluarga, pasangan, atau sahabat di meja samping tempat tidur, lukisan buatanmu sendiri, kutipan-kutipan motivasi dari tokoh favoritmu, atau dekorasi kamarmu dengan warna kesukaan atau motif kesukaan yang dipasang di sprei atau gorden. 

Nah, kalau langkah-langkah ini sudah diikuti, kamarmu bakal jadi tempat paling nyaman di rumah. Di luar sisi estetika, kebersihan juga penting untuk kenyamanan kamar, baik kamar besar atau kecil. Jadi, jaga juga kebersihan kamar, ya.

Baca Juga: 16 Dekorasi Kamar Tidur, Cocok untuk Pasangan Muda

Topic:

  • Arlinda Nidia Corinna
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya