Comscore Tracker

Gak Mau Kalah, 5 Dekorasi Tradisional Ini bikin Rumah Lebih Hidup!

Rumah jadi lebih ramai!

Artikel ini merupakan kerjasama dengan Dekoruma

Di tengah maraknya tren dekorasi yang serba modern, cobalah tengok ke sisi lain sejenak untuk melihat dekorasi tradisional untuk tempat tinggalmu. Dekorasi bernuansa tradisional bisa menjadi alternatif yang sesuai buat kamu yang berjiwa ramai dan dinamis.

Yuk, cek lima referensi dekorasi tradisional di bawah ini! Kelimanya datang dari berbagai budaya dan daerah yang berbeda-beda dan bisa jadi inspirasi buat kamu yang mau mengubah suasana rumah menjadi lebih hidup. 

1. Ukiran tradisional khas Indonesia

Gak Mau Kalah, 5 Dekorasi Tradisional Ini bikin Rumah Lebih Hidup!home-designing.com

Di bidang desain interior, Indonesia juga punya andalannya yang juga diminati oleh pasar luar negeri. Berbagai furnitur dan perabot yang memiliki ukiran adalah salah satu ciri khas desain interior asal tanah air yang bisa kamu cek. Jepara dan Bali adalah dua daerah yang paling terkenal dengan perabot berukirnya seperti gebyog, jendela, sampai lukisan yang dipenuhi dengan ukiran yang apik dan eksotis. 

2. Kain etnik berbagai daerah

Gak Mau Kalah, 5 Dekorasi Tradisional Ini bikin Rumah Lebih Hidup!ahnyachi.com

Masih dari Indonesia, kekayaan budaya kita lainnya berupa kain etnik dan tradisional juga bisa menjadi dasar untuk mendekorasi rumah. Gunakan kain-kain seperti kain batik atau tenun untuk aksen-aksen di rumah; sarung bantal, seprai, taplak meja, atau bahkan pembungkus sofa. Alternatif lain adalah membingkai kain-kain khas Indonesia ini dan menggantungnya di tembok seperti lukisan. 

3. Dekorasi bergaya India penuh warna

Gak Mau Kalah, 5 Dekorasi Tradisional Ini bikin Rumah Lebih Hidup!hamstech.com

Apabila kamu memiliki keturunan India, penggunaan furnitur dan dekorasi bisa menjadi cara untuk membuat koneksi dengan garis keturunan dan budaya India. Dekorasi rumah bergaya India identik dengan warna-warna yang cerah, motif yang ramai dan cantik, serta perabot-perabot dengan ukiran dan bentuk-bentuk yang unik dan etnik. 

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Rumah Ringgo Agus & Sabai, Kental Nuansa Cokelat

4. Hiasan makrame yang manis

Gak Mau Kalah, 5 Dekorasi Tradisional Ini bikin Rumah Lebih Hidup!thespruce.com

Makrame adalah teknik membuat dekorasi dan aksesoris dengan menggunakan simpul. Makrame dipengaruhi oleh budaya Timur Tengah yang kemudian populer di era Victoria, persisnya di antara kalangan penjelajah dan pelaut. Saat ini, makrame dilakukan sebagai hobi atau juga pekerjaan, mulai dari menciptakan hiasan dinding, keranjang laundry, sarung bantal, sampai penggantung pot.

5. Eksotisme dekorasi ala Maroko

Gak Mau Kalah, 5 Dekorasi Tradisional Ini bikin Rumah Lebih Hidup!ishka.co.au

Senada dengan desain interior dan dekorasi ala India, desain bernuansa Maroko juga terkenal dengan eksotisme dan kedinamisan warna, pola, motif, dan ukiran-ukiran yang ada. Gunakan dekorasi berjenis ini dan rumah kamu bisa langsung tampil cerah dan berwarna. 

Lima dekorasi di atas merupakan sebagian dari banyaknya dekorasi tradisional yang bisa kamu temukan di banyak tempat. Ciptakan konsep dekorasi rumah yang paling cocok dengan karakter dan keinginan kamu, tentunya menggunakan dekorasi tradisional. Selamat mencoba!

Baca Juga: Jadi Makin Nyaman & Hangat! Ini Ide Dekorasi Ruangan Berbahan Rotan

Topic:

  • Arlinda Nidia Corinna
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya